Lompat ke konten

Perhitungan Premi Asuransi Mobil per Bulan, Begini Caranya!

  • Finansial & Bisnis
  • 4 min read

Hampir sama dengan cicilan kredit, produk asuransi mobil bulanan hadir dengan memberikan akses kemudahan bagi para nasabah dalam hal pembayaran premi lantaran dapat dilakukan setiap bulannya.

Dengan perhitungan premi asuransi mobil bulanan yang terbilang sangat terjangkau, maka Anda nantinya tidak perlu menunggu waktu lama untuk dapat membayar asuransi mobil yang satu ini.

Terlepas dari hal tersebut, tahukah Anda bagaimana cara perhitungan premi dari asuransi mobil ini tiap bulannya?

Sebelum mengetahuinya, Anda harus lebih dulu memahami manfaat asuransi agar lebih maksimal saat membayar preminya.   

Apa itu asuransi mobil bulanan?

Perhitungan Premi Asuransi Mobil per Bulan, Begini Caranya!

Perlu Anda ketahui, bahwa setiap perusahaan asuransi umumnya mewajibkan bagi tiap nasabahnya untuk dapat melakukan pembayaran premi asuransi secara tahunan atau secara langsung.

Akan tetapi, mengingat banyak nasabah yang mengaku keberatan dengan asuransi tahunan, maka kini hadir produk asuransi mobil bulanan. Ya, asuransi ini merupakan asuransi yang mana sistem pembayaran preminya bisa dilakukan setiap bulan.

Adapun produk ini sangat diminati bagi para pemilik kendaraan yang mana ingin memiliki asuransi namun terkendala dengan kemampuan dana yang minim.

Kemunculan asuransi mobil bulanan ini sendiri terjadi karena penjualan mobil yang meningkat secara signifikan akibat penurunan tarif Pajak Penjualan atas Barang Mewah Ditanggung Pemerintah (PPnBM DTP, akan tetapi tidak diimbangi dengan memiliki asuransi mobil.

Baca Juga  Mengurus Pengajuan KPR di Bogor

Untuk itu, dengan adanya pembayaran premi yang bisa dilakukan setiap bulan dan terasa lebih ringan, maka para pemilik kendaraan pun akan jauh merasa lebih tenang dan mudah memperoleh perlindungan untuk mobil kesayangannya.

Bagaimana cara menghitung premi asuransi mobil bulanan?

Asuransi mobil bulanan umumnya menawarkan harga premi yang mana tiap bulannya cukup menarik untuk nasabah. Meski demikian, sangat penting bagi Anda untuk tahu bagaimana cara dalam menghitung harga premi asuransi mobil itu sendiri.

Pada dasarnya, perhitungan premi sendiri didasarkan pada rate asuransi mobil dikali dengan harga dari mobil yang dimiliki oleh nasabah. Dalam hal ini, rate asuransi mobil yang ditetapkan sendiri juga berbeda-beda tergantung pada jenis atau tipe mobil, tahun dan juga pelat kendaraan di setiap wilayah.

Tidak hanya itu saja, ada juga faktor pertimbangan lain seperti usia pengemudi, rekam jejak kredit dan lain sebagainya.

Pada asuransi mobil bulanan, untuk proteksi kerugian kecil sampai total yang disebabkan oleh tabrakan, pencurian sampai dengan kebakaran, biasanya premi bulanannya mulai dari ratusan ribuan per bulan.

Sementara untuk proteksi kehilangan sampai kerusakan total, maka premi yang harus dibayarkan tiap bulanannya yakni mulai dari puluhan ribu. Kembali lagi, untuk biaya premi ini sesuai dengan pelat kendaraan dan hal-hal lainnya.

Beragam manfaat asuransi mobil bagi nasabah

Setelah mengetahui mengenai bagaimana cara perhitungan premi pada asuransi mobil bulanan, Anda juga perlu tahu bahwa produk asuransi ini sangat penting dimiliki bagi pemilik kendaraan.

Alasannya yakni karena produk asuransi mobil ini memiliki banyak sekali manfaat penting di antaranya sebagai berikut:

Dapat membantu merencanakan keuangan keluarga

Hadirnya asuransi mobil ini dapat membantu merencanakan keuangan keluarga dengan baik. Terlebih jika uang tabungan dan dana darurat terbatas, maka asuransi ini dapat membantu merencanakan keuangan dengan efektif. Bahkan adanya ganti rugi dari asuransi mobil ini juga akan membantu pengeluaran keuangan yang sudah Anda rencanakan agar tidak terganggu.

Baca Juga  5 Manfaat Software HRIS di Tengah Pandemi Corona

Memberikan rasa aman dan tenang bagi nasabah

Manfaat produk asuransi mobil bagi nasabah ini juga akan memberikan rasa aman dan tenang. Sehingga, para nasabah nantinya tidak perlu khawatir memikirkan biaya yang harus ditanggung sendiri ketika mengalami hal-hal tidak terduga sebelumnya. Sebab, pihak perusahaan asuransi akan menanggung segala resiko kerusakan mobil sesuai dengan polis yang berlaku.

Memberikan proteksi mobil dari risiko kecelakaan

Anda penting untuk memiliki asuransi mobil ini sejak dini agar dapat memperoleh proteksi mobil dari risiko kecelakaan. Dengan adanya produk asuransi ini, maka Anda akan mendapatkan perlindungan yang mencakup kerusakan akibat tabrakan, terbalik, tergelincir sampai terperosok. Itulah tadi informasi sekilas mengenai cara perhitungan premi pada asuransi mobil serta manfaat yang bisa diperoleh nasabah ketika menggunakan produk asuransi tersebut. Dengan demikian, Anda bisa mempertimbangkan berbagai hal penting ketika akan membeli produk asuransi ini di pasaran

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!