Menyusun Rencana Bebas Finansial dengan Mindset yang Benar

Menyusun Rencana Bebas Finansial dengan Mindset yang Benar

Menyusun rencana bebas finansial bukanlah suatu pekerjaan, melainkan suatu perjalanan yang harus dimulai. Layaknya merencanakan perjalanan yang panjang, diperlukan strategi agar Anda bisa sampai ke tempat tujuan lebih cepat dan selamat.

Sebelum membahas the hows – bagaimana saya bisa sampai di tujuan saya, ada baiknya Anda memiliki mindset yang benar terlebih dahulu tentang bebas finansial.

Menyadur dari https://investbro.id/, Bebas finansial, sesuai namanya, adalah istilah yang menggambarkan kondisi di mana seseorang tak lagi khawatir tentang kondisi keuangannya. Seseorang bisa berhenti sama sekali dari pekerjaannya atau bisa bekerja tanpa lagi mengkhawatirkan bagaimana dia bisa bertahan hidup dari bulan ke bulan karena pada dasarnya apa yang ia miliki sekarang sudah cukup.

Mindset Seseorang yang Bebas Secara Finansial

Menyusun Rencana Bebas Finansial dengan Mindset yang Benar
Bebas secara finansial. Photo : Pixabay

Mari bandingkan 2 tokoh dan public figure ini.

Warren Buffett, seorang investor, CEO, dan filantropis sukses dari Amerika Serikat. Buffett dinobatkan sebagai orang terkaya ketujuh di dunia oleh majalah Forbes di tahun 2020 dan memiliki net worth lebih dari 88 milyar US dollar.

Terlepas dari status dan kepemilikannya tersebut, Buffett dikenal sebagai orang yang sangat sederhana sehari-harinya. Ia masih tinggal di rumah sederhana yang dibeli tahun 1958 dengan harga $31.500. Lebih memilih membeli mobil yang sudah turun harganya, masih menggunakan ponsel Nokia flip di era smartphone, dan masih banyak kebiasaan sederhana lainnya.

Kanye West, seorang rapper dan pengusaha dari Amerika Serikat. West diketahui tercatat memiliki net worth sebesar 1,8 milyar US dollar di tahun 2021 dan belum lama ini dinobatkan sebagai miliarder oleh Forbes. West sebagai seorang selebriti tidak lepas dari kehidupan glamornya. Rumah, mobil, dan hal-hal lainnya yang identik dengan ‘orang kaya’ menempel pada dirinya.

Baca Juga  Raih Keikhlasan Dengan Berbagi Melalui OVO | Invest

Namun demikian, di balik kekayaan West tersebut tersimpan utang yang menurut catatan Forbes, rapper asal Amerika Serikat ini masih memiliki utang dengan jumlah yang tidak sedikit yaitu 56 juta US dollar.

Poinnya adalah, bukan siapa yang memiliki net worth paling tinggi. Secara nominal memang Warren Buffett memiliki net worth yang jauh di atas Kanye West, namun yang pada akhirnya membuat Buffett dikatakan berhasil mencapai kondisi bebas finansial adalah fakta bahwa Buffett tidak memiliki utang yang akan terus membayang-bayangi dan menguras hartanya selama bertahun-tahun. Di saat Kanye West masih harus mengeluarkan sebagian penghasilannya untuk membayar utang beserta bunganya, Warren Buffett tidak perlu dipusingkan dengan hal itu dan bisa menikmati seluruh hartanya untuk dirinya sendiri dan keluarganya.

Inilah kaya yang sesungguhnya.

Menyusun Rencana Bebas Finansial: Apa yang Harus Saya Lakukan Sekarang?

Menyusun Rencana Bebas Finansial dengan Mindset yang Benar
Susun rencana bebas finansial. Photo : Pixabay

Meskipun tidak sekaya Warren Buffett, Anda tetap bisa mencapai kebebasan finansial menurut versi Anda sendiri. Hal sederhana ini dapat Anda lakukan untuk mencapai kebebasan finansial.

Tentukan Definisi Cukupmu

“Bisa makan sehari-hari saja sudah Alhamdulillah

“Punya 1 tas branded saja sudah cukup, kok!”

Apapun definisi cukup Anda, jangan ragu atau malu untuk mengakuinya. Bebas secara finansial berarti Anda bisa menjalani kehidupan dengan bahagia, sesuai standar Anda sendiri, tanpa ada kekhawatiran soal keuangan. Jika ‘cukup’ menurut Anda adalah dengan bisa jalan-jalan keliling dunia atau tinggal di rumah impian yang dibangun di pinggir pantai, ya tidak apa-apa. Hidup untuk diri Anda sendiri dengan nyaman adalah alasan kenapa gagasan ‘bebas finansial’ muncul pada awalnya.

Coba Gaya Hidup Minimalis

Menyusun Rencana Bebas Finansial dengan Mindset yang Benar
gaya hidup minimalis juga oke. Photo : Pixabay

Hanya membeli dan menggunakan apa yang dibutuhkan, hanya menjalin hubungan dengan orang-orang yang Anda hargai dan menghargai Anda, dan hanya melakukan hal yang membuat Anda bahagia adalah minimalisme.

Baca Juga  4 Cara Mendapatkan Pinjaman Modal Usaha Tanpa Jaminan

 Dengan menjalani hidup minimalis, diharapkan akan lebih banyak uang, waktu, dan energi yang bisa Anda investasikan untuk masa depan sehingga tujuan bebas secara keuangan bisa lebih cepat tercapai.

Lunasi Semua Utang Sebelum Berinvestasi

Jangan salah kaprah. Investasi adalah hal yang baik, tapi itu semua akan sia-sia jika Anda masih menumpuk utang dalam jumlah besar karena imbal hasil yang Anda dapatkan dari berinvestasi sering kali tidak sebanding dengan tingkat bunga yang harus dibayarkan tiap tahunnya. Jika Anda memiliki dana berlebih, prioritaskan utang Anda terlebih dahulu sebelum berpikir untuk berinvestasi.

Investasikan Harta, Jiwa, dan Raga Anda

Untuk mencapai kebebasan finansial dibutuhkan kematangan dari segi keuangan. Uang memang bukan segalanya, tapi semuanya butuh uang. Pelajari berbagai jenis investasi yang tersedia, mulai dari yang berisiko terendah hingga tertinggi, dan mulai dari sekarang. Investasikan setidaknya 20-30% penghasilan bulanan secara rutin.

Selain harta, yang tak kalah penting adalah menginvestasikan jiwa dan raga Anda sedari sekarang. Menjalani pola hidup sehat, melakukan aktivitas yang menyenangkan, istirahat cukup, tidak pernah berhenti belajar, mendekatkan diri pada Tuhan, dan lainnya. Banyaknya harta Anda akan sia-sia jika jasmani dan rohani Anda sakit, kan? Bagaimana, tidak sulit kan untuk mulai menyusun rencana bebas finansial?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *