4 Cara Mendapatkan Pinjaman Modal Usaha Tanpa Jaminan

4 Cara Mendapatkan Pinjaman Modal Usaha Tanpa Jaminan

Siapa sih yang belum pernah mengalami, disaat modal kerap kali menjadi batu sandungan bagi pengusaha pemula ketika membangun bisnisnya. Namun tenang, saat ini terdapat layanan pinjaman modal usaha tanpa jaminan untuk meringankan beban para pebisnis.

Ya, tak bisa dupungkiri kini banyak sekali lembaga keuangan atau Fintech yang menawarkan dana untuk dipakai usaha tanpa mewajibkan debitur menyerahkan agunan. Meski demikian ada pula berbagai syarat agar debitur memperoleh pinjaman ini. Bagaimana apakah teman-teman tertarik untuk menjajal pinjaman modal bisnis tanpa jaminan ini? apabila iya, Kamu bisa mengikuti 4 cara di bawah ini!

4 Pinjaman Modal Usaha Tanpa Jaminan

Pinjaman Modal Usaha Tanpa Jaminan

Dari sekian banyak cara, setidaknya saya telah memilih 4 cara mudah untuk mendapatkan pinjaman tanpa jaminan, di mana dari berbagai cara ini juga berdasarkan pengalaman orang-orang di sekitar. Berikut ulasannya.

1. Kredit Usaha Rakyat atau KUR

Apabila membahas mengenai pinjaman tanpa jaminan, maka Kredit Usaha Rakyat atau KUR tak bisa dilewatkan. Dana KUR ini memang dikucurkan pemerintah khusus untuk pelaku usaha mikro, jadi syaratnya tentu dipermudah.

Selain tanpa jaminan, kelebihan lain dari KUR ini yaitu bunga pinjaman yang sangat rendah. Jadi, teman-teman tidak akan diberatkan dengan angsuran pokok dan bunga yang mencekik per bulannya.

Untuk mendapatkan dana KUR ini, Kamu bisa memilih dari lembaga keuangan yang ditunjuk pemerintah. Antara lain Bank BRI, BTN, BNI, BNI Syariah, Bank Mandiri, Bank Mandiri Syariah, dan Bank Bukopin.

Syarat yang diperlukan untuk proses pencairan dana KUR ini cukup sederhana. Antara lain KTP, Kartu Keluarga (KK), Nomor Pajak Wajib Pajak (NPWP), SIUP, Rekening Koran 6 bulan terakhir, dan Surat Keterangan Domisili Usaha (SKDU).

2. Modal Ventura

Selain dari lembaga keuangan Perbankan, teman-teman juga bisa mendapatkan pinjaman tanpa jaminan dari non bank. Ya, Modal Ventura menjadi solusi kedua bagi Kamu yang ingin mendapatkan modal tanpa harus menyerahkan jaminan.

Pemberian dana dari Modal Ventura dilakukan dibarengi dengan sistem perjanjian kerjasama.  Modal Ventura yang diserahkan kepada debitur dianggap sebagai penanaman saham. Nantinya lembaga keuangan Ventura akan mendapatkan bagian dari keseluruhan keuntungan yang didapat debitur.

Jenis pembiayaan yang satu ini terdiri dari 3 jenis yaitu equality financing, semi equality financing, dan bagi hasil. Untuk equality financing artinya dana modal yang diberikan 100% dianggap sebagai pinjaman. Sedangkan untuk semi equality financing, Ventura akan menyerahkan dana untuk membeli sebagian saham ataupun obligasi usaha Kamu.

Yang terakhir, bagi hasil artinya keuntungann yang didapat akan dibagi dengan Ventura. Besarannya sesuai dengan presentase yang telah ditetapkan di awal perjanjian.

3. Kredit Tanpa Agunan atau KTA

Sesuai dengan namanya, KTA atau Kredit Tanpa Agunan akan memberikan modal kepada calon debitur tanpa adanya jaminan. Berbeda dengan dana KUR atau modal Ventura dengan tempo pengembalian cukup panjang. Untuk KTA, tempo pengembalian dana berkisar antara 30-60 hari saja.

Lalu di mana kita bisa mendapatkan dana KTA? Pada umumnya, layanan KTA ini disediakan oleh lembaga perbankan yang telah bekerja sama dengan pemerintah. Karena disediakan oleh Bank, pastikan teman-teman memiliki track record cukup bagus dalam dunia perbankan ya.

Persyaratan KTA dari Bank ini cukup simpel dan mudah didapat. Antara lain Kartu Tanda Penduduk (KTP), SIUP, Nomor Pajak Wajib Pajak (NPWP), kepemilikan kartu kredit, dan rekening Koran.

4. Pinjaman Online

Cara terakhir dan saya suka yang bisa teman-teman lakukan untuk mendapatkan kucuran dana tanpa menyodorkan jaminan yaitu dengan menjajal pinjaman online. Marak beberapa tahun silam, saat ini banyak sekali perusahaan pinjaman online. Bahkan hal ini juga dimanfaatkan oleh orang tak bertanggung jawab untuk melakukan tindak penipuan. Oleh karena itu, teman-teman harus berhati-hati dalam memilih pinjaman online.

Sesuai dengan namanya, pembiayaan yang satu ini seluruh transaksinya dilakukan secara online. Jadi hanya dengan duduk manis di rumah, Kamu akan mendapatkan transferan modal. Serupa dengan KTA, tempo pengembalian pinjaman online ini cukup singkat. Mulai dari 15 hari hingga 6 bulan.

Untuk mendapatkan dana dari pinjaman online, kamu harus mengupload beberapa dokumen digital. Antara lain KTP, slip gaji, NPWP, dan Kartu Keluarga (KK).

Dari pengalaman, ada beberapa pinjaman modal usaha online tanpa jaminan yang menurut saya terbaik dan memberikan kemudahan untuk para debiturnya, salah satunya Tunaiku. FYI Fintech ini diluncurkan sejak tahun 2014 dan menjadi produk unggulan dari PT BANK AMAR INDONESIA sebuah bank asal Surabaya yang hadir di Indonesia sejak 1991.

Tunaiku juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sehingga para debitur tidak perlu khawatir. Yang paling saya senangi adalah kita dapat meminjam modal mulai dari Rp 2 hingga Rp 20 juta di mana masa durasi peminjaman mulai dari 6 sampai 20 bulan. Pinjaman modal usaha tanpa jaminan ini mengusung konsep financial technology dengan memanfaatkan teknologi internet dalam operasionalnya. Pastinya waktu peminjaman berjalan lebih cepat dan mudah karena adanya teknologi khusus dalam mengumpulkan, menganalisis, dan memproses pinjaman dalam jangka waktu 24 jam.

Jika kamu masih bingung dengan Tunaiku, Kamu hanya perlu mengunjungi website perusahaan ini atau melalui kanal media sosialnya jika ada pertanyaan. Jika dirasa masih kurang paham dan jelas tinggal datangi saja kantornya di Graha Niaga Thamrin Jakarta

Tips Memilih Pinjaman Tanpa Jaminan

Tips Memilih Pinjaman modal usaha online Tanpa Jaminan

Agar tidak salah pilih, Kamu bisa mengikuti beberapa tips memilih pinjaman modal usaha online tanpa jaminan di bawah ini sebelum memilih kreditur modal tanpa jaminan.

1. Perhatikan Track Record Keuangan Kamu

Bagi Kamu yang masuk ke dalam black list bank, sudah bisa dipastikan dana KUR atau KTA tidak akan bisa didapatkan. Sebagai solusi teman-teman bisa menjajal modal ventura atau pinjaman online. Namun karena telah memiliki track record merah dalam dunia keuangan, biasanya dana yang diberikan pun jumlahnya cukup kecil.

2. Sesuaikan dengan Kebutuhan Dana

Menyesuaikan dengan kebutuhan bisnis menjadi tips kedua yang wajib Kita perhatikan sebelum memilih lembaga keuangan. Apabila dana yang dibutuhkan besar dengan tempo pengembalian cukup panjang, maka dana KUR atau mengunakan pinjaman modal usaha online tanpa jaminan seperti Tunaiku cocok sekali untuk dicoba.

Namun jika Kamu hanya membutuhkan sedikit dana tambahan, Kamu bisa memilih pinjaman online ataupun KTA.

3. Telusuri Seluk Beluk Lembaga Keuangan

Sebagai calon debitur, tentu Kamu harus memahami seluk beluk dari kreditur usaha yang teman-teman miliki. Jangan sampai usaha Kamu stuck di tempat yang sama karena perjanjian yang merugikan satu pihak.

Khususnya untuk pinjaman online, Kamu harus benar-benar melakukan penelusuran secara mendalam. Cek ijin resmi dan testimoni untuk mengetahui kredibilitas pinjaman online.

Nah, itulah 4 cara yang bisa teman-teman coba untuk mendapatkan pinjaman modal usaha tanpa jaminan. Sesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan, kemudian pilih salah satu dari keempat cara di atas untuk mendapatkan kucuran modal. Ingat saran saya nomor 4 hahahaha.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *