Raih Keikhlasan Dengan Berbagi Melalui OVO | Invest

Raih Keikhlasan Dengan Berbagi Melalui OVO | Invest

Tak bisa dipungkiri bagi saya pribadi. Ketika aral dan hambatan singgah di hidup saya seakan tak pernah berkurang, pasokan kesabaran dalam diri pun mau tak mau kian menipis.

Tambahan pandemi virus Covid-19 melanda manusia di tiap sudut bumi ini yang tak kunjung usai juga menuai rasa bosan yang sudah dipenuhi dengan amarah kian menyudutkan diri dalam menjalani kehidupan.

Tetapi saya pribadi tak mau larut dengan hanya memikirkan hal-hal negatif dan menjadi toxic bagi saya. Mumpung di bulan Ramadhan tahun 2021 ini saya seharusnya bisa belajar ikhlas dan sabar dalam menjalani hari-hari dalam kehidupan.

Tentunya dengan segala cara menjalaninya sambil berusaha terus untuk menjadi orang yang sabar dan ikhlas, dengan memperbaiki cara pandang, melakukan relaksasi pikiran, dan paling penting selalu berdoa kepada ALLAH SWT.

Sabar tentu bisa dilakukan meski perlu melatih diri sendiri dengan ragam cara yang dianggap sesuai dan mampu memupuk kebaikan.

Membiasakan keikhlasan dengan berbagi

OVO | Invest Andrew Pradana

Supaya hati selalu dalam kondisi ikhlas walau di saat menjalankan ibadah sehari-hari, di saat menentang ujian hidup, ataupun saat memperoleh beragam kesenangan tentu perlu suatu trik dalam menjalaninya.

Perbuatan ikhlas dibarengi dengan niat tulus kepada Allah SWT, merupakan ketentuan dan dasar dari semua amal ibadah yang kita lakukan. Setiap amal yang dijalani dengan ikhlas tentunya akan memperoleh ridha dan balasan baik dari Allah SWT yang mana juga memiliki dampak baik bagi pribadi dan lingkungan sosial kita.

Seperti yang pernah dikatakan oleh Ustaz Abdullah Gymnastiar, “Meraih keikhlasan tentu tidak mudah, tapi kita harus berlatih, sebab tanpa ikhlas kita tidak akan memperoleh pahala ibadah dan ketenangan.”

Apalagi kehidupan ini tak hanya tentang cara kita jalaninya, dan yang pasti karena kita hidup juga tak sendiri. Kita tak akan bisa meraih kebahagiaan jika hanya memikirkan perut masing-masing. Dengan berbagi kebahagiaan dan ragam cerita perjalanan, itu yang nantinya akan menciptakan sebuah hidup yang lebih memiliki makna.

Dari keadaan tersebut kita bisa melihat sesuatu secara lebih luas. Semakin matang kita, semakin kita memahami bagaimana lemahnya kita tanpa adanya bantuan dari orang lain, baik keluarga, sahabat, teman, sahabat ataupun orang lainnya.

Sebagai inspirasi dalam mendapatkan keikhlasan tak jauh-jauh yaitu dari ibu saya sendiri. Ibu yang membesarkan saya dan adik-adik sendirian benar-benar paham memberikan contoh baik buat kami anak-anaknya. Ibu paling senang berbagi. Sebab, berbagi membuat ibu bahagia. Meski yang ia miliki tak banyak, ia selalu merasa tercukupi.

Ibu pernah mengatakan jika kita ikhlas kita akan tenang dan tenteram. Dengan berbagi, kita tidak akan merugi atau kekurangan. Malahan sebaliknya dengan kita berbagi harta, inshaallah rezeki yang kita dapat akan bertambah.

Hal-hal seperti inilah yang menjadi motivasi buat saya untuk lebih ikhlas walaupun terkadang ada saat-saat sulit untuk berbagi. Saat-saat di mana saya merasa ga enak hati harus memberikan sebagian rezeki saya pada orang-orang yang lebih membutuhkan.

Kesulitan ini pada akhirnya kian memudar saat ibu bercerita bagaimana pengalaman hidupnya kala berpisah dengan bapak. Menurut ibu, berbagi terhadap sesama tak akan membuat kita kekurangan. Melalukan perbuatan baik kepada orang lain akan membuat diri semakin dipercaya oleh sesama.

Cerita ibu ini membuat saya terus berusaha untuk menerapkan berbagai hal positif ini dalam kehidupan. Semenjak mulai bekerja dan mendapatkan penghasilan sendiri, saya terus mengupayakan untuk bisa berbagi dengan ikhlas. Membantu tulang punggung keluarga satu-satunya saat itu Ibu. Melanjutkan kuliah pun saya selalu usahakan dengan penghasilan sendiri. Jadi ibu bisa fokus dalam membesarkan keempat adik saya.

Meskipun penghasilan yang saya dapatkan kecil, itu tidak mengurangi niat saya untuk membantu keluarga. Berusaha mencari berbagai penghasilan tambahan, mengurangi beban utang, menabung, memiliki dana darurat, bijak menggunakan uang hingga baru-baru ini mencoba berinvestasi.

Berbagi dengan melakukan investasi OVO | Invest

Menggunakan OVO | Invest

Ada banyak alasan sebenarnya kenapa kita harus berinvestasi sejak dini agar bisa mempersiapkan ragam kebutuhan yang terencana ataupun yang tak terencana di masa depan nanti. Bisa saja dalam bentuk dana kesehatan, pendidikan, ataupun dana pensiun. Investasi juga mampu menjadi cara yang menarik mengingat kapasitas keuntungannya lebih baik jika dibandingkan dengan tabungan biasa.

Terinspirasi membantu dan berbagi pada orang tua, saya mencoba belajar investasi. Ini langkah awal untuk mewujudkan tujuan (semisal untuk traveling), mencapai kebebasan finansial, mempersiapkan masa tua yang tenang dan pastinya menjadi sumber penghasilan tambahan di mana bisa membantu saya untuk berbagi nantinya.

Pilihan awal saya saat ini adalah OVO | Invest. Sebuah layanan yang merupakan bagian dari fitur investasi reksa dana dari OVO yang telah diluncurkan sejak pertengahan Januari 2021 lalu. Pastinya nama OVO sendiri sudah tak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia. OVO merupakan sebuah aplikasi pintar di mana memberikan saya fasilitas untuk melakukan pembayaran dan transaksi secara daring. Biasanya orang juga mengenal OVO sebagai E-Money.

Kembali ke OVO | Invest. Layanan ini adalah bentuk kerja sama antara OVO dengan Bareksa, yang mana merupakan salah satu perintis marketplace reksadana online di tanah air. Bersama dengan Bareksa, OVO menghadirkan produk reksadana pasar uang yang dikelola oleh Manulife Aset Manajemen Indonesia, bernama Manulife OVO Bareksa Likuid atau MOBLI. Bisa dikatakan ini adalah terobosan terbaru di Indonesia yaitu dengan mengintegrasikan e-money dan e-investment.

Investasi jenis reksa dana ini pas sekali untuk saya yang baru mengenal investasi. Apalagi risikonya relatif rendah. Sebaliknya, reksa dana pasar uang ini memiliki potensi keuntungan 4 hingga 6 persen per tahun, lebih baik dan tinggi jika dibandingkan dengan mengelola tabungan konvensional yang biasanya hanya memiliki nilai 2 persen per tahun.

FYI, potensi keuntungan reksa dana melalui OVO | Invest ini sudah bersih. Jadi ga ada lagi istilah pemotongan pajak dan biaya administrasi bulanan. Pencairan dana pun lebih simple dan instant. Ga perlu waktu lama, pencairan akan langsung diproses dan masuk ke saldo OVO Cash pada saat itu juga.

Menariknya untuk memulai investasi melalui OVO | Invest ini tak harus bermodal besar. Saya bisa gunakan minimal uang saya Rp 10.000 saja, dan saya sudah bisa start investasi demi tujuan saya tadi. Syaratnya juga sederhana, daftar dan memiliki akun OVO Premier dulu plus sudah memiliki aplikasi OVO versi terbaru. Inshallah aman menggunakan OVO | Invest karena sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK.

Keunggulan OVO | Invest

  • Proses pendaftaran mudah dan 100% online dalam aplikasi OVO
  • Pembelian produk yang mudah dengan OVO Cash Memulai investasi dengan hanya Rp 10.000 saja
  • Bebas biaya pembelian
  • Pencairan dana ke OVO Cash yang cepat, tanpa menunggu juga tanpa biaya admin
  • Mendapatkan potensi keuntungan dari return investasi
  • Portofolio investasi dapat dipantau dan diatur kapan saja dalam aplikasi OVO

Daftar dan Beli Reksa Dana OVO | Invest

Untuk melakukan pendaftaran cukup sederhana dan hanya beberapa aksi saja.

1. Pastikan terlebih dahulu akun OVO kamu sudah OVO Premier atau belum. Selanjutnya, teman-teman wajib melakukan pendaftaran via menu Invest di halaman utama untuk mulai berinvestasi. Nantinya akan tampil halaman OVO | Invest, baca secara detail lalu pilih Mulai Sekarang. Jika sudah akan tampil halaman “Syarat dan Ketentuan”. Baca baik-baik, jika sudah mengerti checklist pilihan “saya telah membaca, memahami dan menyetujui isi dari Syarat dan Ketentuan ini” pilih Lanjutkan

Cara daftar dan beli reksa dana menggunakan OVO | Invest

2. Selanjutnya teman-teman bisa mengisi profil risiko, sesuaikan dengan kebutuhan. Jangan lupa pilih Reksa Dana dan lalu pilih Lanjutkan. Jika sudah, selanjutnya tampil halaman Isi data diri. Isi dengan baik, jika sudah Kirim. Nantinya akun kita diverifikasi terlebih dahulu selama 1×24 jam

Cara daftar dan beli reksa dana menggunakan OVO | Invest

3. Jika sudah selesai verifikasi biasanya akan mendapatkan notifikasi berhasil. Langkah selanjutnya masukkan akun bank milik teman-teman.

Cara daftar dan beli reksa dana menggunakan OVO | Invest

4. Jika sudah pada halaman utama OVO | Invest, lalu pilih Beli untuk memulai investasi, pilih Manulife OVO Bareksa Likuid, baca Ketentuan dan jika sudah pilih Oke, Siap. Selanjutnya teman-teman bisa memasukkan nominal investasi yang diinginkan dan pilih Lanjutkan.

Cara daftar dan beli reksa dana menggunakan OVO | Invest

5. Lanjutkan dengan konfirmasi lalu pilih Setuju lalu Bayar. Jika berhasil, teman-teman harus menunggu unit selesai diverifikasi. Biasanya waktu yang dibutuhkan 1 – 2 hari.

Cara daftar dan beli reksa dana menggunakan OVO | Invest

Jual Reksa Dana OVO | Invest

Ada beli tentu ada jual juga. Cara menjual atau redeem reksa dana yang kita miliki pun cukup mudah, di mana bisa dicairkan langsung ke OVO Cash.

1. Masuk ke halaman utama OVO, lalu masuk ke menu Invest. Selanjutnya ke menu Jual, dan lalu pilih investasi yang akan kita jual. Masukkan besaran nominal yang ingin dicairkan

Cara jual reksadana OVO | Invest

2. Jika sudah yakin dengan besaran lalu pilih Konfirmasi pencairan dan pastikan tujuan pencairan. Terakhir tinggal masukin security code yang bisa kita gunakan untuk OVO, dan secara instan pencairan masuk ke OVO Cash.

Cara jual reksadana OVO | Invest

Well bagaimana.. Ada yang mau ikut cara saya #RaihIkhlas dengan berbagi melalui investasi OVO | Invest. Biar #GercepBiarMantep yuk investasi sekarang juga! Apalagi OVO | Invest sekarang sedang banyak promo-promo mulai tanggal 25 April hingga 8 Mei 2021 dalam bentuk cashback sampai 200.000 OVO Points. Baca info lengkapnya melalui link ini atau kamu bisa pantau media sosial OVO | Invest atau aplikasi OVO mu. Buruan !

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *