Cara Merawat Headphone Bluetooth Agar Awet dan Tahan Lama

Perawatan nyatanya bukan hanya untuk muka dan kulit saja. Penting bagi Kita merawat berbagai barang, bentuk, fisik atau perangkat yang menurut Kita penting, termasuk salah satunya headphone (pelantang telinga) bluetooth. Perlu perlakuan dan cara merawat headphone bluetooth yang tepat agar bisa digunakan lebih lama.

Untuk menjaga kondisi perangkat bluetooth ini agar selalu prima, Kita harus mengerti cara merawatnya dengan baik dan benar. Tentunya dengan melakukan perawatan perangkat ini nantinya usia dari headphone bluetooth akan lebih lama dan kualitasnya pun terjaga.

Menggunakan Headphone Bluetooth

cara merawat headphone bluetooth
Sumber : Unsplash

Saat ini perangkat nirkabel ini menjadi salah satu gadget yang diminati oleh banyak orang tak tercuali saya. Tidak seperti dulu, perkembangan headphone terus maju dan hadir dengan teknologi yang memanjakan para penggunanya. Jika dulu menggunakan headphone yang memiliki kabel, kini headphone menjelma sebagai perangkat tanpa menggunakan kabel dan banyak dijual dengan harga yang cukup terjangkau sehingga masyarakat dari segala kalangan dapat membelinya dengan mudah.

Headphone atau juga sering dikenal dengan nama headset ini juga memiliki banyak kelebihan, lebih praktis karena tanpa menggunakan kabel, lebih nyaman saat menggunakannya, juga kompatibel pada semua perangkat Bluetooth. Oh iya perangkat ini kadang juga dikenal dengan handsfree, meskipun dalam bentuk berbeda.

Saya sendiri biasa menggunakan perangkat ini untuk berbagai aktivitas seperti untuk bermain game menggunakan komputer, mendengarkan musik, rekaman musik, webinar atau meeting secara daring, dan lain sebagainya. Karena sangat dibutuhkan maka perlu cara tepat dalam merawat Headphone Bluetooth agar perangkat ini bisa awet.

Baca Juga  Mengapa Masih Banyak yang Menggunakan Ponsel Samsung J5 yang Di jual di Bukalapak? Ini Dia Alasannya!

8 Cara Merawat Headphone Bluetooth Versi a-pradana.Net

cara merawat headphone bluetooth
sumber : Unsplash

Ada beberapa cara yang bisa Kamu lakukan untuk merawat perangkat bluetooth ini :

Keringkan Telinga Ketika Hendak Menggunakan Headphone

Cara yang pertama adalah mengeringkan telinga ketika hendak menggunakan headphone bluetooth. Telinga yang basah karena beberapa kegiatan seperti mandi, olahraga, dan lain sebagainya. Sudah terbukti bahwa headphone bluetooth yang sering terkena air akan lebih mudah rusak. Banyak orang yang mengabaikan hal ini padahal dampaknya cukup besar terhadap usia dari perangkat bluetooth ini. Maka dari itu mulai sekarang sebaiknya Kita mulai menggunakan cara ini supaya nantinya kondisinya tetap terjaga dan daya gunanya juga akan lebih lama.

Atur Volume Pada Tingkatan Ideal

Cara yang kedua adalah mengatur volumenya agar selalu berada pada tingkatan yang ideal. Tingkatan volume yang terlalu tinggi akan membuat bagian dalam dari headphone bluetooth menjadi lebih cepat rusak. Bahkan tingkatan volume yang terlalu tinggi juga bisa mengancam kesehatan dari telinga manusia. Ga mau kan telinga kamu menjadi rusak gara-gara hobi kita menggunakan headphone bluetooth?

Jangan Tiba-Tiba Mematikan Headphone

Cara merawat headphone bluetooth versi a-pradana.net selanjutnya adalah jangan tiba-tiba mematikan perangkat tanpa kabel ini. Pastikan Kamu sudah mematikan koneksi antara perangkat nirkabel ini dengan perangkat lainya yang sedang tersambung dengan headphone bluetooth. Jika Kamu langsung mematikannya secara langsung saat masih tersambung dengan perangkat lainya, maka bisa saja akan terjadi error pada pelantang telinga Kamu. Hal inilah yang bisa menyebabkan perangkat bluetooth menjadi rusak sehingga membuat kamu tak bisa menggunakannya.

Jangan Menggoyangkan Kabel Charger dan Lakukan Jadwal Charging

Tak hanya smartphone, cara ini juga berlaku buat perangkat nirkabel ini. Ya.. Jangan menggoyangkan kabel charger ketika sedang mengisi daya dari headphone bluetooth. Menggoyangkan kabel charger ketika sedang mengisi daya akan membuat kabel charger dan port menjadi lebih cepat rusak. Jadi usahakan Kamu memasukkan kabel charger ke headphone bluetooth dalam satu kali hentakan.

Baca Juga  Update Spesifikasi dan Harga Handphone Asus Zenfone 3 Max Terbaru 2018

FYI, salah satu biang keladi headphone cepat rusak adalah berasal dari baterainya. Ada baiknya teman-teman membuat jadwal rutin charging perangkat kamu. Semisal tiap pagi atau setiap mau tidur.juga Sepele bukan ?

Simpan Dalam Tempat Aman

Cara yang kelima adalah dengan memyimpannya pada tempat yang aman. Jika Kamu menyimpan headphone bluetooth pada tempat yang aman tentunya akan terhindar dari berbagai ancaman yang bisa menyebabkan kerusakan fisik pada perangkat ini. Banyak orang yang mengabaikan hal ini padahal dampaknya cukup besar terhadap usia dari barang ini. So.. simpan dengan aman yah.

Hindarkan Dari Tempat Lembab dan Bersihkan Secara Teratur

Cara merawat yang tepat selanjutnya adalah dengan menghindarkan headphone bluetooth dari tempat atau kondisi yang lembab. Jika Kamu menyimpannya pada tempat yang lembab, maka bisa saja hal-hal yang tidak diinginkan terjadi. Kelembapan biasanya juga berasal dari keringat saat kita menggunakannya.So pastikan juga tidak ada kelembapan pada port pengisian daya. Jika lembab biasanya akan timbulnya jamur yang melekat pada busa/ bantalan perangkat bluetooth tersebut.

Jangan lupa juga untuk membersihkannya juga ya, agar serangga atau binatang kecil seperti kutu tidak masuk ke bagian dalam headphone. Bersihkan dengan menggunakan kain kering yaa. Jika dilihat tentunya ini hanya perkara kecil, tapi manfaatnya sangat memuaskan pemiliknya.

Jauhkan Juga Dari Tempat Yang Panas

Selain menghindari tempat yang lembab, cara merawat headphone bluetooth agar awet dan tahan lama adalah juga dengan menghindari tempat yang panas. Jika Kamu menyimpan headphone bluetooth pada tempat yang panas, maka bisa merusak bagian dalam perangkat bluetooth ini. Hindari meletakkan barang ini di dashboard mobil, di sekitar jendela, atau tempat-tempat yang memiliki suhu lebih panas. Dari pengalaman, perangkat yang saya miliki juga terkelupas pada bagian dalamnya.

Baca Juga  Bingung Memilih Power Bank? Berikut 6 Spesifikasi dan Harga Power Bank Hippo yang bisa Menjadi Referensi Anda

Gunakan Secara Wajar

Memang dengan menggunakan perangkat nirkabel ini kita jadi lebih praktis. Tetapi ada baiknya menggunakannya secara wajar. Jangan gunakan seharian, Karena selain membuat headphone tidak awet juga membuat telinga kamu tidak nyaman. Saat tidur juga tidak disarankan menggunakan perangkat nirkabel ini. Gunakan aja sewajarnya yaa.

Tips Memilih Headphone Bluetooth

Ada beberapa tips untuk mendapatkan perangkat bluetooth terbaik berdasarkan pengalaman :

  • Pilih kualitas suara dengan codec AAC yang lebih tinggi.
  • Pilihlah kapasitas baterai headphone bluetooth, semakin besar semakin baik pula.
  • Pilih material housing atau yang lebih dikenal dengan cup telinga yang cocok buat teman-teman. Biasanya ada berbahan plastik, alumunium ataupun stainless stell. Tiap material memiliki kelebihan dan kekurangan. Sebagai contoh saya yang suka lagu rock lebih senang menggunakan housing stainless.
  • Pilihlah produk yang nyaman dan cocok buat teman-teman dan sesuaikan dengan budget yang dimiliki dan pastikan perangkat tersebut kompatibel pada perangkat lain.

Beli dimana ?

Jika sudah mengetahui tips memilih headphone Bluetooth, saatnya kita membeli langsung perangkatnya. Ada banyak cara membeli, baik secara offline melalui toko konvensional ataupun secara online melalui E-commerce yang ada di Indonesia.

Kalau saya secara pribadi tentunya memilih secara online atau daring, karena banyak pilihan dan varian. Selain itu tentunya harganya juga lebih murah dan terjangkau. Saya biasanya menggunakan Shopee, seperti saat ini ada promo Elektronik Sale di Shopee New Year Sale.

Kesimpulan

Itulah beberapa tips dalam merawat dan memilih pelentang telinga bluetooth terbaik versi saya. Perlu kesadaran dan keuletan dalam merawat perangkat ini agar bisa digunakan lebih lama dan awet. Pertimbangkan untuk menggunakan dan menyimpan perangkat yang kamu miliki dengan baik. Semoga cara merawat headphone bluetooth ini bisa membantu teman-teman dalam menjaga perangkat tanpa kabel ini lebih baik.

11 tanggapan pada “Cara Merawat Headphone Bluetooth Agar Awet dan Tahan Lama”

  1. Wah makin bervariasi saja model headphone ya kak, yang kabel dan bluetooth. Apa beda ya cara perawatan nya kak ?

    Kalau harga pasti beda lah ya ?

  2. headphone ku cuma ada 1 itupun ndak bluetooth, model jadul tapi lumayan awet pdhl dirawat seadanya wkwkwkw pen punya yg bluetooth yg ga belibet kabel, wes, tak cek dulu mana tau diskon syalalalala

  3. Selama pake headphone, aku gak pernah mikirin perawatannya gimana. Bagiku, yang penting masih berfungsi dan bisa denger suaranya, rasanya kayak udah aman-aman aja gitu. Eh ternyata, endingnya rusak karna gak dirawat dengan baik. Sekarang aku jadi kepengen beli yang baru lagi deh, mumpung ada ada Shopee New Year Sale. Pasti ada banyak promo barang elektronik yang keren-keren! Oh ya, aku kepikiran mau beli earphone juga, kira-kira perawatannya sama gak ya?

  4. Iya…aku juga mulai menggunakan earphone bluetooth.
    Soalnya kalau headphone suka merasa berat. Kadang aku suka sambil rebahan gitu…
    Tipsnya aku laksanakan terutama bagian charging dan merawat agar awet.

  5. Udah senak puluhan purnama pengen headphone bluetooth belum keturutan. Pankapan beli lah ya… Biar ngga nyangkut2. Makasih tipsnya ya….

  6. Mau tanya.
    Kalo handsfree bluetoothnya tersambung ke device, lampu handsfree bluetoothnya nyala, namun disaat mendengarkan musik kok suara dihp keluar ya dan suara di handsfree juga keluar?
    Biasanya kalo handsfree bluetoothnya tersambung ke device, suara dari hp tuh ngk keluar dan keluarnya yang tersambung di handsfree bluetooth itu.

    1. Halo kak
      Coba antara device dan smartphonenya disconect dulu bluetooth nya. Cara paling baik untuk mencobanya bisa juga dengan menggunakan smartphone berbeda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *