Simple ! Cara Optimasi Website Baru Dengan SEO On-Page

  • WWW

Pernah pusing ngga, ketika punya website, situs atau blog baru tetapi minim visitor. Padahal artikel dalam blog yang dimiliki sudah banyak dan maksimal. Sudah pasang analytics, search console dan submit di search engine juga. Tenang.. saya juga pernah mengalami hal yang sama, dan ternyata saya melupakan optimasi SEO On-Page pada website baru saya.

Optimisasi mesin pencari dengan teknik ini merupakan metode untuk mengoptimalkan halaman web dengan meningkatkan peringkat mesin pencari dan mengarahkan lebih banyak pengunjung ke situs Kamu.

Sasaran ini dicapai dengan mengoptimalkan faktor SEO penting termasuk judul, gambar, serta judul meta, deskripsi, dan header halaman pada website atau blog.

Dengan begitu bisa dikatakan menjadi ujian kamu dalam menunjukkan otoritas dan keahlian dalam niche Kamu dengan cara menerbitkan konten yang kaya dan informatif.

Cara Optimasi Website Baru Dengan SEO On-Page

optimasi seo on-page

Mengoptimalkan situs Kamu sepenuhnya tidak hanya berdampak baik pada bisnis atau niche yang dimiliki. Dengan pengoptimalan yang baik juga bisa membantu mesin pencari memberikan hasil yang akurat, tepat dan memberikan nilai yang lebih dalam kepada pengguna sehubungan dengan permintaan pencarian pada mesin pencari mereka.

On-page SEO bisa dikatakan sebagai bentuk atau teknik dan langkah dalam optimasi sebuah situs melalui konten atau tulisan yang di tayangkan. Singkatnya, teknik ini bisa dikatakan sebagai metode ideal dalam membuat konten yang berkualitas dan konten friendly untuk para visitor atau pembaca. Dengan adanya optimasi ini diharapkan pula, konten yang kita buat bisa nangkring dihalaman pencarian search engine semisal google.

SEO On-Page Meningkatkan Pengalaman Pengguna

Konten berkualitas, judul dan URL deskriptif, serta halaman dengan kata kunci yang dioptimalkan semuanya berperan dalam membuat mesin pencari lebih memahami sifat situs web Kamu dan niche yang Kamu tawarkan.

Baca Juga  Komik Strip Riau di Instagram Yang Wajib Kamu Follow, Ini Dia Daftarnya

Jika semua elemen pada halaman memiliki detail tertentu, Google dapat memutuskan apakah konten Kamu cocok dengan permintaan pencarian tertentu.

Sekarang karena prioritas utama Google adalah membuat pengalaman mesin pencari lebih mudah, lebih cepat, dan lebih disesuaikan untuk pengguna, kita hanya perlu mengubah konten dan kegunaan situs mereka sesuai dengan tujuan ini.

Jika Kamu pendatang baru dalam SEO dan belum melakukan apa pun yang terkait dengan SEO di situs Kamu, berikut adalah cara optimasi website baru dengan SEO On-Page yang dapat Kamu mulai sekarang untuk memengaruhi peringkat search engine.

Penggunaan Kata Kunci yang Tepat

cara optimasi seo on-page

Kata kunci mengacu pada kata dan frasa yang digunakan orang untuk mencari sesuatu. Seringkali, kata kunci harus menentukan topik yang harus Kamu tulis. Untuk mengetahui kata kunci mana yang akan digunakan dalam SEO dan upaya pemasaran konten, teman-teman harus melakukan riset kata kunci.

Gunakan kata kunci yang relevan dengan bisnis Kamu. Jangan sembarangan memilih kata kunci. Kuncinya adalah memilih kata dan frasa yang sesuai dengan minat pengguna. Dulunya saya juga melupakan hal ini, sehingga membuat saya rugi sendiri.

Ketahui berbagai jenis kata kunci. Istilah dan frasa pencarian diklasifikasikan sebagai kata kunci pendek, sedang, dan panjang. Dalam banyak kasus, Kamu sebaiknya memilih kata kunci panjang karena lebih spesifik dan menghasilkan konversi tinggi. Itu juga dapat memberikan lebih banyak traffic ke situs Kamu.

Pahami maksud kata kunci. Mengetahui jenis kata kunci saja tidak cukup. Penting juga untuk memahami maksud di balik setiap jenis kata kunci.

Maksud disetiap jenis kata kunci dapat bersifat informasional (berusaha menemukan jawaban atas pertanyaan), navigasi (digunakan untuk menemukan situs web tertentu), transaksional (kata kunci yang digunakan orang ketika mereka siap untuk membeli), dan investigasi (ketika pengguna menggali informasi sebelum memutuskan untuk membeli).

Kamu sebaiknya memastikan bahwa mampu memilih variasi kata kunci sehingga dapat memenuhi kebutuhan banyak pengguna. Gabungkan sebanyak mungkin variasi semantik yang Kamu bisa untuk satu istilah pencarian.

Baca Juga  Cara Mengaktifkan Domain yang Sudah Expired di Domainesia

Tempatkan kata kunci di tempat yang tepat. Masukkan kata kunci milikmu ke dalam tag judul, deskripsi meta, URL, header, dan gambar. Kata kunci yang ditempatkan di area ini secara otomatis akan memberi orang gambaran tentang halaman Kamu, membuat mereka lebih cenderung mengklik situs Kamu.

Semakin banyak hal di situs Kamu yang cocok dengan kueri atau maksud pengguna, semakin bersih situs, semakin mudah Google melihat halaman Kamu sebagai pilihan yang tepat untuk disajikan kepada pengguna. Ini merupakan salah satu cara optimasi website baru dengan SEO On-Page yang terbaik.

Format Konten yang Berguna dan Sesuai

seo on-page

Saat memproduksi konten, buat keseimbangan antara mesin pencari dan keramahan pengguna. Ingatlah bahwa Kamu mengeluarkan konten yang benar-benar dapat digunakan orang dalam kehidupan sehari-hari, tidak hanya agar dikenali oleh mesin telusur. Bertujuan untuk konten yang bermanfaat, relevan, dan bernilai tinggi.

Pertimbangkan format konten yang tepat yang paling menarik bagi para pembaca Kamu. Baik itu artikel blog, video petunjuk tentang cara menggunakan produk , infografik , atau podcast tempat Kamu menjelaskan masalah pengunjung, pastikan formatnya sesuai dengan target visitor Kamu.

Desain Responsif

optimasi kecepatan seo on-page

Para pembaca Kamu menciptakan kesan pertama mereka berdasarkan situs web atau WordPress Kamu. Jika tidak diformat dengan benar, orang akan melihat web Kamu secara berbeda.

Situs web yang fungsional dan ramah pengguna tampak ramping, profesional, dan mudah dinavigasi melalui perangkat apa pun yang digunakan pengunjung untuk mengaksesnya, baik melalui desktop, ponsel cerdas, atau tablet mereka.

Kecepatan situs adalah salah satu faktor peringkat mesin pencari yang paling penting. Situs dengan pengalaman pengguna yang buruk cenderung berada di bagian bawah halaman hasil mesin pencari.

Tingkatkan kecepatan situs Kamu. Situs atau blog teman-teman harus dimuat dengan cepat atau hanya akan membuat pengunjung betah hanya dalam hitungan detik. Jika dibutuhkan lebih dari 3 detik untuk memuat halaman, orang akan segera keluar dari situs Kamu.

Untuk menghilangkan masalah, kompres semua gambar dan buat konten Kamu dapat dipindai dan mudah dibaca. Ini memungkinkan pengunjung situs untuk dengan mudah menavigasi halaman Kamu dan langsung mendapatkan info yang mereka cari saat membuka situs Kamu.

Baca Juga  Email Profesional Menggunakan Outlook.com

Pasang Sertifikat SSL untuk melindungi situs web Kamu. Sertifikat SSL seperti lencana yang memberi tahu orang-orang bahwa situs Kamu aman dan data pribadi mereka dilindungi. Jika Kamu memilikinya, Kamu akan melihat ‘https’ di depan domain web Kamu. Sebaliknya jika tidak, Kamu akan melihat ‘http’ saja.

Berdasarkan dari berbagai sumber situs-situs SEO, Google lebih mungkin memberi peringkat pada situs web yang diamankan dengan https daripada yang tidak. Apa pun jenis situs web Kamu, sudah seharusnya memiliki Sertifikat SSL untuk meningkatkan keamanan, visibilitas, dan kepercayaan.

Tautan Internal Website

Jika Kamu memiliki bagian blog atau kategori di mana menulis tentang berbagai topik, pastikan untuk menyajikan konten yang relevan di setiap halaman ini. Tautan ke halaman internal atau yang lebih dinekal dengan internal link di situs Kamu yang terkait erat dengan topik tertentu.

Ketika Kamu memberi audiens atau pengunjung web Kamu dengan lebih banyak informasi untuk dikonsumsi, membuat mereka cenderung bertahan lebih lama di situs dan memperpanjang keterlibatan mereka dengan Kamu. Jadi jangan lupa tautkan ya, agar on-page SEO powerfull.

Konten Untuk Pengunjung

pengunjung dalam optimasi seo on-page

Bangun halaman web atau blog berdasarkan kepribadian Kamu. Kunci untuk membangun situs web yang tepat adalah membuat setiap halaman situs web tersebut sebagai jawaban atas pertanyaan spesifik pengunjung. Optimalkan situs Kamu untuk tujuan itu.

Jawab pertanyaan pengunjung Kamu. Buat konten yang menjawab pertanyaan pengunjung website Kamu. 

Saat memproduksi konten, pastikan untuk memiliki isi yang menarik. Tekankan manfaat utama yang akan memicu orang untuk lebih menjelajahi situs Kita.

Itulah beberapa tips yang pernah saya coba secara langsung dan memberikan dampak signifikan dalam blog baru saya. Mudah-mudahan tips SEO On-page di atas bisa membantu blog baru teman-teman dalam bersaing di halaman satu Google. Jangan lupa juga untuk submit website atau blog Kita pada search console dan Analytics.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *