Panduan dan Tips Membuat Landing Page Yang Menarik

  • WWW
tips membuat landing pags

Pernahkah teman-teman selama ngeblog atau melihat di blog, forum ataupun terdengar melalui teman yang lain tentang landing page? Jika belum, landing page merupakan sebuah halaman situs yang sengaja dibuat dan didesain untuk menaikkan nilai penjualan atau mengumpulkan para pengunjung (leads) bagi bisnis.

Landing page berfungsi untuk menerima salah satu trafik dari beberapa saluran marketing seperti ads referral, iklan dan lainnya yang mendorong pengunjung untuk mengambil suatu tindakan tertentu. Jadi ketika kamu membuat iklan PPC, kemudian mengirim promosi melalui postingan media sosial atau email marketing maka target audien akan diarahkan menuju satu halaman situs tersebut.

Umumnya, halaman ini dibuat untuk menampilkan promosi dalam bentuk layout satu halaman penuh. Oleh karena itulah banyak juga orang mengatakan jika landing page sama dengan brosur yang diedarkan oleh para sales.

Tips Membuat Landing Page

tips membuat landing page

Membuat sebuah halaman yang menarik

Agar lebih lancar dan sukses dalam melakukan promosi dalam dunia digital, terlebih pada per-website-an tentu panduan membuat landing page yang tepat sangat diperlukan. Sebab semakin menarik dari sebuah halaman yang dibuat, maka semakin tinggi pula konversi atau daya tarik konsumen yang akan membeli produk yang dijual. Selain itu juga penting membuat struktur dan tulisan yang baik dengan melakukan pengecekan plagiarisme tulisan. Berikut beberapa tips yang perlu teman-teman perhatikan dalam membuat landing page yang baik:

  1. Memiliki desain rapi dan bersih

Format, desain serta tampilan halaman situs secara total memiliki hasil yang besar terhadap efektivitas landing page dalam meningkatkan konversi. Sedangkan tujuan landing page kamu adalah memudahkan konversi pengunjung untuk menjadi leads atau pelanggan. Oleh karena itu buatlah halaman situs yang menarik dan atraktif dengan memanfaatkan gambar dan warna . Gunakan perpaduan warna yang kreatif dan menarik agar landing page enak dilihat.

  1. Mobile friendly

Berdasarkan beragam riset yang telah dilakukan oleh tim Google, sekitar 94 persen pengguna internet di Indonesia melakukan daring menggunakan perangkat mobile. Tentunya nilai mayoritas pengguna internet menggunakan smartphone dalam mengakses internet karena jauh lebih mudah dan lebih cepat. Mempertimbangkan perilaku para konsumen ini juga diperlukan ketika kamu membuat landing page. Pastikan halaman kamu dapat diakses dengan optimal baik melalui perangkat desktop maupun melalui perangkat mobile.

  1. Buat lebih minimalis

Landing page yang baik adalah halaman situs yang menyediakan informasi yang bisa memotivasi pengunjung untuk konversi. Namun juga perlu kamu perhatikan, menyediakan terlalu banyak informasi bisa saja membuat halaman kamu menjadi tidak efektif untuk dikonversi. Oleh sebab itu, berikanlah informasi yang jelas, singkat, padat dan tepat agar pengunjung yang dating ke halaman kamu tertarik untuk mengkonversi.

  1. Menampilkan trust signal

Hal yang juga tidak boleh diabaikan ketika membuat landing page yang efektif adalah trust signal. Trust signal sendiri merupakan kumpulan testimoni dari pelanggan, daftar klien yang menggunakan produk dan layanan kamu atau liputan media massa. Melalui trust signal, kamu dapat menunjukkan kepada para pelanggan bahwa tempat yang mereka datangi sangat tepat dan terpercaya. Dengan testimoni yang diberikan oleh pelanggan lain pada halaman kamu, maka para pelanggan baru akan lebih merasa yakin untuk menggunakan layanan yang kita berikan.

  1. Melakukan promosi dengan memanfaatkan hearder

Tips membuat landing page yang menarik selanjutnya dengan membuat halaman dengan menampilkan penawaran yang jelas dan kuat kepada pelanggan. Kamu dapat memanfaatkan headline pada halaman situs untuk menunjukkan tawaran-tawaran menarik pada pengunjung. Dengan penawaran yang menarik, tentu membuat para pengguna akan semakin percaya pada layanan kamu.

  1. Form yang pendek

Ketika ada pengunjung yang masuk pada landing page, tentu kamu ingin mengumpulkan data para pengunjung sebanyak mungkin. Namun bukan berarti semua pengunjung akan mau mengisi form pada situs, terlebih lagi jika form pada halaman yang kita buat sangat panjang. Sebagai contoh jika dalam halaman yang kita buat memiliki banyak kolom yang harus dilengkapi maka kemungkinan jumlah mereka akan mengisi form tersebut menjadi sedikit. Hal ini tentu saja akan membuat jumlah konversi menurun dan kamu tidak mendapatkan data penting dari pengunjung. Oleh karena itu, sebaiknya buatlah form yang lebih singkat agar para pengunjung mau mengisinya sampai selesai.

  1. Sama dengan isi iklan

Salah satu indicator dari sebuah landing page yang efektif adalah ketika memberikan pesan yang sama dengan pesan yang ada diiklan. Dengan kesamaan ini maka para pengunjung tidak akan merasa dibohongi. Sehingga tips membuat landing page ini perlu diperhatikan.

  1. Beberapa versi

Kamu juga dapat membuat halaman khusus sesuai dengan perangkat trafik iklan yang digunakan oleh pengunjung. Apakah pengunjung tersebut menggunakan perangkat PC, media sosial atau dari sumber lainnya seperti email marketing. Dengan begitu, kamu dapat membuat landing page dengan konten yang beraneka ragam sesuai dengan masing-masing iklan yang ada.

  1. Menjalankan uji coba

Untuk menngetahui apakah landing page kamu masuk pada kategori bagus tidaknya adalah dengan melakukan uji coba. Tanpa adanya uji coba terlebih dahulu maka tidak mungkin bisa mendapatkan landing page yang bagus. Melalui uji coba, kamu akan mengetahui apa saja yang sudah benar pada landing page kamu dan apa saja yang masih perlu diperbaiki.

Itulah beberapa panduan dan tips dalam membuat landing page yang menarik untuk meningkatkan omset penjualan produk kamu yang saya dapat dan kumpulkan melalui sharing dari beberapa teman dan forum. Jika teman-teman masih memerlukan panduan dan tips membuat landing page bisa lihat penjelasan teknis dari Niagahoster.

FYI, Niagahoster merupakan sebuah jasa layanan hosting murah unlimited dengan menggunakan cPanel dan server Indonesia. Dengan layanan hosting Indonesia dengan kelas bisnis di mana memakai data center yang memiliki sertifikasi tier-4 hebat dan modern dari DCI Indonesia membuat provider hosting ini memiliki banyak pelanggan hingga kini.

Selain memberikan layanan hosting dengan jaminan kelas uptime dan akses website yang cepat, juga menyediakan berbagai macam tutorial seputar teknis website seperti membuat landing page tadi.

So mudah-mudahan artikel ini bisa membantu teman-teman dalam membuat halaman yang mantap. Kamu juga dapat membuat lebih dari satu landing page khusus dengan tujuan yang berbeda-beda lho. Ini tentu menjadi sarana promosi online yang paling efektif dan efisien, khususnya bagi kamu yang memiliki lebih dari satu jenis usaha.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *