Review Layanan Tabungan dan Investasi dalam Satu Rekening, Nyala dari OCBC

nyala ocbc nisp

Pernah dengar Nyala ga sih teman-teman? Bukan.. bukan nyala api atau pun nyala cinta kalian ya, tapi ini merupakan sebuah produk layanan digital dari Bank OCBC NISP.

Di era milenial, ada banyak sekali perubahan yang bisa dirasakan di bidang perbankan, apalagi semenjak adanya pandemi yang hingga kini belum usai segala sesuatu banyak berubah. Perubahan layanan di bidang perbankan ini bisa dilihat ketika menabung tak lagi harus ke Bank. Perbankan mulai melakukan penyesuaian dan menghadirkan beragam inovasi salah satunya layanan perbankan digital.

Tentunya dengan adanya perubahan diberbagai layanan perbankan ini lebih banyak kemudahan yang didapat, sebagai contoh saya bahkan tidak perlu lagi datang ke bank untuk buka rekening karena bisa melakukan pendaftaran secara daring atau saya tidak lagi membutuhkan buku tabungan fisik.

Bukan cuma itu saja sih, sekarang mengelola keuangan dan dana pribadi juga lebih efisien dan pintar karena ada banyak bank yang sudah mulai membuat layanan-layanan yang milenial banget dan secara digital yang mana bisa digunakan di mana saja dan kapan saja melalui gadget atau smartphone.

Maklum saja kadang ga bisa saya pungkiri saya gagal mengatur keuangan dan menyiapkan dana darurat. Boro boro nabung, uang yang saya sudah siapkan hilang begitu saja.

Oh iya ada beberapa tabungan digital dari berbagai Bank yang saya sudah coba, dan baru-baru ini saya nyobain Nyala dari OCBC NISP. Inisiatif pembukaan rekening ini juga dilandasi oleh suggestion dari teman-teman yang sudah duluan menggunakan dan tentunya juga sudah banyak mendapatkan benefit dari layanan digitalnya.

Tentang Nyala dan OCBC NISP

Nyala ini adalah salah satu bentuk layanan, yup! Bukan jenis rekening ya! Tetapi jenis layanan. Jenis layanan ini punya banyak sekali fitur menarik, sebagai contoh adalah tabungan digital, tabungan berjangka atau fitur investasi reksa dana yang belakangan ini memang sedang sangat gencar saya coba sebagai salah satu cara untuk mengamankan dana pribadi untuk inflasi di masa depan. Jenis layanan ini akan saya bahas lebih dalam di dalam tulisan ini.

Pertama ada baiknya kita kenali dahulu siapa OCBC NISP. OCBC yang dahulu disebut dengan bank NISP merupakan bank yang bisa dibilang sangat kompeten. Ada banyak cerita bank ini hingga bisa sampai berubah nama menjadi OCBC NISP. Mulai tahun 1941 memiliki nama NV Nederlandsch Indische Spaar en Deposito Bank yang beroperasi di Bandung, lalu 31 tahun kemudian Bank ini melakukan perubahan nama menjadi Bank Nilai Inti Sari Penyimpan (NISP). Tahun 1978 yang tadinya singkatan lalu menjadi nama resmi, ya.. nama Bank menjadi NISP.

Tahun 90an hingga tahun 2008 pada akhirnya Bank NISP melakukan inovasi dan menjalin kerjasama dengan OCBC bank yang merupakan salah satu bank multinasional milik negara tetangga Singapura yang mana kemudian juga juga menjadikan namanya OCBC NISP.

Bank ini bahkan merupakan bank nomor 4 yang tertua di Indonesia dan merupakan bank dari level internasional. Ada banyak sekali bank negara seperti bank BUMN yang ternyata kalah tua jika dibandingkan dengan OCBC NISP. Hal inilah yang membuat saya cukup yakin untuk menggunakan bank ini dalam membuka rekening.

Tidak kalah seperti bank lainnya, OCBC NISP kemudian membuka layanan online termasuk Nyala yang merupakan salah satu layanan yang bisa kamu dapatkan dengan cara membuka rekening OCBC NISP dengan cara daring. Nah, untuk membuka rekening dengan cara daring ini, kamu bisa menggunakan aplikasi digital OCBC NISP yaitu ONe Mobile.

Baca Juga  Ingin Jual Properti yang Anda Miliki? Jual di Situs Seva Saja dan Rasakan Keuntungannya Ini!

ONe Mobile ini merupakan salah satu kekuatan yang dimiliki oleh bank OCBC NISP, hal ini disebabkan karena dengan adanya aplikasi digital ini, bank ini bisa membuat konsumen mereka membuka banyak layanan yang menguntungkan. Mulai dari membuka tabungan baru, tabungan berjangka bahkan KPR semuanya bisa dilakukan dari aplikasi ini.

Menariknya lagi, aplikasi digital ini bisa membantu kamu untuk membuka rekening untuk menyimpan 12 mata uang secara bersamaan. Belum lagi dengan adanya cashback hingga IDR 250000 saat buka layanan perbankan digital. Hal ini membuat saya benar-benar jatuh cinta dengan aplikasi dan layanan Nyala ONe Mobile.

perbedaan nyala OCBC NISP

Jika kamu membuat rekening dengan menggunakan aplikasi ONe Mobile ini, jenis layanan yang akan didapatkan adalah rekening tabungan Tanda 360 Plus Digital. Dalam rekening ini kita sebagai nasabah akan mendapatkan paket layanan Nyala atau Nyala Digital (keduanya sama). Nah, dari paket layanan basic ini, kita bisa naikkan level layanan ke Nyala Individu dan juga Nyala Bisnis. Tinggal pilih saja yang paling sesuai yang mana. Kamu bisa lihat benefit dan perbedaannya melalui link ini.

perbedaan Nyala OCBC NISP

Nah, dengan rekening tabungan 360 Plus Digital ini, kamu akan mendapatkan banyak fitur layanan menarik selain Nyala, mulai dari Layanan manajemen kekayaan, dan juga layanan investasi seperti reksadana, bancassurance, produk treasury dan obligasi seperti yang membuat saya lebih tertarik untuk membuka rekening digital di aplikasi ONe Mobile ini.

kebangkan aset nyala ocbc nisp

Fitur-fitur lain juga tak kalah menarik semisal topup e-wallet, bayar berbagai tagihan, transfer ke dalam dan luar negeri, jual beli mata uang asing menggunakan 12 mata uang, atau buka kartu debit online juga bisa. Belum lagi dengan ONe Mobile kita juga bisa mengajukan Kartu Kredit, KTA (ON Cash Loan), KPR & KPM.

Nyala OCBC NISP

Saya juga merasakan jika aplikasi ONe Mobile lebih ringan jika dibandingkan beberapa aplikasi sejenis, performa aplikasi juga cepat plus display aplikasi fresh & clean.

Untuk keamanan juga mantap di mana untuk bisa login dan transaksi dengan Password Alphanumeric. Selain itu juga ada fitur keamanan menggunakan Fingerprint/Face ID demi kemudahaan dan keamanan setiap masuk aplikasi plus juga dilengkapi dengan PIN untuk setiap transaksi.

Sebelum pada akhirnya saya membuka rekening digital di ONe Mobile milik OCBC NISP, saya selidiki dahulu beberapa hal yang penting menurut saya. Berikut ini adalah hasil riset mengenai layanan Nyala dari OCBC NISP yang mungkin akan bermanfaat untuk Kamu.

Biaya administrasi bulanan

Salah satu hal yang sangat saya perhatikan dari sebuah rekening bank adalah biaya administrasi bulanan. Untuk layanan Nyala dari rekening ONe Mobile, umumnya memang tidak ada biaya administrasi. Selain dibebaskan dari biaya administrasi, kamu juga bisa mendapatkan akses transfer gratis sebanyak 10 kali antar bank dengan sistem digitalnya.

Akses ini bisa kamu dapatkan dengan syarat yang mudah. Kamu hanya perlu menyimpan dana di tabungan kamu sebanyak 1 juta untuk bisa mendapatkan akses gratis ini. Oh ya, salah satu hal yang jadi pertimbangan saya untuk mengambil rekening ini adalah karena saldo rekening bisa di kuras atau bisa diambil hingga saldo Rp 0.

Baca Juga  Raih Keikhlasan Dengan Berbagi Melalui OVO | Invest

Cara buat rekening Nyala

halaman depan ONe Mobilce OCBC NISP

Untuk kamu yang tertarik untuk menggunakan rekening ini, kamu tidak perlu khawatir karena cara pendaftaran dan pembuatan rekeningnya cukup mudah. Untuk bisa mendapatkan rekening ini, Kamu bisa mengunduh dahulu aplikasi OCBC NISP ONe Mobile dari Playstore ataupun iOS. Setelah itu install aplikasi tersebut di ponsel Kamu. Dan lakukan pendaftaran untuk mendapatkan akun.

Untuk melakukan pendaftaran ini, kamu hanya perlu e-KTP. Jika belum memilikinya kamu juga bisa menggunakan identitas lainnya seperti SIM. Kamu bisa coba salah satunya mana yang berhasil. Oh ya, pastikan kamu daftar di jam kerja ya! Tujuannya agar akun kamu lebih cepat di verifikasi. Selain itu saat mendaftar kamu bisa masukin kode “ONBLOGAND” supaya bisa dapat cashback hingga IDR 250 ribu yang berlaku hingga 31 Desember akhir tahun ini.

Saya sendiri mencoba melakukan pendaftaran pada pukul 10 pagi. Tahap demi tahap saya lakukan hingga tahap “Memproses pembuatan rekeningmu” tidak bergerak. Hanya menampilkan gambaran loading saja. Saya coba ulang dan ternyata rekening saya sudah ada.

Kepikiran untuk login saya pun bingung untuk password login bagaimana. Pada akhirnya saya coba menghubungi support Bank OCBC NISP melalui media sosial dan email. Alhamdulillahnya pada sore harinya saya mendapatkan sms sandi sementara untuk bisa login melalui ONe Mobile.

Baru deh saya bisa masuk dan lalu melakukan perubahan sandi baru.

Karena sudah malam, saya ambil inisiatif untuk melakukan tahap aktivasi pada esok harinya. Untuk aktivasi ini biasanya akan dilakukan verifikasi dahulu. Verifikasi akan dilakukan melalui 3 tahap yaitu dengan menggunakan video call. Verifikasi yang kedua dengan melakukan pengisian rekening dengan uang sebanyak minimal Rp 200.000. Terakhir adalah aktivasi kartu debit.

Untuk verifikasi video ini saya lakukan di pukul 09.30 pagi. Saya juga sudah menggunakan pakaian rapi dan tak lupa juga menyiapkan e-KTP. Proses video call ini akan melalui verifikasi sesuai dengan data yang sudah kita input sebelumnya.

Kejadian lucu lagi, ketika saat proses verifikasi video ini terhenti gara-gara sinyal ponsel saya jelek (karena kantor jauh dari kota). Memang sebelum verifikasi video ada baiknya memastikan kondisi jaringan internet Kamu.

Langkah verifikasi video call ini pada akhirnya saya ulang kembali, jika yang pertama saya dengan seorang cs cowok, yang kedua ini dengan mba-mba. Alhamdulillah prosesnya tidak ada kendala dan tadaaaa dengan waktu singkat akhirnya selesai tahap 1.

Tak perlu menunggu waktu lama, sekitar setengah jam akhirnya akun saya aktif dan siap untuk diisi saldo. Untuk bisa mendapatkan fasilitas gratis biaya admin, tarik tunai ATM kita harus memiliki saldo sekitar 1 juta Rupiah. Sedangkan untuk setoran awal seharusnya minimal Rp 200 ribu. Jadi sementara saya isi IDR 250 ribu dulu.

Setelah pengisian saldo ini nantinya tinggal menunggu tahap akhir. Kamu akan mendapatkan pilihan mengenai bagaimana cara kamu ingin mendapatkan kartu debit kamu saat wawancara video call tadi. Kebetulan cara yang saya gunakan adalah dengan menggunakan kurir, sebab saya ngga sempat ke Bank karena Kantor saya jauh dari kota. So, jika kamu juga akan menggunakan pengiriman kurir maka kamu akan diminta untuk mengisi alamat pengiriman. Oh iya kota saya Pekanbaru, jadi sekitar 14 hari katanya pengiriman.

Baca Juga  6 Tips Mengatur Keuangan Terbaik untuk Bisnis Kecil

Dan lagi-lagi ternyata saya dikejutkan, pengiriman yang semula katanya 14 hari ternyata sampai hanya dengan waktu seminggu. Dikirim melalui SAP Express pada sore hari sepulang dari kantor.

dav

Dari dalam amplop ada petunjuk bagaimana cara mengaktifkan kartu debit dan ada juga sim card XL gratis dengan bonus kuota 2GB dari OCBC NISP.

Dari proses pendaftaran ini ada beberapa kendala dan hal menarik dari aplikasi ONe Mobile ini. Pertama, aplikasi ini cukup stabil. Stabilitas aplikasi ini bisa saya rasakan ketika dalam proses pendaftaran meskipun saya mengalami beberapa kendala crash tetapi tidak membuat saya harus mengulang pendaftaran dari awal. Support dari media sosial, email atau telephone yang ada juga cukup membantu nasabah.

Selain itu, ada satu hal mengenai verifikasi yang menurut saya dan beberapa orang lain juga sependapat yaitu proses verifikasinya yang cukup panjang. Jika dibandingkan dengan bank lainnya, proses verifikasi ini memang memakan waktu yang cukup lama karena ada banyak aspek yang di pertanyakan dalam proses tersebut. Bahkan beberapa review menyebutkannya mirip dengan wawancara kerja, hehe. Tapi ya ini semua untuk memastikan apakah kita nasabah yang sama dengan saat pendaftaran. Biar aman juga kan ya.

Lalu kapan SIM dan ijazah dibutuhkan? Nah, SIM dan Ijazah ini akan dibutuhkan dalam verifikasi akhir. Meski dari awal tidak disebutkan mengenai kepemilikan dua identitas ini, akan tetapi di akhir pendaftaran kamu akan diminta untuk menunjukkan SIM, tetapi jika kamu tidak memilikinya, kamu bisa kontak pihak OCBC dan menggunakan dokumen lain untuk mengganti dokumen verifikasi terakhir ini.

Kesimpulan akhir

Nah, dari semua proses yang saya jalani, sesungguhnya saya cukup menarik, mulai dari proses pendaftarannya hingga berbagai kendala yang saya alami dan bisa diselesaikan dengan support OCBC NISP. Fungsi ataupun fitur yang saya dapatkan juga berbagai macam dan hanya satu genggaman. Saya cukup puas dengan layanan Nyala dan nantinya saya juga akan coba fitur lain yaitu fitur investasi yang sejak awal saya incar.

Selain itu, ada banyak sekali fitur lain yang bisa kamu dapatkan hanya dengan menggerakkan jari kamu di ponsel. Pokoknya untuk semua hal kecuali proses verifikasi bisa kamu lakukan dari rumah dan tanpa ribet. Informasi terbaru, ternyata untuk bisa dapatkan layanan Nyala ini, selain melalui aplikasi ONe Mobile, kamu juga bisa dapatkan aplikasi ini di website onestore.ocbcnisp.com.

Dan bagi teman-teman harusnya mencoba layanan digital ini, apalagi ada cashback hingga IDR 250K selain manfaat dari layanan perbankan digital Nyala melalui ONe Mobile.

1. Cashback IDR 100 ribu tiap nasabah baru yang membuka rekening pakai kode “ONBLOGAND” dengan ketentuan setoran pertama dan minimal uang yang ada di dalam rekening kalian selama 30 hari minimal IDR 1 juta.

2. Kamu bisa dapatkan cashback tambahan Rp 150ribu jika membuka produk OCBC NISP lainnya semisal TAKA (tahapan berjangka), Deposito, atau Reksa Dana.

3.Informasi detail T&C ada di website: https://www.ocbcnisp.com/promo/2021/09/01/promo-nyala250-blogger

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *