Tips Membuat Landing Page yang Efektif untuk Penjualan

Tips Membuat Landing Page Domain .id

Untuk mendukung bisnis teman-teman ke ranah digital atau online, kini sudah hadir domain .id murah yang bisa dimanfaatkan untuk website. Domain tersebut juga bisa Kamu gunakan untuk pembuatan landing page.

Terlebih saat ini sudah tersedia penawaran beli domain .id murah yang bisa Kita manfaatkan. Dengan begitu, pembuatan landing page tidak perlu mengeluarkan biaya yang mahal.

Pentingnya Landing Page untuk Bisnis

Bagi teman-teman yang serius mengembangkan bisnis secara online, maka wajib untuk membuat sebuah landing page. Secara garis besar, landing page memiliki fungsi untuk pemasaran sekaligus promosi. Landing page sendiri merupakan sebuah halaman web statis. Tujuan pembuatannya yaitu untuk mendapatkan leads melalui aksi tertentu.

Ada beberapa alasan lain kenapa Landing Page sangat diperlukan dalam bisnis online. Berikut telah saya rangkum alasan-alasannya:

1.    Menyederhanakan Proses Pemasaran Online

Jika teman-teman menggunakan jenis homepage website reguler untuk pemasaran, maka hasilnya tidak akan optimal. Pasalnya jenis homepage tersebut bisa saja berantakan karena penuh dengan link, sidebar, hingga postingan-postingan.

Landing page adalah solusi dari permasalahan homepage website yang berantakan. Melalui landing page, pemasaran yang teman-teman lakukan akan jauh lebih optimal dan tidak membingungkan konsumen.

2.   Meningkatkan Respon Pengunjung

Setelah Kamu beli domain .id murah, maka buatlah langsung landing page jika tujuannya untuk bisnis. Pasalnya, halaman web statis ini mampu meningkatkan respon pengunjung website.

Platform untuk Membuat Landing Page

Tips Membuat Landing Page Domain .id

Single landing page bisa teman-teman buat dengan menggunakan beberapa platform. Berikut platform yang bisa Kamu pilih untuk membuatnya:

1.   Zyro Website Builder

Kamu suka platform yang gratisan namun powerful? Zyro Website Builder adalah solusinya. Platform ini bisa Kamu gunakan untuk membuat single landing page. Selain itu, platform ini tergolong mudah digunakan. Hasil landing page yang dibuat menggunakan software ini juga tergolong mulus. Selain itu, juga bisa menghasilkan banyak conversion rate.

Zyro juga menjadi platform yang sangat cocok sekali untuk pemula. Pasalnya, pada platform ini Kita bisa menggunakan template landing page. Dengan begitu, Kamu tidak perlu membuatnya dari nol. Template landing page yang tersedia di sini juga tergolong SEO friendly. Jadi, teman-teman tidak perlu khawatir terkait peringkat Kamu di SERPs.

Baca Juga  Program Diskon Kartu Kredit Menjebak, Benarkah?

2.   WordPress

Platform CMS (Content Management System) ini sudah dikenal dan sering digunakan oleh para developer. Sama seperti Zyro, WordPress mampu memudahkan proses pembuatan landing page yang Kamu butuhkan.

Baca juga: Tips Efektif Membangun User Generated Content

Cara membuat landing page di WordPress bisa Kamu proses langsung melalui dashboard. Proses pembuatannya pun tergolong mudah.

Tips Membuat Landing Page yang Efektif

Meski mudah, namun ada beberapa aspek penting yang perlu diperhatikan agar landing page yang Kamu buat efektif untuk penjualan. Berikut aspek-aspek yang saya maksud tersebut:

1.   Menentukan Goals

Pertama-tama, tentukan terlebih dahulu tujuan utama pembuatannya. Silahkan Kamu uraikan CTA (call to action) ke dalam beberapa bentuk, seperti formulir, isian survei, dan sebagainya.

2.   Desain Landing Page Semenarik Mungkin

Desain menjadi salah satu elemen penting yang juga harus Kamu perhatikan. Buatlah desain yang menarik untuk landing page yang akan teman-teman buat. Ikuti tren desain seperti apa yang saat ini sedang populer.

Saat ini, tren desain datar dan juga minimalis menjadi tipe desain yang cocok untuk landing page. Hindari penggunaan gradient yang berlebihan dan juga drop shadows karena sudah ketinggalan zaman.

Baca juga: 4 Tool SEO Terbaik Untuk Pemula Yang Bisa Kamu Gunakan

Di lain sisi, landing page yang simpel juga memiliki waktu loading yang relatif cepat. Dengan begitu, calon customer akan mudah mengakses halaman web statis yang Kamu buat tersebut.

3.   Buat Landing Page yang Rapi

Pastikan juga halaman web statis Kamu ini memiliki tampilan yang rapi. Karena jika landing page teman-teman terlihat berantakan, maka akan menjatuhkan konversi bisnis Kamu.

Baca Juga  5 Jasa Ekspedisi Pengiriman Terbaik di Indonesia

Setelah selesai mendesain, cek menggunakan desktop maupun mobile device. Pastikan landing page Kamu rapi untuk kedua device tersebut.

4.   Menggunakan Heading yang Menarik

Heading menjadi salah satu elemen penting di dalam sebuah landing page. Buatlah headline yang menarik setiap pengunjung. Headline inilah yang bisa membuat pengunjung tertarik untuk membeli produk atau menggunakan jasa Kamu.

5.   Mengaitkan Landing Page dengan Iklan

Iklan merupakan suatu upaya yang dapat meningkatkan potensi penjualan. Selain itu, iklan juga bisa meningkatkan jumlah visitors ke halaman website teman-teman.

Maka dari itu, buatlah suatu iklan yang menarik. Kemudian arahkan audiens yang melihat iklan Kamu menuju landing page untuk menciptakan prospek penjualan.

6.   Gunakan Analytics Tracking

Setelah membuat landing page, bukan berarti tugas teman-teman sudah selesai. Selanjutnya Kamu harus menambahkan analytics tracking. Fitur ini berfungsi untuk menganalisis performa landing page.

Kamu bisa menggunakan data dari fitur tersebut untuk mengetahui siapa saja yang mengunjungi website teman-teman. Selain itu, tool ini juga bisa digunakan untuk mengetahui bagaimana karakteristik visitor.

Baca juga: Menelusuri Jejak Wisata Sejarah Melayu Riau di Istana Sayap Pelalawan

Nantinya data tersebut bisa Anda gunakan untuk meningkatkan performa landing page yang sudah dibuat.

7.   Gunakan Konten Visual yang Menarik

Landing page akan jauh lebih menarik jika Kamu menambahkan gambar di dalamnya. Gambar merupakan konten visual yang bisa membuat landing page menjadi lebih efektif untuk penjualan.

Konten visual juga tidak sebatas gambar saja. Konten tersebut juga meliputi sebuah video. Namun pastikan teman-teman perhatikan ukurannya agar tidak terlalu besar.

8.   Sertakan Testimoni Pada Landing Page

Baca Juga  Tips Sukses Berbisnis Online di Tahun 2019

Untuk menguatkan keyakinan calon pembeli, masukkanlah bukti sosial atau testimoni dari pelanggan Kamu. Testimoni ini akan membantu meyakinkan calon pembeli terhadap produk atau jasa yang Kamu tawarkan.

Testimoni adalah bukti dari pelanggan Kamu yang sudah membeli produk atau menggunakan jasa teman-teman. Testimoni ini nantinya akan menghilangkan keraguan calon pembeli.

Keuntungan Memiliki Landing Page

Ada banyak manfaat dan keuntungan yang bisa Kamu dapatkan dari sebuah landing page. Berikut saya jelaskan apa saja keuntungan-keuntungannya:

1.   Meningkatkan Penjualan

Halaman web statis ini sudah banyak digunakan oleh para pelaku usaha online untuk menjaring banyak konsumen. Banyak internet marketer yang sudah mencicipi manisnya penjualan hanya dengan menggunakan landing page.

2.   Cara Mudah Mendapatkan Calon Pembeli

Di dalam landing page, Kamu bisa menambahkan fitur untuk memasukkan email. Tujuannya agar calon pembeli bisa mendapatkan potongan harga.

Setelah berhasil mendapatkan email, maka Kamu akan mudah untuk mempromosikan produk kepada mereka.

3.   Satu Langkah Lebih Maju dari Kompetitor  

Hadirnya landing page pada bisnis teman-teman akan berdampak bagus pada penjualan. Salah satunya yaitu meminimalisir kemungkinan calon customer beralih ke kompetitor Kamu.

Landing page akan memfokuskan customer pada produk atau jasa yang Anda tawarkan. Hal ini berbeda dari marketplace di mana banyak sekali pesaing yang memungkinkan calon pembeli pindah ke tempat lain.

4.   Bebas Melakukan Promosi

Selain untuk penjualan, halaman web statis ini juga bisa difungsikan sebagai media untuk promosi. Landing page bisa menjadi pasar Kamu sendiri. Dengan begitu, Kamu bebas berpromosi sesuka hati tanpa diatur oleh sebuah aturan.

Baca juga: Pemanfaatan Asisten Virtual dalam Pembuatan Konten Travel Blog

Teman-teman sudah punya domain murah untuk bisnis? Sebaiknya buatlah halaman web statis untuk landing page sekarang juga. Kemudian, optimasi dengan cara-cara yang sudah saya paparkan di atas. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *