Tips Membaca dan Memahami Polis Asuransi Jiwa Anda

Polis Asuransi Jiwa AXA Mandiri

Polis asuransi jiwa menjadi sesuatu yang sangat penting dan tidak bisa dianggap enteng. Begitu juga ketika Anda menjadi peserta program asuransi AXA Mandiri, sebaiknya baca dan pahami lebih dulu polisnya. Kurang pahamnya nasabah atas polis asuransi jiwa yang diikutinya bisa menjadi masalah suatu saat nanti.

Banyak nasabah merasa dirugikan karena tidak memahami polis asuransinya. Setiap orang yang menjadi peserta program asuransi pastinya akan mendapatkan polis. Mungkin istilah polis asuransi telah sering kita dengar namun apakah sebenarnya yang dimaksud dengan polis ini?

Pengertian Polis Asuransi Jiwa

Polis Asuransi Jiwa AXA Mandiri

Memahami polis asuransi jiwa

Asuransi jiwa merupakan sebuah program perlindungan yang diberikan oleh penanggung kepada tertanggung dalam bentuk tertentu. Bentuk dari perlindungan tersebut yaitu berupa pengalihan risiko ekonomi yang mungkin terjadi pada seseorang yang dipertanggungkan. Risiko ekonomi yang dimaksud misalnya hilangnya pekerjaan karena cacat akibat kecelakaan.

Sementara itu, polis asuransi jiwa adalah kontrak perjanjian tertulis yang berisi tentang penjelasan semua hak dan kewajiban antara tertanggung dan pihak penangguh. Perjanjian tersebut dibuat antara 2 pihak antara tertanggung yaitu nasabah dan penanggung yaitu perusahaan asuransi.

Polis asuransi bersifat mengikat kedua belah pihak tersebut dan menjadi bukti tertulis yang sah menurut hukum. Di dalam polis tersebut mengandung tanggung jawab yang telah disepakati kedua belah sejak awal.

Data-data dalam polis asuransi ini juga dapat diubah. Tentang bagaimana cara mengubah polis AXA Mandiri sudah sempat dibahas di blog ini pada postingan beberapa waktu yang lalu. Jadi, jika sobat pengen tau, langsung cari saja postingan di blog ini yang membahas tentang tata cara perubahan polis.

Hal yang Tercakup dalam Polis Asuransi

polis asuransi AXA Mandiri

Beberapa hal yang tercakup

Sebagai sebuah bentuk perjanjian tertulis yang disepakati dan mengikat tertanggung dan penanggung semestinya polis asuransi mencakup hal-hal penting. Polis asuransi jiwa yang benar terdiri dari :

  • Lembar pertanggungan
  • Syarat umum pada polis asuransi jiwa
  • Ketentuan khusus yang berlaku pada asuransi jiwa
  • Copy dari surat permintaan menjadi peserta asuransi jiwa

Tips Membaca dan Memahami Polis Asuransi Jiwa

Ketidakpahaman atas semua yang menjadi poin penting dalam polis asuransi jiwa berpotensi mendatangkan masalah suatu hari nanti. Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan kemudian hari bacalah polis asuransi hingga benar-benar paham dan mengerti. Inilah tips agar bisa memahami isi polis asuransi dalam waktu singkat.

  1. Tidak Perlu Dibaca Semuanya

Anda memang harus membaca lebih dulu apa yang tertulis di dalam polis namun tidak perlu semuanya. Membaca tulisan yang terlalu banyak dalam waktu singkat hanya akan membuat Anda pusing dan bingung. Apalagi umumnya polis asuransi ditulis menggunakan bahasa yang cukup rumit dan tidak lugas. Cukup fokuskan saja kepada bagian penting dalam polis asuransi tersebut dan baca sekilas hal yang kurang penting. Jangan menghabiskan waktu hanya untuk membaca polis namun tidak memahami esensinya.

  1. Baca Bagian Data Polis

Salah satu bagian yang harus dibaca dengan benar dan teliti adalah data polis asuransi. Data tersebut mencakup tentang pemegang polis, jumlah premi, siapa tertanggungnya, nama orang yang akan menjadi ahli warisnya serta jumlah uang pertanggungan.

  1. Baca pada Bab Ketentuan Khusus Polis

Bagian lain yang tidak boleh dilewatkan adalah bab mengenai ketentuan khusus. Pahami risiko apa saja yang tidak akan ditanggung dan dijamin oleh asuransi tersebut. Ini bertujuan untuk membuat Anda memahami sejauh mana nantinya asuransi akan memberikan perlindungannya.

  1. Baca pada Bagian Pembiayaan

Terakhir, jangan lupa untuk membaca dengan hati-hati pada bagian pembiayaan. Pada bagian ini akan dijelaskan tentang pembagian premi apakah asuransi murni atau investasi. Jika investasi termasuk seberapa besar persentasenya.

Fungsi Polis Asuransi Jiwa Bagi Nasabah

Sebagai pemegang predikat nomor 1 merk asuransi global, AXA Indonesia memberikan polis yang memiliki fungsi optimal bagi nasabah. Adapun fungsi polis asuransi bagi nasabah antara lain yaitu :

  1. Alat bukti dan perjanjian tertulis yang sah sebagai jaminan ketika terjadi kerugian ataupun risiko yang terjadi pada tertanggung.
  2. Merupakan alat bukti atas pembayaran premi oleh tertanggung yang diberikan oleh penanggung.
  3. Sebagai alat untuk menuntut tanggung jawab kepada penanggung yaitu pihak asuransi jika suatu hari lalai atau tidak memenuhi perjanjian yang tertulis di polis.

Pentingnya membaca dan memahami polis asuransi jiwa akan menghindarkan nasabah dari kerugian yang tidak diinginkan. Dengan begitu manfaat maksimal dari asuransi jiwa bisa diambil dan dirasakan secara nyata.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *