7 Trends Hits Digital Marketing sebagai Strategi Berbisnis Online

  • WWW
7 Trends Hits Digital Marketing sebagai Strategi Berbisnis Online

Strategi Berbisnis Online yang Bisa Dimanfaatkan

Bagi Anda yang ingin terjun ke dalam dunia bisnis online, Anda harus terlebih dahulu mengenal platform cloud hosting. Karena dengan menggunakan web ini Anda dapat menampilkan banyak sekali server dalam satu platform.

Apabila Anda sudah familier dan mengenal platform web di atas, maka hal selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah dengan menyusun perencanaan untuk bisnis online. Karena strategi dan perencanaan pada bisnis online dan offline sangatlah berbeda.

Trends Hits Digital Marketing

Hal utama yang harus Anda pikirkan adalah melakukan perencanaan. Perencanaan ini haruslah tertata rapi dan didasarkan atas hasil survei yang pasti. Karena seperti yang diketahui bahwa trend tiap tahun selalu mengalami pembaharuan dan perkembangan.

Baca juga: Cara Memaksimalkan Konten TikTok untuk Promosi Bisnis

Penting bagi Anda untuk melakukan perencanaan dalam digital marketing ini, karena setiap tahunnya trends hits akan selalu berubah dan diperbarui oleh zaman.

Ada banyak sekali trends yang harus Anda ketahui seperti artifical intellegence, chatbots, voice search, visual search, social media stories, dan omnichannel marketing

Untuk lebih lanjutnya simaklah penjelasan atas 10 trends digital marketing di bawah ini.

  1. Artificial Intelligence

Artificial intelligence atau juga bisa disebut dengan AI merupakan sebuah program kecerdasan buatan yang mana memiliki keahlian untuk memprediksi aktivitas konsumen dan pola sifat. Mayoritas layanan software dan produk pasaran banyak yang menggunakan Artificial intelligence di tahun 2022.

Banyak sekali teknologi lain yang juga mengandalkan Artificial intelligence seperti chatbot yang terdiri atas  automatic content generation dan speech recognition.

Baca juga: 5 Langkah Membuat Headlien Menarik di Blog

Untuk automatic content generation ini fitur yang terkenal adalah fitur AI Writer. Sedangkan Untuk speech recognition sendiri yang paling populer adalah fitur google voice search.

Baca Juga  4 Tool SEO Terbaik Untuk Pemula Yang Bisa Kamu Gunakan

Nantinya akan semakin banyak fungsi bisnis yang akan mengandalkan teknologi AI ini. Apabila hal ini diterapkan pada dunia digital marketing maka akan semakin masif dan tentunya akan memudahkan Anda sebagai pemilik web.

  1. Chatbot

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa chatbot merupakan program yang berbasis pada Artificial intelligence atau juga bisa disebut dengan AI. Chatbot ini merupakan program yang memiliki fungsi untuk melayani live chat dengan para konsumen.

Adanya program ini diperuntukkan untuk menjawab segala pertanyaan pengguna layaknya seperti manusia normal.

Alasan mengapa chatbot ini masuk ke dalam teknologi yang memiliki perkembangan yang masif adalah karena semakin hari bisnis yang berkembang di lingkungan masyarakat banyak yang sudah tidak melibatkan manusia.

Atau dengan kata lain menggunakan media lain yang bisa dikatakan customer service. Customer service ini nantinya akan menjawab segala pertanyaan pengguna atau konsumen layaknya manusia pada umumnya.

Baca juga: Metode Pemaksimalan Fitur Canva untuk Konten Promosi

Kemudahan yang diberikan oleh teknologi ini memberikan keuntungan bagi kedua belah pihak baik pebisnis maupun konsumen yang menggunakan jasa atau produknya.

Pada pihak pebisnis, Anda tidak perlu susah – susah untuk melakukan perekrutan dalam kuota yang besar sehingga akan mengeluarkan biaya yang besar juga hanya untuk menyediakan fitur live chat.

Sedangkan pada pihak konsumen dapat menghubungi customer service kapanpun dan dimanapun mereka inginkan. Karena program atau teknologi senantiasa ada selama 24 jam full setiap hari. Tidak hanya itu saja, konsumen juga bisa mendapatkan jawaban yang tepat dan valid tanpa harus kebingungan.

  1. Voice Search

Seperti namanya, voice search merupakan sebuah teknologi pencarian yang mengAndalkan suara. Anda hanya perlu berbicara, memerintah atau bertanya dengan suara Anda sendiri kemudian Anda akan mendapatkan jawabannya secepat mungkin.

Baca Juga  5 Langkah Membuat Headline Menarik di Blog

Alasan mengapa voice search menjadi bahan pertimbangan yang akan menjadi trends di tahun 2022 adalah karena banyak survei yang sudah dilakukan dan memberikan hasil bahwa sebagian besar pencarian bahkan menyentuh angka 50% banyak dilakukan dengan menggunakan voice search.

Cara untuk mengoptimasi voice search adalah dengan cara mempelajari LSI yang mana kepanjangannya adalah latent semantic indexing keyword. Kenapa harus mempelajari LSI? Karena banyak pada kasus penggunaan voice search yang mengAndalkan jenis kata semantik.

  1. Visual Search

Berbeda dengan voice search yang mana lebih mengAndalkan suara, visual search ini lebih mengAndalkan gambar. Jadi, gambar digunakan untuk melakukan pencarian.

Walaupun pada saat ini pencarian masih menggunakan media tulisan keyboard dan suara, akan tetapi banyak survei yang mengatakan bahwa visual search dengan menggunakan gambar ini akan menjadi trends di tahun 2022.

Baca juga: Mengenal Jenis Image dalam Website dan Kegunaannya pada Toko Online

Lebih dari 50% kaum milenial lebih menyukai teknologi visual dibandingkan dengan teknologi lainnya. Kenapa demikian? Karena memang visual dianggap lebih menarik di mata sebagian besar masyarakat.

Jadi, teknologi voice search dan visual search ini memiliki peningkatan trends di tahun 2022.

  1. Video Marketing

Video marketing merupakan strategi pemasaran yang menggunakan konten video sebagai media untuk memasarkan produk. Terkhusus untuk video marketing ini mengalami perkembangan yang sangat masif.

Banyak sekali konsumen yang lebih tertarik akan visual terutama video. Inilah yang menjadi alasan mengapa trends 2022 menyatakan bahwa video marketing menjadi strategi yang paling dibutuhkan.

Konsumsi video pada perangkat handphone semakin masif dan terus berkembang setiap tahunnya. Bahkan di tahun 2020, banyak bisnis yang sudah menggunakan video sebagai media marketing.

Baca juga: Tips Membuat Landing Page yang Efektif untuk Penjualan

Baca Juga  5 Situs Convert PDF to Word Online Terbaik 2020

Banyak sekali platform yang menggunakan video marketing sebagai strategi contohnya adalah platform youtube, instagram, tik – tok, hingga facebook.

Konsumen akan lebih percaya jika suatu produk ditampilkan dengan menggunakan video. Karena dianggap lebih tertarik dan lebih meyakinkan.

  1. Social Media Stories

Social media stories merupakan fitur yang ada pada beberapa aplikasi yang banyak digunakan oleh masyarakat seperti instagram, snapchat, hingga facebook.

Fitur yang ada pada aplikasi di atas memiliki potensi yang sangat tinggi untuk menggaet banyak konsumen. Ada banyak cara dan tips yang bisa Anda lakukan jika menggunakan fitur ini.

Tips tersebut adalah dengan menggunakan tag lokasi, hashtag, kuis, polling, dan bisa melampirkan link website. Jadi, konsumen akan dengan mudah dapat mengakses produk tanpa kesusahan dalam mencarinya.

Tentunya akan sangat menguntungkan bagi pihak pebisnis dan juga konsumen. Bagi pihak pebisnis tidak usah mengeluarkan biaya yang besar untuk melakukan pemasaran. Sedangkan bagi pihak konsumen akan dengan mudah menjangkau dan menemukan produknya.

  1. Omnichannel Marketing

Omnichannel marketing merupakan sebuah praktik atau strategi marketing yang menggunakan banyak platform dalam sekali pemasaran. Platform tersebut bisa lebih dari satu, seperti website cloud hosting, email, hingga social media.

Tentunya semua platform yang akan Anda gunakan memuat konten yang seragam. Cara ini akan sangat menguntungkan karena dalam sekali memasarkan Anda bisa menjangkau konsumen secara luas. Jadi, tingkat engagement menjadi jauh lebih tinggi jika dibandingkan hanya menggunakan 1 platform saja.

Baca juga: Tips Efektif Membangun User Generated Content

Demikian artikel ini membahas mengenai trends apa saja yang akan banyak dan efektif digunakan dalam strategi bisnis online untuk meningkatkan traffic pada media yang Anda gunakan seperti website cloud hosting, social media, atau  bahkan email.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *