Lompat ke konten

Ini 6 Tips Cara Membuat Tanda Tangan yang Menarik

Ini 6 Tips Cara Membuat Tanda Tangan yang Menarik

Ada masa dimana kita pasti pernah bingung dalam menentukan hal sepele namun penting di dalam hidup kita. Seperti menentukan pola tanda tangan, misalnya. Saat kecil, kita tidak pernah mempermasalahkan bagaimana bentuk tanda tangan kita. Namun ketika menginjak dewasa, kamu sadar bahwa setiap orang harus memiliki tekenan. Kamu harus tahu cara membuat tanda tangan yang menarik karena tanda tangan tersebut akan digunakan selamanya.

Ketika berusia 17 tahun dan setiap warga negara Indonesia harus memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP), maka tanda tangan atau tekenan yang tertera pada KTP akan diberlakukan pada setiap dokumen yang kita miliki. Itu artinya, ketika kita sudah membubuhkan tekenan pada KTP, kita harus menuliskan pola tanda tangan nan sama di semua dokumen. Jika tekenan memiliki bentuk atau pola berbeda, bukan tidak mungkin dokumen kita ditolak karena adanya perbedaan pada dokumen yang kita teken. Oleh karena itu, kita wajib mengetahui cara membuat tekenan juga menarik karena akan digunakan seumur hidup.

Namun sayangnya, sulit untuk menentukan cara membuat bentuk tekenan atau signature dengan menarik. Proses membuat tanda tangan dengan bentuk menarik tidak sekali jadi, melainkan harus melalui beberapa tahap dan pengulangan agar bentuk tekenan yang akan kita ciptakan memiliki bentuk nan konsisten. Ini sangat penting karena semakin sering kita berlatih, maka semakin sempurna bentuk tekenan nan kita miliki.

Saya pribadi jujur saja, beberapa kali semasa atau sewaktu membutuhkan tekenan dulu betul betul kesulitan. Ingin bagus tapi takut dikatakan meniru atau lebay. Yah meski demikian saya menemukan dan menciptakan tekenan menarik untuk saya sendiri. So.. untuk membuatmu lebih mudah dalam menentukan tekenan yang unik, berikut cara membuat tanda tangan sederhana namun tetap menarik dan mudah!

Baca Juga  Program Diskon Kartu Kredit Menjebak, Benarkah?

Cara Membuat Tanda Tangan yang Menarik

Ini 6 Tips Cara Membuat Tanda Tangan yang Menarik

1. Untuk yang Memiliki Nama Panjang 3 Kata atau Lebih

Sebelum mulai menentukan pola tanda tangan, hitung dulu jumlah namamu karena ini akan menentukan panjang tidaknya sebuah bentuk tanda tangan. Joseph Gordon Levitt merupakan nama dengan 3 kata dimana jika menggunakan nama lengkap tersebut, maka bentuk bentuk tekenan akan terlalu panjang. Jika kamu memiliki nama dengan susunan 3 kata atau bahkan lebih, maka kamu bisa mempersingkat dengan menggunakan inisial. Seperti misalnya pada contoh nama Joseph Gordon Levitt bisa disingkat dengan signature inisial JGL agar unik dan menarik.

2. Tanda Tangan Nama Panggilan

Beberapa orang memiliki nama lengkap yang panjang. Namun sepanjang hidupnya, orang itu memiliki panggilan 1 nama sehingga menggunakan nama tersebut sebagai bentuk tekenan. Kamu bisa menggunakan prinsip ini dalam menentukan tekenan, terutama jika kamu merasa nama panggilanmu memiliki aura yang kuat. Kamu bisa mencontoh tanda tangan Celine Dion yang hanya menggunakan kata Celine sebagai bentuk tekenannya.

3. Singkatan Gabungan 2 Nama

Cara membuat tanda tangan yang menarik adalah dengan menggabungkan 2 nama depan-belakang sebagai 1 singkatan kata. Konsep ini bisa kamu ambil dalam menentukan ide signature unik. Contoh yang bisa kita tiru adalah Nicholas Saputra, atau kerap disebut Nicsap oleh netizen dunia maya. Kamu bisa menggunakan singkatan nama Nicsap sebagai inspirasi untuk membuat tekenanmu sendiri. Misalnya jika kamu memiliki nama Abdurrahman Saleh, maka bisa menggunakan singkatan Absa sebagai signature. Kalau saya lebih singkat lagi, biar bisa mirip logo, AP.

4. Capitalize atau non-capitalize

Capitalize adalah sebuah format yang menggunakan huruf kapital pada setiap awalan huruf. Sedangkan non-capitalize sendiri merupakan kebalikan dari Capitalize. Nah, kalau kamu menggunakan 2 kata sebagai tanda tangan, maka bisa menggunakan salah satu dari dua format tersebut. Misalnya menggunakan signature Jack Sparrow untuk format Capitalize atau jack sparrow untuk versi non-capitalize. Perlu diingat bahwa format ini akan terlihat indah jika kamu memiliki nama dengan 2 kata. Lebih dari itu, sebaiknya gunakan singkatan inisial full huruf besar semua saja!

Baca Juga  5 Jasa Ekspedisi Pengiriman Terbaik di Indonesia

5. Perhatikan Ukuran Tanda Tangan

Terkadang kita berpikir bahwa bentuk tekenan bagus adalah bentuk tekenan yang panjang, memiliki simbol simbol seperti Love atau Bintang, atau bahkan bentuk tekenan itu sendiri menyerupai bentuk tertentu. Sah-sah saja sebenarnya kalau kamu berpikir demikian.

Tapi jangan lupa bahwa kita hidup di Indonesia dimana birokrasi kita sangat kaku. Terkadang formulir yang mengharuskan pengisian signature memiliki ukuran kolom yang kecil sehingga tidak bisa menampung seluruh bentuk tanda tangan kita. Jadi kalau menurut saya, pikir-pikir lagi ya kalau ingin menambahkan variasi bentuk atau emoji pada tanda tangan karena bisa membuat ukuran tekenan kita nanti semakin panjang atau lebar!

6. Format Menulis Halus

Sudah bukan rahasia umum lagi kalau hampir semua signature memiliki format ‘menulis halus’. Menulis halus adalah teknik menulis tegak bersambung, di mana menghasilkan sambungan setiap huruf. Tidak tahu siapa yang pertama kali mencetuskan format ini sebagai penulisan tanda tangan. Namun ternyata format ini juga diakui di dunia internasional sebagai bentuk penulisan tanda tangan.

Itulah 6 tips dan cara membuat tanda tangan yang menarik yang bisa kamu coba dan praktekkan berulang kali hingga memiliki bentuk yang sempurna!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!