5 Menu Masakan Buka Puasa Biar Nggak Bosan di Rumah

Salah satu momen yang dinantikan di bulan Ramadhan yang tentunya merupakan bulan penuh rahmat ini adalah momen berbuka puasa. Berbagai macam menu yang dihidangkan pastinya menggugah selera setelah seharian menahan haus dan lapar. Sayangnya, masa pandemi ini pasti membuatmu ekstra hati-hati jika ingin berburu kuliner di luar. Daripada bosan dengan menu itu-itu saja di rumah, kita bisa coba berbagai menu masakan buka puasa baru.

Daftar masakan ini nantinya bisa diharapkan bisa merubah kebosanan yang terjadi, apalagi sudah setahun virus COVID-19 menyerang negeri kita. Berbagai upaya pencegahan dan penanggulangan sudah dilakukan oleh pemerintah, namun rupanya pandemi virus belum hilang dari bumi pertiwi. Sama seperti tahun sebelumnya, ramadhan tahun ini pun dilalui dengan protokol kesehatan yang sangat ketat, salah satunya adalah menghindari kerumunan. Tentu saja, berbagai penjaja takjil pun akan semakin berkurang di jalanan.

Padahal, takjil dan pilihan makanan berbuka seringkali diburu di para penjual makanan yang membuka lapaknya menjelang berbuka puasa. Terpaksa deh, kali ini kamu harus memasak di rumah. Nah, agar tidak bosan, kamu tentu harus pandai dalam melakukan inovasi masakan berbuka.

Menu Masakan Buka Puasa Biar Nggak Bosan

Berbicara mengenai daftar masakan berbuka puasa memang tidak akan pernah ada habisnya. Pasti ada saja inovasi-inovasi pilihan yang bisa kamu buat menyesuaikan selera. Mulai dari menu ala western, tradisional, makanan ramah iklim, atau menu-menu lainnya. Nah, kali ini saya akan membahas mengenai daftar masakan berbuka puasa biar nggak bosan yang saya dapat dari beberapa keluarga dan kerabat. Kira-kira apa saja ya menu masakan yang wajib kamu coba?

1. Urap Jawa

menu masakan buka puasa
Urap jawa yang sehat. Photo : Pexels.com

Rekomendasi menu masakan buka puasa adalah urap jawa. Menu ala tradisional ini dikenal dengan rasanya yang gurih, sedap, dan tentu saja diisi bahan-bahan sayuran menyehatkan. Membuatnya pun tidak sulit, apalagi memakan waktu lama. Penasaran?

Pertama tentu saja siapkan bahan-bahannya. Adapun beberapa bahan yang biasanya digunakan dalam membuat urap adalah bayam, kol, toge, dan kacang panjang. Tidak lupa, bumbunya berupa bawang merah dan putih, cabai, kencur, terasi, kemiri, garam, gula jawa, dan yang paling penting adalah parutan kelapa muda.

2. Salad Sayur

menu masakan buka puasa biar ga bosan
Salad sayur lebih fresh. Photo : Shutterstock.com

Rekomendasi menu selanjutnya untuk berbuka puasa adalah salad sayur. Selain resepnya yang praktis untuk kamu praktekkan, salad sayur juga sangat menyehatkan. Pasalnya, bahan-bahan yang diperlukan hanya berupa sayuran segar. Tidak hanya dapat memenuhi kebutuhan vitamin dan asupan zat gizimu, sayuran juga dijamin akan membuat badan kembali segar selepas berpuasa.

Untuk membuat salad sayur sangat mudah. Kamu hanya perlu menyiapkan beberapa bahan. Sebut saja seperti kentang, buncis, wortel, tomat, mentimun, jagung manis, dan selada. Adapun untuk campuran bumbunya, kamu bisa memakai mayonnaise, susu kental manis, dan keju parut.

3. Salad Buah

menu masakan buka puasa
Salad buah penuh gizi dan vitamin. Photo : Pexels.com

Ketika kamu butuh inovasi dalam menu salad, sudah pasti salad buah selalu menjadi andalan. Selain enak dan segar, salad buah juga bisa menghilangkan efek dehidrasi setelah seharian berpuasa. Sama seperti salad sayur, menu satu ini juga kaya akan zat gizi, vitamin, dan berbagai macam kandungan bermanfaat lainnya untuk tubuh.

Tidak hanya mudah dibuat, isiannya pun bisa kamu kombinasikan sesuai selera. Contohnya isiannya antara lain semangka, nanas, melon, apel, buah naga, alpukat, dan macam-macam lainnya. Perasanya bisa kamu beri mayonnaise, keju parut, susu kental manis, atau plain yogurt. Anti ribet, kan?

4. Capcay Kuah

menu masakan buka puasa
Makan bersama menu Capcay oke juga. Photo : Shutterstock.com

Masakan Chinese food yang sangat terkenal di Indonesia sudah tidak lain dan tidak bukan adalah capcay kuah. Selain karena rasanya yang mantab, porsi capcay kuah ala Chinese food juga seringkali dapat dihabiskan untuk 4 – 5 orang. Kamu ingin membuat masakan ini di rumah? Bisa banget lho.

Pertama-tama, siapkan sawi hijau dan putih, jagung putren, brokoli, dan wortel. Untuk protein hewaninya, silahkan siapkan sosis, daging ayam, dan udang. Adapun bumbu yang diperlukan adalah bawang putih, bawang Bombay, minyak wijen, saus tiram, penyedap jamur shitake, garam, merica, serta tidak lupa tambahkan campuran air dan tepung maizena.

5. Pecel Sayur

menu masakan buka puasa
Pecel Sayur juga bisa jadi andalan loh. Photo : Shutterstock.com

Terakhir, menu andalan untuk berbuka puasa agar tidak bosan adalah pecel sayur. Menu khas Pulau Jawa ini memang tidak bisa dilepaskan dari masyarakat kita. Pasalnya, sarapan di pagi hari dengan pecel sayur, tempe setengah matang, dan segelas teh sudah menjadi andalan. Berhubung sedang puasa, maka tidak ada salahnya jika menu ini kamu jadikan menu berbuka puasa di sore hari. Bagaimana ya cara membuatnya?

Cukup siapkan saja kol, sawi, kacang panjang, toge, dan buncis untuk campuran sayurannya. Untuk bumbu, siapkan kacang tanah, bawang putih, daun jeruk, cabai, gula merah, dan asam jawa serta garam. Tapi jika kamu takut sambel buatanmu tidak enak, ada banyak lho sambel pecel jadi yang dijual di pasaran. Rasanya tentu saja maknyus dan tidak kalah dari sambel-sambel homemade. Silahkan beli salah satunya dan jadikan campuran. Yes, menu sudah siap!

Demikian ulasan mengenai 5 menu masakan buka puasa di rumah di masa pandemi. Silahkan pilih salah satu menu di atas untuk hidangan berbuka puasa daripada bosan dengan menu itu-itu saja di rumah. Jangan lupa agar tetap menjaga daya tahan tubuh selama berpuasa. Semoga ulasannya bermanfaat untuk teman-teman yang membaca.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *