Lompat ke konten

6 Ide Bisnis Menambah Cuan untuk Ibu Rumah Tangga

6 Ide Bisnis Menambah Cuan untuk Ibu Rumah Tangga

Di masa seperti sekarang, berbisnis bukanlah monopoli orang-orang yang bebas, yang punya banyak waktu luang, atau pun yang punya modal besar. Orang-orang sibuk, yang bahkan setiap waktunya ada saja pekerjaan yang dilakukan, misalnya saja seperti ibu rumah tangga, itu juga bisa berbisnis. Sebab bisnis zaman sekarang, itu sangat mudah dan praktis. Dengan dilakukan dari rumah, dan dengan mengandalkan gadget, siapapun bisa menghasilkan cuan.

Kamu salah satu ibu rumah tangga atau orang sibuk yang ingin berbisnis, yang bisa menghasilkan uang tambahan? Berikut ini 6 jenis bisnis yang cocok untuk Kamu.

  1. Penulis Lepas

Sekarang ini, berbagai macam informasi banyak diakses melalui internet. Itu sebabnya, kebutuhan akan konten yang berupa tulisan sangat banyak. Karenanya banyak portal berita, atau website membutuhkan artikel-artikel segar.

Kamu yang punya bakat menulis, ini bisa menjadi peluang. Kamu bisa menjadi penulis lepas untuk banyak portal berita atau website-website ini. Tentunya, tulisan yang Kamu buat haruslah unik, menarik, dan kekinian.

Sebelum menjadi penulis lepas, membuat blog dan rutin menulis, serta ikut banyak kontes menulis, bisa Kamu lakukan terlebih dahulu. Dengan semakin terlatihnya Kamu menulis, maka tulisan Kamu akan jadi lebih baik. Sehingga ketika ada kesempatan menjadi penulis lepas, Kamu sudah bisa diperhitungkan.

  1. Membuat Handicraft

Ibu rumah tangga biasanya rajin membuat handicraft atau kerajinan tangan. Nah ini bisa jadi peluang untuk mendatangkan uang juga. Bahkan jika hasilnya bagus, bisa bernilai jual tinggi yang disukai masyarakat. Misalnya saja produk rajutan, bunga hiasan, boneka, tas handmade, hiasan rumah, atau yang lainnya.

Untuk memulai bisnis ini, Kamu bisa melakukannya dengan membuat produk kerajinan yang Kamu bisa. Kamu memotretnya dengan bagus, dan lalu mengunggahnya di media sosial yang Kamu miliki, misalnya Instagram. Agar fotonya tidak disalahgunakan, Kamu bisa menambah watermark. Kemudian tambahkan caption yang pas dan keterangan bahwa produk tersebut dijual. Atau ditambahkan juga bahwa Kamu menerima purchase order (PO). Semakin banyak produk atau variasi yang Kamu buat, dan Kamu pajang di media sosialmu, akan semakin baik.

  1. Membuka Jasa Catering
Baca Juga  Tips Berburu Produk Murah di Harbolnas

Ini juga bisa jadi peluang teman-teman sebagai ibu rumah tangga meraup rupiah. Ibu rumah tangga sudah terbiasa memasak. Nah Kamu yang berbakat memasak, apalagi memasak dalam jumlah yang banyak bisa menjajal bisnis catering ini.

Sebagai langkah awal, Kamu bisa mencoba menawarkan diri menjadi catering untuk teman dan saudara. Jumlahnya tak mesti banyak. Jika masakan yang Kamu sajikan dirasa enak dan harganya bersaing dengan catering lain, peluang Kamu mendapatkan rupiah dari hajatan yang lebih besar, akan Kamu dapatkan.

Jangan lupa, asah skill memasakmu. Kuasai masakan-masakan yang populer yang biasanya ada di hajatan atau pesta-pesta. Entah masakan tradisional, nusantara, barat, Asia, Timur Tengah atau yang lainnya. Jika perlu, Kamu ikut kursus memasak. Dan jangan lupa juga, buat media sosial yang menampilkan masakan-masakan Kamu. Tambahkan informasi lengkap mengenai catering Kamu. Dari mulai cara pesan, katalog, atau yang lainnya.

  1. Bisnis Tanaman Hias

Ibu rumah tangga yang gemar merawat tanaman hias, juga bisa meraih untung dari hobi Kamu ini. Ya, tanaman hias banyak digandrungi. Apalagi sejak pandemi. Bahkan beberapa tanaman hias punya harga yang mahal-mahal.

Untuk terjun ke bisnis ini, Kamu harus menguasai harga tanaman hias di pasaran. Kemudian Kamu bisa menentukan harga tanaman hias yang Kamu punya. Tentunya, di awal, supaya mudah terjual, Kamu tak langsung bisa meraup untung banyak dulu. Yang penting bisa bersaing. Barulah setelah nama toko tanaman hias mu naik, Kamu perlahan bisa menaikkan harga tanaman hias Kamu.

Ah ya, untuk jualanannya, Kamu bisa secara online. Entah melalui Instagram atau pun marketplace. Dan jangan lupa, gabung juga dengan komunitas pencinta tanaman hias atau pedagang tanaman hias. Dari komunitas seperti itu biasanya banyak peluang.

  1. Buka Kursus atau Bimbingan Belajar
Baca Juga  4 Hal yang Perlu Diperhatikan untuk Meyakinkan Calon Pembeli Rumah

Kamu punya keahlian tertentu? Misalnya jago baking atau masak, pintar berbahasa Inggris atau malah pandai Matematika? Keahlian Kamu bisa menjadikan cuan dengan membuka kursus atau bimbingan belajar. Ya, Kamu bisa membuka kursus atau bimbingan belajarnya di rumahmu atau di rumah pesertanya.

Hal pertama yang bisa Kamu lakukan adalah mempromosikan diri Kamu. Contohnya dengan menawarkan diri ke teman, ke keluarga, atau mungkin membuat flyer yang dibagikan di sekolah anak Kamu, atau sekolah-sekolah lain. Mempromosikan dirimu di media sosial yang Kamu miliki, yakni Facebook, Instagram, Twitter, Tiktok, atau YouTube juga bisa. Pandai-pandai saja Kamu menyisipkan informasi ini di konten yang Kamu bagikan di media sosial tersebut.

  1. Bisnis Dropship

Ini bisnis yang sedang naik daun, bisnis dropship. Kamu menjadi penjual barang tertentu tanpa harus memiliki barangnya terlebih dahulu. Hal yang perlu Kamu lakukan adalah mendaftarkan diri pada produsen atau platform tertentu sebagai dropshipper, dan lalu mempromosikan barang dagangannya. Nah nanti, saat produk yang Kamu promosikan ada yang beli, Kamu akan mendapatkan komisi yang sudah disepakati di awal.

Bisnis ini sangat menjanjikan, sebab itu tadi, Kamu tak harus punya barangnya terlebih dahulu. Jadinya minim modal. Bahkan bisa tanpa modal sama sekali. Maraknya marketplace dan media sosial membuat peluang cuan untuk bisnis ini semakin besar. Tentunya asal Kamu lincah dan pandai di dalam mempromosikan produk yang Kamu jual.

Ngomong-ngomong soal bisnis dropship, ada lho platform reseller dan dropshipper baru yang bisa Kamu jajal. Namanya Evermos. Di platform ini Kamu bisa membuat toko sendiri. Nah nantinya, produknya bisa diisi dengan mudah dari produk brand-brand atau toko-toko lain.

Baca Juga  Ini Pilihan Pinjaman Modal Usaha Versi A-pradana.net

Keunggulan lain bisnis dropship via Evermos juga bisa Kamu rasakan dari kemudahannya. Kamu hanya tinggal daftar di sana dan lalu share link produk yang Kamu jual, atau malah membuat toko sendiri. Kemudian, jika nanti ada pembelian dari user lain atau pembeli yang klik di link Kamu, komisi yang sesuai dengan kesepakatan pun akan masuk ke rekening Kamu.

Yang membedakan reseller Evermos dari platform lain adalah kuatnya produk-produk di sini dalam memenuhi kebutuhan konsumen muslim. Sebab Evermos sendiri punya moto “Everyday Need for Every Moslem”. Itu dia 6 ide bisnis yang bisa menambah cuan para ibu rumah tangga. Kamu salah satu ibu rumah tangga yang ingin berbisnis? Silakan dicoba salah satunya. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!