Lompat ke konten

Resep Cumi Crispy Kemangi Dengan Kobe Tepung Serbaguna Premium

  • Life Style
  • 4 min read
cumi crispy kemangi

Cumi crispy bisa diolah menjadi berbagai masakan yang enak. Namun jika kamu ingin masak cumi lebih praktis, maka bisa buat cumi crispy kemangi. Menu masakan satu ini bisa jadi andalan untuk kamu yang ingin memasak cumi tapi caranya simpel dan juga cepat banget.

Adapun menu cumi crispy kemangi ini sangat cocok untuk bekal suami atau anak sekolah, untuk menu sarapan atau makan siang bahkan menu makan malam. Lalu apa saja bahan-bahan yang dibutuhkan dan bagaimana cara memasak cumi crispy dengan taburan daun kemangi?

Resep Cumi Crispy Kemangi

Bahan

  • Siapkan cumi 350 gram atau lebih juga boleh tergantung porsi yang ingin kamu buat.
  • Siapkan Kobe Tepung Serbaguna Premium 1 bungkus
  • Air 175 ml
  • Jeruk nipis satu buah
  • Bawang putih 4 siung
  • Bawang merah 4 siung
  • Daun kemangi satu ikat
  • Minyak goreng secukupnya

Cara Memasak

  • Pertama-tama, tiap satu buah cumi dipotong menjadi 6 bagian lalu cuci bersih dan beri perasan jeruk nipis agar cumi tidak amis.
  • Bawang putih dan bawang merah cincang halus terlebih dahulu.
  • Daun kemangi dicincang kasar karena akan dijadikan sebagai taburan untuk cumi crispy goreng.
  • Buat adonan basah dengan mencampurkan Kobe Tepung Serbaguna setengah bungkus dengan air lalu aduk merata hingga menjadi adonan.
  • Sisa tepung Kobe serbaguna bisa kamu jadikan sebagai tepung kering.
  • Gulingkan cumi ke tepung basah, lalu gulingkan ke tepung kering kemudian goreng cumi hingga warnanya kuning kecoklatan lalu sisihkan.
  • Tumis bawang merah dan bawang putih sampai harum lalu masukkan cumi dan juga kemangi. 
  • Aduk semuanya sampai merata lalu sajikan
Baca Juga  Trik Cerdas Memilih Bahan Celana Panjang Sesuai Kegiatannya

Tips Masak Cumi Agar Tidak Amis

Cumi merupakan salah satu seafood yang banyak diolah untuk berbagai masakan. Namun salah satu kendala saat masak cumi adalah bau cumi yang masih terasa amis jika kamu tidak tahu trik saat membersihkan salah satu jenis seafood ini. Apa yang harus dilakukan untuk membuat cumi tidak amis?

  1. Cuci dengan Air Mengalir

Pertama yang bisa kamu lakukan adalah saat mencuci cumi sebaiknya menggunakan air bersih yang mengalir. Dengan air bersih maka saat mencuci cumi  tidak akan mencemari bagian cumi lain.

Selain itu kamu juga wajib menggosok-gosok permukaan cumi agar tidak berlendir. Hal ini supaya saat cumi diolah rasanya tetap enak.

  1. Beri Perasan Jeruk

Gunakan perasan jeruk sangat penting untuk membuat bau amis pada cumi benar-benar hilang. Pertama-tama kamu cuci terlebih dahulu cumi sampai bersih lalu beri perasan jeruk nipis dan diamkan selama 10 menit.

Setelah itu kamu cuci kembali cumi sampai bersih. Cara ini bisa dipastikan cukup efektif untuk membuat cumi yang dimasak tidak asin.

  1. Pisahkan Kepala dan Badan

Tips berikutnya untuk membuat cumi agar tidak amis adalah dengan membuang bagian kepala cumi terlebih dahulu. Untuk kamu yang baru pertama kali masak seafood ini, cara membuang kepala cumi adalah dengan pegang bagian ekor dan kepala lalu tarik perlahan lakukan dengan hati-hati. 

Jika kamu tidak hati-hati bisa berakibat kantong tinta cumi pecah yang akan membuat proses membersihkan cumi jadi lebih sulit.

  1. Buang Bagian Tinta

Saat masak cumi maka kamu juga harus membuang kantung tinta yang ada di kepala cumi. Ini juga sangat berguna untuk membuat cumi tidak amis ketika dimasak. Jika kamu berhasil membuang kantung tinta maka akan terlihat kantong kecil berisi tinta berwarna hitam.

  1. Pakai Soda Kue dan Garam
Baca Juga  Otentik! Pakai Ucapan Selamat Pagi Ini untuk Caption Instagram

Selain menggunakan jeruk nipis, kamu juga bisa memanfaatkan soda kue dan garam untuk membersihkan cumi supaya tidak amis. Caranya adalah dengan mencuci bersih cumi lalu dipotong-potong kemudian masukkan satu sendok makan soda kue. Sementara untuk garamnya secukupnya saja sesuai dengan kebutuhan.

Remas-remas cumi dengan 2 bahan tersebut hingga tampilannya berbusa lalu diamkan selama 10 menit. Setelah itu bilas cumi dengan air bersih dan juga mengalir. 

Untuk masak cumi crispy kemangi yang rasanya enak, maka pemilihan tepung serbaguna tentu saja sangat penting. Kamu wajib gunakan Kobe Tepung Serbaguna Premium, alasannya karena tepung bumbu ini tidak seperti tepung biasa. 

Tepung bumbu dari Kobe ini dibuat tanpa MSG sehingga tetap aman dikonsumsi untuk orang dewasa hingga anak-anak, yang diaplikasikan ke berbagai olahan masakan. Selain itu tepung bumbu ini juga merupakan tepung bervitamin pertama di Indonesia yang rasanya lezat dan bergizi serta sangat praktis untuk diolah. Tekstur tepung akan membuat gorengan yang kamu masak jauh lebih renyah dan tidak akan alot meskipun gorengan nantinya sudah dingin. 

Kamu yang ingin beli tepung serbaguna dari Kobe ini bisa beli lewat marketplace online yaitu Tokopedia dan Shopee. Selain itu, tentu saja kamu bisa temukan tepung serbaguna ini di warung terdekat, di minimarket hingga supermarket dengan harga yang pastinya terjangkau.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!