Tips Efektif Membangun User Generated Content

Tips Efektif Membangun User Generated Content

Secara umum user generated content merupakan semua jenis konten yang dibuat pengguna untuk memasarkan produk Anda. Dan strategi pemasaran ini terkadang sering terabaikan, padahal sangat efektif untuk pemasaran produk. Sehingga sangat penting bagi teman-teman untuk mengetahui tips efektif membangun user generated content berikut ini.

Bagi Kamu yang ingin membuat toko online yang terpercaya, selain mencari sewa domain dan hosting murah, tentu juga wajib memperhatikan user generated content dengan menambahkan menu testimoni.

Oleh sebab itu, sebaiknya simak ulasan mengenai apa itu user generated content, manfaat, dan bagaimana tips membangunnya untuk kebutuhan pemasaran toko online Kamu.

Mengenal lebih Dekat dengan User Generated Content

Tips Efektif Membangun User Generated Content

Pernahkah teman-teman membaca testimoni dari beberapa pengguna mengenai suatu produk? Atau Kamu pernah membaca social media yang mencantumkan user suatu produk? Kedua hal tersebut merupakan contoh dari user generated content.

Tidak hanya berupa testimoni, user generated content juga bisa berupa gambar, video, dan lainnya. Pengguna sendiri yang memasarkan produk Kamu secara cuma-cuma.

Baca juga: Go Digital, Inilah Pentingnya Adopsi Cloud Computing bagi UMKM

Contoh lainnya dari user generated content adalah gambar di media sosial yang memposting gambar suatu produk tertentu, video youtube yang mengupload video hasil produk kamera tertentu, dan kontes yang menyuruh pengguna untuk upload foto atau tag nama produk, dan lainnya.

Manfaat User Generated Content

Ada beberapa manfaat user generated content sebagai strategi efektif untuk pemasaran. Diantaranya adalah:

Kepercayaan Konsumen

Tahukan Kamu bahwa konsumen lebih percaya suatu produk atau jasa yang direkomendasikan oleh konsumen lainnya. Dan jumlah masyarakat yang percaya dengan rekomendasi produk bisa mencapai hingga 92 persen. Ketimbang dari iklan dan lainnya. Sehingga user generated content menjadi salah satu pertimbangan yang penting sebelum konsumen membeli suatu produk maupun jasa.

Baca Juga  Raih Keikhlasan Dengan Berbagi Melalui OVO | Invest

Sebab, konsumen tidak ingin tertipu hanya dari iklan, mereka ingin mendapatkan fakta dari orang yang pernah menggunakan produk tersebut.

Lebih Hemat Biaya

Dengan menggunakan user generated content biaya pemasaran jauh lebih hemat, sebab konsumen sendirilah yang memasarkan produk Kamu. Teman-teman juga tidak perlu membayar uang kepada konsumen sebab mereka mengiklankan secara cuma-cuma. Baik berbagi pengalaman menggunakan produk yang kamu buat, atau sekadar mengikuti kontes dari produk.

Baca juga: Menyusun Rencana Bebas Finansial dengan Mindset yang Benar

Jadi teman-teman tidak perlu mengeluarkan banyak uang, dibandingkan menggunakan strategi marketing lainnya yang lebih banyak merogoh kantong Kamu sendiri.

Content Marketing yang Efektif

Selain meningkatkan kepercayaan konsumen, hemat biaya, user generated content juga merupakan strategi konten marketing yang sangat efektif. Sebab konten dari user generated content ini juga cukup kreatif, segar, unik dan variasi yang berasal dari aktivitas sehari-hari pengguna. Misalnya saja ulasan produk, saat liburan, dan lainnya.

Tips Efektif Membangun User Generated Content

Tips Efektif Membangun User Generated Content

Melihat dari beberapa manfaat dari user generated content untuk pemasaran secara digital. Sebaiknya Kamu membangun user generated content secara efektif untuk produk yang dibuat. Berikut tips efektif membangun user generated content

1. Meminta Izin ke Pengguna

Hal pertama yang wajib Kamu lakukan jika ingin menggunakan konten pengguna sebagai user generated content adalah meminta izin kepada pengguna. Tidak peduli jenis kontennya baik itu gambar, ulasan testimoni, video, dan lainnya.

Sebab, jika Kamu mengambilnya begitu saja, maka akan meninggalkan kesan buruk bagi brand produk Kamu. Pasalnya teman-teman akan dianggap mencuri hasil kreasi konten pengguna.

Cara meminta izin bisa melalui komentar di postingan pengguna, izin melalui email, dan lainnya. Hal ini bisa memberikan kesan bahwa Kamu menghargai konten yang dibuat oleh pengguna.

Baca Juga  Tips Berburu Produk Murah di Harbolnas

2. Cantumkan Sumber Konten

Tidak hanya meminta izin, sebaiknya teman-teman juga mencantumkan sumber konten yang dibuat oleh pengguna atau customer Kamu. Caranya bisa menyebut sumber dengan mentag username social media pengguna, menulis nama channel youtube, dan lainnya.

Mencantumkan sumber pengguna juga merupakan cara untuk mengapresiasi konten yang dibuat oleh pengguna.

Baca juga: Aplikasi Payroll VS Payroll Manual, Mana yang Lebih Baik?

Sehingga mereka bisa lebih bersemangat lagi untuk membuat konten baru. Misalnya Kamu ingin memposting ulang konten yang dibuat oleh pengguna yang menuliskan ulasan yang menarik tentang produk Kamu melalui Instagram, jangan lupa mencantumkan nama Instagram pengguna.

3. Berikan Imbalan

Salah satu cara efektif agar pengguna selalu memberikan user generated content adalah dengan menawarkan imbalan. Imbalan ini bisa berupa giveaway atau kontes, promo atau diskon, dan lainnya.

Meskipun begitu jangan terlalu fokus pada strategi ini sebab hanya 32 persen saja pengguna yang mau memberikan user generated content karena adanya imbalan. Dan sisanya sekitar 60 persen ingin konten mereka ditampilkan di media sosial utama brand atau produk. Atau sekadar ingin mendapatkan apresiasi berupa like atau komentar.

4. Beritahu Konten Apa yang Kamu Cari

Sebagian besar pembuat user generated content ingin konten mereka ditampilkan. Untuk memudahkan pengguna agar membuat konten sesuai yang diinginkan brand. Sebaiknya beritahu secara detail dan spesifik konten apa yang Kamu cari dan butuhkan.

Misalnya saja salah satu produk makanan hewan menginginkan adanya gambar konten hewan yang menggunakan produk tersebut.

Baca juga: 4 Cara Mendapatkan Pinjaman Modal Usaha Tanpa Jaminan

Nah, jika sudah mengetahui jenis konten yang dibutuhkan untuk memaksimalkan pemasaran produk. Selanjutnya bagikan kepada pengguna bisa melalui postingan, story, bio akun, dan lainnya. Selain itu, beritahu juga hastag dari produk Kamu.

Baca Juga  Tips Membaca dan Memahami Polis Asuransi Jiwa Anda

5. Pakailah Fitur Pencarian

Tips selanjutnya adalah memakai fitur pencarian untuk mengumpulkan user generated content produk Kamu. Misalnya saja memakai fitur pencarian untuk melakukan pencarian di sosial media yang mencantumkan hastag brand Kamu.

Lakukan pencarian ini secara efektif agar tidak ada user generated content yang berkualitas yang terlewatkan.

Selain itu, teman-teman juga bisa menggunakan tool seperti Social Mention yang berguna untuk memonitor informasi terkait brand Kamu di social media. Misalnya saja mention hastag atau brand, info konten, dan lainnya.

6. Pelajari Kumpulan dari User Generated Content

Jika sudah mencari user generated content dan sudah mengumpulkannya, selanjutnya pelajari  untuk riset pasar. Selain itu, Analisa berbagai sumber user generated content yang terkumpul. 

Dan dari sana Kamu bisa mengetahui kebiasaan konsumen, dan hal menarik lainnya yang bermanfaat untuk strategi konten marketing selanjutnya.

Misalnya saja teman-teman menemukan bahwa konsumen sebagian besar cenderung menggunakan produk Kamu bersamaan dengan produk lainnya. Berarti ada peluang brand Kamu bekerja sama dengan produk lainnya tersebut.

Kesimpulan

Tips Efektif Membangun User Generated Content

Menilik dari berbagai manfaat user generated content dan ulasan mengenai tips membangun user generated content dapat disimpulkan bahwa user generated content merupakan strategi content marketing yang sangat ampuh. Sehingga Kamu wajib menerapkannya untuk strategi marketing bisnis yang dimiliki.

Baca juga: 4 Tips Jitu Menjalankan Bisnis Reseller Tanpa Modal

Maka dapat dikatakan strategi jitu untuk membuat toko online adalah dengan hosting murah dan menerapkan tips user generated content di atas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *