Mengenal Jenis Image dalam Website dan Kegunaannya pada Toko Online

  • WWW
Mengenal Jenis Image dalam Website dan Kegunaannya pada Toko Online

Ragam Jenis Image dan Fungsinya bagi Website Bisnis

Pembangunan website bisnis membutuhkan usaha yang keras dan kreativitas yang tinggi. Teman-teman akan membutuhkan layanan hosting di Hostinger untuk mulai menjalankan website bisnis tersebut.

Selain itu Kamu juga membutuhkan desain image untuk disematkan dalam website demi meningkatkan reputasi. Kali ini akan dibahas lebih jauh mengenai jenis format image yang sering dipakai dan apa saja fungsinya bagi sebuah toko online.

Tipe Format Image

Pemakaian image atau visual ke dalam konten sebenarnya adalah cara yang sangat efektif untuk membuat tampilan website jadi lebih menarik. Hal ini tentu bukan lagi menjadi rahasia karena sebagian besar orang memang lebih tertarik dengan konten yang dilengkapi gambar atau visual.

Jika konten hanya menyajikan tulisan maka akan terasa sangat membosankan dan tidak menarik. Perlu diketahui bahwa tidak semua jenis image atau gambar bisa dimasukkan ke website bisnis yang Kamu miliki.

Baca juga: Tips Membuat Landing Page yang Efektif untuk Penjualan

Mengenal Jenis Image dalam Website dan Kegunaannya pada Toko Online

Ada beberapa format yang bisa digunakan dan sebaiknya sediakan gambar dalam format ini untuk melengkapi konten di website Kamu. Berikut adalah beberapa format image yang dapat dimanfaatkan:

  1. Raster Image Files

Pada dasarnya ada dua kelompok format image yang bisa digunakan. Pertama adalah raster image files yang menjadi tipe gambar paling umum dipakai oleh berbagai website.

Gambar dari kelompok ini tersusun dari rangkaian titik-titik berukuran kecil yang dikenal dengan nama piksel. Raster image files ini dibagi lagi menjadi beberapa kategori format image. Berikut adalah beberapa format image yang masuk kelompok ini:

  • PNG: Portable Network Graphics yang banyak dipakai untuk menyusun infografis, banner, logo, serta komik.
  • JPEG/JPG: Joint Photographic Experts Group, format yang juga banyak dipakai di internet dan kompatibel dengan berbagai jenis browser.
  • GIF: Graphics Interchange Format yang bisa menghadirkan gambar animasi kekinian dan banyak digunakan dalam teknik social media marketing.
  • TIFF: Tagged Image File Format, merupakan bentuk image yang punya kualitas tinggi dan biasa dipakai dalam industri percetakan.
  • PSD: Photoshop Document yang diciptakan sekaligus disimpan pada aplikasi Adobe Photoshop.
  • Vector Image File Formats
Baca Juga  Begini Cara Kompres Gambar Dengan Cepat dan Tepat

Berikutnya ada kelompok vector image file formats. Jika sebelumnya gambar dihasilkan dari titik-titik, maka untuk tipe gambar ini dibentuk oleh perpaduan titik, garis, juga kurva. Jenis gambar ini tidak terpengaruh piksel sehingga gambar bisa diperbesar tanpa takut resolusinya berkurang. Berikut adalah beberapa format image yang masuk ke kelompok ini:

  • SVG: Scalable Vector Graphics, merupakan sebuah format grafis dengan basis extensible markup language dan biasa digunakan untuk membuat logo, diagram, maupun animasi website.
  • AI: Adobe Illustrator, jenis gambar yang dibuat oleh aplikasi Adobe Ilustrator dan harus diubah format ke JPEG, GIF, dan PNG jika ingin diunggah ke website.
  • PDF: Portable Document Format biasa digunakan untuk membuat desain poster, sampul, maupun jenis konten grafis lain yang biasanya disematkan dalam bentuk lampiran.

Semua tipe image yang ada di sini memungkinkan untuk digunakan dalam mengoptimasi sebuah website bisnis. Tentunya tipe image yang dipilih bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan tipe website yang dikembangkan.

Baca juga: Tips Efektif Membangun User Generated Content

Selain memilih tipe image yang tepat, pastikan untuk membuat desain image atau gambar yang menarik untuk meningkatkan minat audiens. Jelas sekali dalam pembuatan sebuah website bisnis bahwa pemilihan domain di Hostinger bukan menjadi satu-satunya hal yang penting.

Penyusunan konten marketing harus dilakukan dengan baik. Termasuk mempersiapkan gambar-gambar yang akan digunakan untuk menarik perhatian dari para audiens.

Kegunaannya bagi Toko Online

Mengenal Jenis Image dalam Website dan Kegunaannya pada Toko Online

Pemakaian image dalam sebuah konten website, khususnya konten marketing sebenarnya sangatlah penting. Ada beragam kegunaan yang akan dirasakan oleh toko online yang bersangkutan. Berikut adalah beberapa fungsi atau kegunaan image dalam konten yang Kamu buat:

  1. Menarik Minat Audiens
Baca Juga  Tips Membuat Landing Page yang Efektif untuk Penjualan

Keberadaan image dalam sebuah konten website tentu akan membantu menarik minat para audiens. Seperti kita tahu bahwa konten yang dilengkapi gambar atau visual biasanya akan memiliki daya tarik yang lebih besar.

Bukanlah salah satu tujuan pembuatan konten website itu adalah menarik perhatian orang sebanyak mungkin? Hal ini bisa diraih dengan penyematan gambar atau image yang relevan. Khusus untuk konten marketing, tentu penempatan gambar ini juga akan sangat membantu audiens untuk mengenali produk atau brand yang dipromosikan.

Baca juga: Langkah dan Cara Membuat Website Mudah Untuk Pemula

Hal inilah yang akan menumbuhkan minat audiens. Promosi lewat teks saja tidak akan bekerja efektif apalagi masyarakat cenderung malas untuk membaca sebuah informasi.

  • Mendukung Informasi yang Disampaikan

Gambar atau image akan mendukung sebuah informasi yang ingin disampaikan lewat website tersebut. Biasanya gambar ini memang dijadikan sebagai pendamping dalam sebuah konten. Fungsinya adalah memperjelas dan melengkapi isi informasi yang disampaikan kepada audiens. Dengan begitu audiens bisa lebih mudah memahami informasi yang diberikan.

  • Meningkatkan Brand Value

Lagi-lagi mengarah kepada brand value atau brand awareness. Jika sebuah konten marketing memuat image atau gambar yang relevan, maka secara otomatis brand awareness juga akan meningkat. Audiens akan melihat sebuah brand memiliki nilai yang lebih tinggi atau berharga berkat adanya image-image menarik yang disematkan.

Demi mendapatkan brand value yang optimal, maka kualitas image harus dipikirkan dengan baik. Pastikan bahwa image yang disematkan di konten website tersebut berkualitas dan menjadi bukti bahwa konten dipersiapkan sebaik mungkin.

Tak hanya mempersiapkan website dengan pilihan domain yang stabil dan berkualitas namun juga mengelola konten marketing yang menarik disertai image.

  • Memberikan Sebuah Ciri Khas
Baca Juga  Komik Strip Riau di Instagram Yang Wajib Kamu Follow, Ini Dia Daftarnya

Keterlibatan image dalam sebuah konten marketing bisa menunjukkan bahwa itu merupakan ciri khas dari sebuah website. Tentunya untuk mendapatkan ciri khas ini maka diperlukan jenis image yang sama dan akan diunggah dalam setiap konten marketing Kamu. Ini bisa menjadi sebuah identitas yang akan membuat audiens semakin mengenal bisnis Kamu tersebut.

  • Meningkatkan Efektivitas Marketing

Image yang teman-teman sertakan di konten marketing akan membantu meningkatkan efektivitas strategi marketing tersebut. Gambar yang digunakan bisa membuat audiens memahami isi konten marketing dengan baik sehingga tertarik untuk melakukan apa yang diharapkan oleh pembuat iklan. Bisa dalam bentuk pembelian produk, pemakaian jasa, dan lain sebagainya.

  • Meningkatkan Reputasi Website

Keberadaan image atau gambar dalam sebuah konten marketing website akan meningkatkan reputasi website itu sendiri. Secara garis besar, image akan membuat audiens semakin tertarik untuk melihat isi konten lebih jauh lagi. Hal ini tentunya akan efektif membuat reputasi website menjadi lebih baik lagi di mesin pencarian.

Itulah tadi ragam jenis dan kegunaan image dalam sebuah konten marketing website. Bagi Kamu yang ingin menerapkan strategi digital marketing dan tengah mengelola website bisnis, pastikan untuk memilih hosting.

Baca juga: Pemanfaatan Asisten Virtual dalam Pembuatan Konten Travel Blog

Pahami target audiens Kamu dan olah konten marketing yang berkualitas. Pastikan untuk merangkul sebanyak mungkin audiens demi meningkatkan performa website dan mengembangkan bisnis Kamu tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *