Lompat ke konten

Untung Rugi Investasi Apartemen yang Perlu Anda Ketahui

  • Finansial & Bisnis
  • 5 min read
Untung rugi investasi apartemen

Apartemen merupakan salah satu instrumen investasi yang paling banyak diminati. Selain karena lokasinya yang strategis, unit apartemen juga cenderung lebih mudah disewakan dibandingkan dengan rumah tapak. Apalagi kebanyakan apartemen sudah dilengkapi berbagai fasilitas, sehingga sangat nyaman untuk ditempati.

Keunggulan utama dari apartemen adalah lokasinya yang diperhitungkan. Biasanya apartemen dibangun di pusat ibu kota yang dekat dari berbagai fasilitas, seperti akses tol,

Namun dalam berinvestasi, termasuk investasi apartemen, tentunya terdapat potensi untung rugi yang perlu diperhatikan. Jika Anda berencana untuk investasi apartemen, penting bagi Anda untuk mempertimbangkan keuntungan maupun kerugiannya. Artikel ini akan mencoba untuk mengulas untung rugi investasi apartemen yang bisa Anda pertimbangkan sebelum memutuskan untuk membelinya. Simak ya!

Keuntungan Investasi Apartemen

Ketika memutuskan untuk investasi apartemen, Anda akan mendapatkan beberapa keuntungan berikut :

1. Berpotensi Menjadi Pendapatan Pasif

Keuntungan utama dari investasi apartemen adalah mendapatkan pendapatan pasif. Ketika memegang kepemilikan unit, Anda dapat menyewakannya secara bulanan maupun tahunan kepada penyewa, sehingga Anda bisa mendapatkan pemasukan tanpa harus bekerja. Apalagi jika permintaan sewa sedang tinggi, tentunya Anda bisa mendapatkan pendapatan pasif yang konsisten.

Dalam menyewakan apartemen, Anda memiliki kontrol penuh terhadap harga sewa yang akan ditetapkan. Anda dapat melakukan riset pasar untuk menentukan harga sewa yang kompetitif, yang tidak hanya memungkinkan Anda untuk menghasilkan pendapatan yang layak, tetapi juga menarik minat calon penyewa. Dengan memanfaatkan permintaan yang tinggi di pasar properti, Anda dapat memaksimalkan potensi pendapatan pasif dari investasi apartemen.

Baca Juga  6 Ide Bisnis Menambah Cuan untuk Ibu Rumah Tangga

2. Harga Sewa dan Jual Terus Naik

Keuntungan selanjutnya yang bisa Anda dapatkan adalah harga sewa unit yang terus mengalami peningkatan setiap tahunnya. Hal ini dikarenakan semakin banyak orang yang membutuhkan hunian dengan harga terjangkau di pusat kota. Kenaikan harga sewa tentunya akan menjadi keuntungan tersendiri bagi Anda.

Selain harga sewanya yang naik, harga jual apartemen mengalami kenaikan setiap tahunnya. Perkiraan kenaikan harga apartemen bisa mencapai 8-10% setiap tahun. Dengan potensi tersebut menjadikan apartemen cocok untuk investasi jangka panjang.

3. Permintaan Sewa Tinggi

Keuntungan investasi apartemen selanjutnya adalah permintaan sewa yang tinggi. Saat ini, apartemen menjadi hunian yang banyak diminati oleh berbagai kalangan, baik para profesional, mahasiswa, maupun pasangan yang baru menikah.

Apartemen sangat diminati karena lokasinya yang strategis di tengah kota, sehingga memudahkan para penyewa untuk menjangkau berbagai tempat penting di sekitar apartemen. Misalnya, jika Anda memiliki unit Apartemen Cikarang yang dekat dari perkantoran dan universitas, potensi penyewa tentunya akan semakin tinggi. 

Permintaan sewa apartemen yang tinggi juga disebabkan oleh harga sewanya yang terjangkau dibandingkan dengan menyewa rumah tapak. Bagi para perantau, tinggal di apartemen biasanya menjadi opsi utama bagi siapapun yang menginginkan hunian nyaman. Dengan keunggulan tersebut, tentunya akan menjadi potensi investasi yang menjanjikan bagi para pemilik unit.

4. Menjadi Tren Hunian

Saat ini apartemen telah menjadi tren hunian. Hal ini dikarenakan banyak masyarakat yang dituntut untuk memiliki mobilisasi yang cepat, sehingga membutuhkan tempat tinggal yang strategis dan nyaman. Selain itu, banyak orang yang memutuskan untuk tinggal di apartemen karena suasananya yang menyenangkan dengan jendela yang langsung menghadap ke pemandangan langit dan perkotaan.

Apartemen juga menjadi pilihan hunian bagi anak muda yang membutuhkan tempat tinggal dengan fasilitas lengkap. Biasanya apartemen menyediakan fasilitas seperti kolam renang, jogging track, fasilitas gym, restoran, laundry, dan fasilitas pendukung lainnya. Hal ini tentunya menjadi keunggulan tersendiri untuk investasi apartemen.

Baca Juga  Mengenal Pengertian Klaim Asuransi dan Tahapannya di AXA Mandiri

Kekurangan Investasi Apartemen

untung rugi investasi apartemen
Image by: @paralitik00 on @unsplash

Selain memiliki banyak sekali keuntungan, investasi apartemen juga memiliki beberapa kekurangan yang perlu Anda pertimbangkan.

1. Resiko Penyewa

Resiko dari investasi apartemen adalah mengandalkan pendapatan dari penyewa. Anda harus mengantisipasi penyewa agar tidak terlambat dalam melakukan pembayaran. Selain masalah pembayaran, Anda juga harus berhati-hati dengan penyewa yang merusak properti agar tidak mengalami kerugian. Untuk itu, sebelum menyewakan apartemen milik Anda, pastikan apartemen dalam kondisi terbaik dan komunikasikan penyewa untuk menjaga properti yang ada di apartemen.

2. Banyak Biaya di Awal

Selain memiliki resiko dari penyewa, investasi apartemen juga memakan banyak biaya di awal. Anda harus mempersiapkan dana yang cukup untuk membeli properti untuk apartemen, biaya pemeliharaan, hingga biaya manajemen. Jika dibutuhkan, Anda juga perlu menyiapkan biaya pemasaran untuk menarik penyewa apartemen yang potensial.

Untuk itu, sebelum memutuskan untuk investasi apartemen, pastikan Anda memiliki perencanaan keuangan yang matang serta memilih unit yang tepat agar nantinya bisa mendapatkan keuntungan sesuai yang diinginkan.

3. Ketergantungan Pasar Properti

Resiko lainnya dari investasi apartemen adalah kondisinya yang mengikuti dengan kondisi pasar properti. Terkadang pasar properti mengalami penurunan, terutama penurunan jumlah permintaan sewa unit. Maka dari itu, perlu untuk memiliki strategi dalam memasarkan unit apartemen untuk menarik target penyewa. Selain itu, Anda juga harus mengikuti perkembangan pasar properti untuk menghadapi tantangan tersebut.

Itulah beberapa untung rugi investasi apartemen yang perlu Anda ketahui. Sebelum membeli unit, lakukan riset secara mendalam terkait dengan lokasi, potensi pasar, serta tren investasi properti. Hal tersebut tentunya akan sangat bermanfaat agar Anda bisa memaksimalkan keuntungan dari investasi apartemen.

Selain itu, jangan lupa juga untuk memastikan kesiapan finansial untuk mempersiapkan biaya perawatan, biaya manajemen, serta biaya tambahan lainnya yang tidak terduga. Hal ini bertujuan agar Anda memiliki rencana keuangan yang matang untuk memaksimalkan keuntungan dari investasi apartemen.

Baca Juga  Mengapa Lebih Untung dengan Kredit Mobil Syariah? Ini Penjelasan Lengkapnya

Jika Anda tertarik untuk investasi apartemen, kunjung Jendela360 yang menyediakan ribuan unit apartemen berkualitas yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!