Lompat ke konten

Properti: Aset Terbaik dan Cara Belinya

  • Finansial & Bisnis
  • 9 min read
Properti Aset Terbaik dan Cara Belinya

Teman-teman sudah pasti sering mendengar bahwa properti adalah salah satu aset terbaik yang bisa seseorang miliki. Tapi, apakah Kamu tahu mengapa harta berupa tanah dan bangunan ini begitu penting bagi Kita? Apa saja manfaat yang bisa didapatkan dari properti? Dan bagaimana cara Kamu memiliki properti dengan mudah dan menguntungkan?

Jujur, saya sendiri masih bisa di katakan belum memiliki ini semua. Cuma dari seorang teman yang bercerita.. bagaimana harta berupa tanah dan bangunan ini menjadi suatu hal yang harus diperjuangkan. Properti adalah aset yang multifungsi di mana tidak hanya bisa Kita gunakan sebagai tempat tinggal, tetapi juga sebagai sumber investasi, penghasilan, usaha, dan perlindungan. Dengan memiliki properti, Kita bisa meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup yang dijalani. Ini juga membuat kita sebagai pemilik merasa lebih aman dan nyaman.

Bagi seseorang yang beranjak dewasa atau remaja, properti juga sangat berguna. Harta berupa tanah dan bangunan ini bisa menjadi modal awal untuk merencanakan masa depan. Kamu bisa memanfaatkan properti untuk berbagai keperluan, seperti melanjutkan sekolah, bekerja, berbisnis, atau menikah. Selain itu Kita juga bisa belajar banyak hal tentang keuangan, hukum, dan pasar dari properti.

Tentu saja, memiliki kekayaan dalam bentuk ini tidak semudah membalik telapak tangan. Properti memerlukan biaya yang besar, perawatan yang teratur, dan perizinan yang komplit. Properti juga bisa terkena risiko seperti bencana, pencurian, kerusakan, atau penurunan harga. Oleh karena itu, sebagai pemilik harus siap dengan segala persiapan sebelum membeli properti.

Pentingnya Properti bagi Seseorang

Properti adalah harta yang berupa tanah, bangunan, dan sarana serta prasarana yang tak terpisahkan dari tanah hak milik atau bangunan yang dimaksud. Menjadi penting bagi seseorang karena berkaitan dengan hak kepemilikan, nilai ekonomi, dan kesejahteraan. Berikut adalah beberapa alasan mengapa properti penting bagi seseorang:

  • Properti sebagai tempat tinggal. Berfungsi sebagai tempat tinggal yang nyaman, aman, dan sehat bagi seseorang dan keluarganya. Selain itu juga mencerminkan gaya hidup, selera, dan karakter seseorang. Memiliki harta dalam bentuk tanah dan bangunan sendiri juga memberikan rasa bangga dan prestise bagi pemiliknya.
  • Properti sebagai tempat usaha. Biasanya juga berfungsi sebagai tempat usaha yang produktif, efisien, dan menguntungkan bagi seseorang. Properti bisa digunakan untuk berbagai jenis usaha, seperti perdagangan, jasa, industri, pertanian, dan lain-lain. Selain itu juga bisa menjadi sumber pendapatan bagi seseorang, baik dari hasil usaha maupun dari sewa atau jual beli.
  • Properti sebagai investasi. Menurut cerita teman saya tersebut, properti juga berfungsi sebagai investasi yang menguntungkan bagi seseorang karena memiliki nilai yang cenderung selalu naik setiap waktu dengan adanya keterbatasan lahan dan permintaan yang tinggi. Selain itu properti juga bisa memberikan capital gain (keuntungan dari selisih harga jual dan beli) dan pendapatan pasif (dari sewa atau bunga). Properti juga bisa dijadikan sebagai jaminan atau agunan untuk mendapatkan pinjaman dari bank atau lembaga keuangan lainnya.
Baca Juga  Review Kesuksesan Ninja Xpress Menjadi Jasa Pengiriman Handal

Dampak Covid-19 pada Properti di Indonesia

Salah satu persiapan yang harus teman-teman lakukan adalah mengetahui kondisi pasar properti saat ini. Pasar properti sangat dipengaruhi oleh situasi ekonomi dan sosial di masyarakat. Salah satu situasi yang paling berpengaruh adalah pada saat pandemi Covid-19 yang melanda dunia beberapa tahun ke belakang.

Pandemi Covid-19 telah membuat pasar properti di Indonesia mengalami gejolak yang luar biasa. Sebelum pandemi, pasar properti tumbuh dengan baik dan stabil. Banyak orang yang tertarik untuk membeli atau menyewa properti. Sektor kekayanan dalam bentuk tanah dan bangunan ini juga menjadi salah satu kontributor terbesar bagi perekonomian dan lapangan kerja di Indonesia.

Namun, setelah pandemi datang, pasar properti jatuh secara drastis. Penjualan properti turun hingga 60 persen karena daya beli masyarakat menurun. Pembangunan properti terhenti karena adanya pembatasan sosial dan kesulitan bahan baku. Harga properti juga turun karena adanya over supply dan under demand.

Meski begitu, pasar properti mulai bangkit kembali pasca pandemi. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan transaksi properti pada kuartal kedua tahun 2021. Pemulihan ini dipicu oleh beberapa faktor, seperti vaksinasi Covid-19 yang semakin luas, stimulus pemerintah yang memberikan insentif pajak dan bunga rendah, serta perubahan selera masyarakat yang mencari properti yang lebih besar dan nyaman.

Ada juga peluang yang bisa dimanfaatkan oleh pelaku sektor properti. Beberapa peluang tersebut antara lain:

  • Adanya stimulus pemerintah berupa relaksasi pajak dan bunga KPR untuk mendorong pembelian properti.
  • Adanya perubahan kebutuhan konsumen terhadap properti yang lebih sesuai dengan gaya hidup baru di masa pandemi, seperti properti yang memiliki fasilitas kerja dari rumah (work from home), belajar dari rumah (study from home), atau berolahraga dari rumah (workout from home).
  • Adanya perkembangan teknologi digital yang memudahkan proses pemasaran, penjualan, dan pembayaran properti secara online.

Tips Investasi Properti Agar Tidak Rugi dan Tetap Cuan

Nah, jika teman-teman tertarik untuk memiliki properti di tengah kondisi pasar yang sedang pulih ini, menurut teman saya yang share ada beberapa tips dan trik yang bisa Kamu ikuti agar tidak rugi dan bisa untung. Berikut adalah tips dan triknya:

  • Tentukan tujuan Kamu dalam memiliki properti. Apakah Kamu ingin mendapatkan uang dari menyewakan properti yang dimiliki? Atau Kamu ingin mendapatkan untung dari menjual properti? Tujuan Kamu akan menentukan jenis, lokasi, harga, dan strategi properti yang dipilih.
  • Lakukan riset dan survei pasar. Sebelum membeli properti, Kita harus tahu bagaimana kondisi pasar saat ini dan perkiraannya di masa depan. Kamu harus mencari informasi tentang harga jual dan sewa properti di daerah yang diminati, potensi kenaikan harga di daerah tersebut, serta faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran properti.
  • Pilih lokasi yang strategis. Lokasi adalah faktor utama yang menentukan nilai dan prospek properti Kita. Pilihlah lokasi yang dekat dengan fasilitas umum seperti transportasi, pendidikan, kesehatan, perbelanjaan, hiburan, dll. Pilihlah juga lokasi yang memiliki akses yang mudah, aman, dan nyaman.
  • Hitung biaya dan keuntungan. Sebelum membeli properti, Kamu harus menghitung biaya dan keuntungan yang akan didapatkan dari properti yang dimiliki. Biaya yang harus Kita hitung antara lain harga beli, biaya perawatan, biaya administrasi, biaya pajak, dll. Keuntungan yang harus Kita hitung antara lain pendapatan sewa, kenaikan harga jual, dll. Pastinya harus memastikan bahwa keuntungan yang didapat lebih besar dari biaya yang kita keluarkan.
  • Sesuaikan dengan kondisi keuangan. Berapa besar dana yang Kita siapkan untuk berinvestasi properti? Berapa besar cicilan KPR yang Kita sanggup bayar setiap bulannya? Berapa besar biaya operasional dan perawatan properti yang ditanggung? Kondisi keuangan Kamu akan menentukan kemampuan dan kewajaran seseorang dalam berinvestasi properti.
  • Manfaatkan bantuan profesional. Memiliki properti membutuhkan pengetahuan dan keterampilan yang cukup. Jika Kamu merasa kurang yakin atau berpengalaman, teman-teman bisa memanfaatkan bantuan profesional seperti agen properti, konsultan keuangan, pengacara, notaris, dll. Mereka bisa membantu Kita dalam mencari, menilai, menegosiasikan, mengurus, dan menjual properti milik Kita.
  • Fasilitas yang memadai dan berkualitas. Fasilitas adalah faktor pendukung yang mempengaruhi nilai dan kenyamanan properti. Fasilitas bisa berupa listrik, air, telepon, internet, parkir, keamanan, kolam renang, taman, gym, dan lain-lain. Pastikan properti yang ingin dibeli memiliki fasilitas yang memadai dan berkualitas sesuai dengan standar dan kebutuhan yang kita inginkan.
  • Persetujuan KPR dan surat-surat properti. Jika Kamu menggunakan KPR untuk membeli properti, pastikan mendapatkan persetujuan dari bank atau lembaga keuangan lainnya. Pastikan juga Kamu memenuhi semua syarat dan ketentuan yang berlaku. Selain itu, pastikan juga surat-surat properti yang Kamu beli sudah lengkap dan sah secara hukum. Surat-surat properti bisa berupa sertifikat hak milik (SHM), sertifikat hak guna bangunan (HGB), sertifikat hak pakai (HP), IMB (izin mendirikan bangunan), PBB (pajak bumi dan bangunan), AJB (akta jual beli), dan lain-lain.
Baca Juga  Tips Membaca dan Memahami Polis Asuransi Jiwa Anda

Selain tips dan trik di atas, ada satu lagi hal yang bisa membantu Kita dalam memiliki properti dengan mudah dan menguntungkan. Yaitu menggunakan website Mortgage Calculator. Website ini yang beralamat di url https://www.mortgagecalculator.uk/ menyediakan kalkulator hipotek atau kredit rumah bagi Kamu yang ingin membeli properti.

Properti: Aset Terbaik dan Cara Belinya menggunakan Mortgage Calculator

Mortgage Calculator ini sangat lengkap dan mudah digunakan. Sebagai seseorang yang ingin memiliki properti bisa langsung memasukkan data-data seperti harga rumah, uang muka, suku bunga, durasi kredit, tanggal mulai kredit, pajak properti, asuransi rumah, dan biaya HOA (Homeowners Association). Kita juga bisa memilih jenis kredit yang diinginkan, baik itu fixed rate (bunga tetap) atau adjustable rate (bunga berubah).

Setelah memasukkan data-data tersebut, secara otomatis website ini akan menampilkan hasil perhitungan yang meliputi pembayaran bulanan total, pembayaran pokok dan bunga per bulan, saldo pokok per bulan, grafik saldo pokok dan bunga per tahun, serta tabel amortisasi yang menunjukkan rincian pembayaran per tahun dan per bulan.

Website ini juga memiliki fitur-fitur tambahan seperti pilihan mata uang (poundsterling atau euro), pilihan periode pembayaran (bulanan atau mingguan), pilihan kompensasi bunga (tahunan atau bulanan), pilihan format angka (desimal atau ribuan), serta pilihan tema warna (terang atau gelap).

How Fast Can You Pay Off Your Home Loan

Mortgage Calculator ini sangat bermanfaat bagi Kita yang ingin berinvestasi properti dengan menggunakan KPR. Kita bisa mengetahui berapa besar angsuran bulanan KPR yang harus dibayarkan, berapa lama durasi KPR yang harus Kita gunakan, dan berapa besar total biaya properti yang harus dikeluarkan.

Menurut saya yang paling menguntungkan, kita juga bisa melakukan simulasi untuk membandingkan berbagai skenario KPR yang berbeda dan menentukan mana yang paling sesuai dengan kondisi keuangan dan tujuan investasi.

Baca Juga  Tips Memilih Asuransi yang Tepat untuk Ibu Hamil

Meski menggunakan alamat dari negara Inggris, website ini juga memberikan informasi dan tips seputar properti dan KPR yang berguna bagi Kita. Kamu bisa membaca artikel-artikel menarik yang membahas tentang berbagai topik, seperti cara memilih properti yang tepat, cara mengajukan KPR, cara menghemat biaya properti, dan lain-lain. Jika kesulitan Kamu juga bisa mengajukan pertanyaan atau berkonsultasi dengan tim ahli properti dan KPR yang disediakan melalui website ini.

Kesimpulan yang saya dapat saat menggunakan Mortgage Calculator ini seperti:

  • Angsuran bulanan KPR berdasarkan harga properti, uang muka, suku bunga, dan tenor.
  • Simulasi perbandingan antara dua jenis KPR berbeda.
  • Simulasi perbandingan antara KPR bunga tetap dan bunga variabel.
  • Simulasi pengaruh pembayaran lebih (overpayment) terhadap sisa pokok dan durasi KPR.
  • Simulasi pengaruh kenaikan suku bunga terhadap angsuran bulanan KPR.

Sekian artikel yang saya buat tentang pentingnya properti bagi seseorang termasuk bagi remaja saat ini. Saya harap Kamu bisa mendapatkan informasi dan inspirasi yang berguna dari artikel ini. Jika teman-teman tertarik untuk memiliki properti dengan menggunakan kredit rumah, jangan lupa untuk mencoba website Mortgage Calculator https://www.mortgagecalculator.uk/ yang bisa membantu Kita dalam menghitung biaya dan keuntungan dari investasi yang kita lakukan. Jika teman-teman memiliki pertanyaan, saran, atau komentar, silakan tulis di kolom komentar di bawah ini. Jangan lupa juga untuk membagikan artikel ini dengan teman-teman lain yang mungkin membutuhkannya. Terima kasih dan sampai jumpa lagi! 😊

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!