5 Langkah Membuat Headline Menarik di Blog

  • WWW
5 Langkah Membuat Headline Menarik di Blog

Membuat Headline Blog yang Bagus dan Menarik

Pembuatan website untuk keperluan bisnis saat ini sangat mudah untuk dilakukan. Kamu bisa menggunakan layanan Joomla hosting untuk membuat website bisnis yang dapat dimanfaatkan untuk kelancaran bisnis yang Kamu miliki.

Namun, bagian yang menantang adalah pengelolaan website tersebut. Website bisnis harus dikelola dengan sebaik mungkin agar bisa mendatangkan manfaat yang optimal dan meningkatkan reputasi bisnis Kamu.

Pentingnya Headline

Dalam pembuatan konten di website, headline memegang peranan yang sangat penting. Headline ini bisa disebut juga sebagai judul dan akan menjadi bagian pertama yang dilihat oleh audiens ketika mengunjungi sebuah website.

Sebelum menikmati suatu konten website, secara otomatis audiens akan melihat headline terlebih dahulu. Itulah mengapa headline ini harus dibuat semenarik mungkin.

Dapat dipahami bahwa headline akan menjadi kesan pertama audiens terhadap sebuah konten website. Lewat headline, audiens akan memutuskan untuk lanjut menikmati konten atau meninggalkannya. Itulah mengapa sangat penting bagi Kamu untuk membuat headline yang tepat, menarik, dan bisa membuat audiens langsung ingin menikmati konten secara keseluruhan.

Baca juga: Tips Efektif Membangun User Generated Content

Headline juga akan menjadi salah satu ciri khas dari sebuah website. Jika Kamu ingin menunjukkan identitas website dengan jelas kepada audiens maka tunjukkanlah lewat keberadaan headline tersebut.

Buatlah headline yang menarik sehingga audiens akan mengerti bahwa website Kamu memang bagus dan layak untuk dikunjungi. Website Kamu dapat menarik banyak pengunjung jika Kamu menggunakan konsep yang bagus dan headline-nya juga dibuat menarik.

Selain itu pastikan juga kalian menggunakan cpanel hosting berkualitas dan stabil sehingga pengalaman akses menuju website yang Kamu miliki bisa optimal. Semua ini akan mendukung popularitas website meningkat karena performanya dinilai baik oleh para audiens.

Membuat Headline yang Menarik

5 Langkah Membuat Headline Menarik di Blog

Jelas sekali bahwa membuat website tak cukup hanya dengan memilih layanan cpanel hosting terpercaya dan membuat konsep yang matang. Kamu juga harus merencanakan konten dan menyusun headline yang bagus. Lalu bagaimana caranya membuat headline yang menarik? Berikut ini adalah 5 langkah yang bisa dilakukan saat membuat headline konten yang menarik untuk sebuah website:

  1. Pastikan Akurat
Baca Juga  Hosting Murah, SheHoster Hosting Tangguh Berkualitas

Pertama, pastikan dulu bahwa headline yang akan Kamu buat akurat. Artinya, headline tersebut harus sesuai dengan isi konten yang disajikan. Jangan pernah membuat konten yang hanya mengunggulkan viralnya saja tanpa memperhatikan akurasinya.

Audiens tentu akan merasa kecewa jika ternyata konten yang mereka baca tidak sesuai dengan headline yang membuat mereka tertarik. Sesuaikan headline dengan konten sehingga audiens tidak akan merasa tertipu.

Cari apa topik utama dari tulisan konten tersebut.  Masukkan ke dalam headline sehingga audiens bisa tahu garis besar konten yang akan mereka baca. Lewat headline tersebut audiens harus bisa paham konten apa yang akan mereka nikmati sehingga mereka sudah tahu arah informasi yang akan didapatkan.

Di tengah padatnya konten digital saat ini, Kamu pasti sering menemui headline yang hanya mengandalkan sensasi saja. Jenis headline seperti ini dikenal sebagai headline clickbait. Artinya headline tersebut hanya mengundang keinginan audiens untuk melakukan klik saja. Padahal isi kontennya sama sekali tidak relevan. Sebaiknya strategi pembuatan headline seperti ini dihindari karena bisa memperburuk reputasi website Kamu.

  • Buat Singkat dan Mainkan Kata-Kata

Jangan membuat headline yang terlalu panjang. Justru sangat disarankan untuk membuat headline yang singkat dan padat namun tetap mewakili isi konten secara keseluruhan. Itulah mengapa pembuatan headline ini tidak bisa dibilang mudah karena memang tidak bisa sembarangan.

Kamu tidak bisa sembarangan memasukkan kata-kata ke headline tanpa memperhatikan estetikanya. Paling tidak buatlah headline dengan 8 sampai 12 kata. Headline yang terlalu panjang justru akan membuat pembaca malas dan tidak bisa langsung menangkap apa sebenarnya isi dari konten yang akan dibaca.

Baca juga: Tips Membuat Landung Page yang Efektif untuk Penjualan

Baca Juga  Panduan dan Tips Membuat Landing Page Yang Menarik

Selain itu, headline yang terlalu panjang juga tidak bersifat fleksibel. Artinya jenis headline ini kurang pas untuk dinikmati dengan perangkat mobile yang ukuran layarnya terbatas.

Permainan kata juga sangat penting untuk dilakukan dalam membuat headline. Gunakan kata-kata yang unik atau tidak pasaran untuk menarik perhatian pembaca. Setelah berhasil membuat headline, coba baca ulang beberapa kali.

Apakah headline tersebut sudah terdengar menarik atau belum? Jika belum, coba ganti pilihan katanya sehingga bisa menghasilkan headline yang lebih ciamik.

  • Tunjukkan Keunggulan Konten

Kamu harus bisa menunjukkan keunggulan konten melalui headline yang akan Anda tampilkan. Ingat, headline ini akan menjadi bagian utama yang dilihat dan dikenali oleh audiens. Secara otomatis, headline harus bisa memuat keunggulan konten sehingga audiens merasa semakin tertarik untuk membacanya lebih lanjut.

Jika konten dibuat untuk kepentingan marketing, maka coba sisipkan keunggulan produk Kamu lewat headline. Tak perlu dengan kalimat yang panjang, Kamu tetap harus membuat headline yang singkat namun tetap memuat keunggulan tersebut. Pilihlah kata-kata yang tepat untuk mewakili keunggulan produk yang akan Kamu tawarkan dalam konten tersebut.

Namun ingat, tetap utamakan keakuratan headline Kamu. Jangan sampai ingin menunjukkan keunggulan konten lewat headline tapi tidak peduli dengan akurasinya. Keunggulan yang ditunjukkan di headline memang harus ada secara nyata jadi bukan hanya digunakan untuk menggoda audiens semata.

  • Ajukan Pertanyaan Provokatif

Salah satu jenis headline yang bagus adalah headline yang bisa menarik perhatian pembacanya dalam waktu singkat sekali baca. Agar bisa mencapai tujuan ini maka Kamu bisa mencoba membuat headline dalam bentuk pertanyaan yang provokatif. Provokatif di sini maksudnya adalah mampu menggelitik atau membangkitkan keinginan audiens untuk menikmati konten yang ditampilkan.

Baca Juga  5 Konversi Dokumen Online

Baca juga: Mengenal Jenis Image dalam Website dan Kegunaannya pada Toko Online

Pertanyaan yang ditampilkan sebagai headline bisa beragam. Tentunya pertanyaan tersebut harus sesuai juga dengan isi kontennya secara keseluruhan. Pertanyaan dalam headline ini harus bisa membuat audiens ingin mencari tahu jawabannya.

Dimana jawabannya? Tentu saja di dalam konten artikel yang harus mereka baca. Dengan begitu secara otomatis audiens akan menikmati konten karena merasa penasaran dengan pertanyaan provokatif tadi.

Headline memang tidak selamanya harus dibuat dalam bentuk kalimat. Headline juga bisa ditampilkan dalam bentuk pertanyaan. Namun, pertanyaan tersebut juga harus yang bersifat menggugah sehingga bukan pertanyaan biasa yang membuat audiens merasa tidak tertarik

  • Awali Headline dengan Angka

Cobalah untuk menggunakan angka sebagai awalan headline konten Kamu. Mungkin kalian juga sudah sering melihat konten-konten yang judulnya memakai angka sebagai awalan. Meskipun sederhana namun penggunaan angka ini ternyata bisa memberikan pengaruh yang besar. Penggunaan angka ternyata dapat meningkatkan interaksi pembaca karena memberikan visual yang berbeda.

Mata audiens secara tidak sadar akan memperhatikan angka yang ada di bagian awal headline. Hal ini secara otomatis akan meningkatkan rasa penasaran audiens terhadap konten tersebut. Selain itu penggunaan angka juga terasa jauh lebih menarik daripada headline yang sepenuhnya menggunakan kata atau kalimat biasa.

Baca juga: Metode Pemaksimalan Fitur Canva untuk Konten Promosi

Segera praktikkan cara pembuatan headline ini di website Kamu sendiri. Buatlah website dengan menggunakan layanan Joomla hosting dan susun konsep konten yang berkualitas. Berikan user experience yang optimal kepada semua audiens website sehingga performa website bisa terus meningkat dan memberi keuntungan bagi bisnis Kamu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *