Begini Cara Kompres Gambar Dengan Cepat dan Tepat

  • WWW
cara kompres gambar atau foto

Tahukah kamu jika ukuran foto atau gambar yang sangat besar ternyata bisa menjadi penyebab utama ruang hosting atau server lebih mudah untuk penuh? Untuk mengatasi hal ini kamu bisa mencoba untuk mengompres ukuran foto menjadi lebih kecil agar tidak terlalu banyak memakan ruang. Kamu tidak perlu takut kualitas foto akan jauh lebih jelek atau pecah-pecah karena cara ini tidak akan mengubah kualitas, melainkan hanya mengubah ukurannya saja. Disaat ini pula kamu perlu cara kompres gambar dengan cepat dan tepat.

Menggunakan Situs Online

Jika kamu termasuk orang yang suka melakukan hal dengan cara yang praktis, kamu bisa mengompres ukuran foto yang kamu miliki secara online. Cara daring ini bisa kamu lakukan tanpa perlu mendownload aplikasi atau software. Kamu hanya cukup mengakses situs pengoptimalan gambar di internet secara mudah dan gratis. Berikut ini beberapa situs kompres foto yang bisa kamu coba.

Tinyjpg.com dan Tinypng.com

cara kompres gambar

Cara kompres gambar yang pertama dan sering saya gunakan adalah melalui situs tinyjpg.com dan tinypng.com. Penggunaannya juga sangat mudah karena hanya perlu drag and drop saja. Tarik dan letakkan foto yang sudah disiapkan di kolom yang sudah disediakan. Nantinya website ini akan otomatis melalukan convert keukuran yang lebih kecil dan teman-teman tinggal mengunduh saja. Selain itu website ini juga menyediakan plugin yang bisa digunakan untuk CMS seperti WordPress, Magento dan Zapier. Jika ingin lebih optimal lagi, teman-teman juga bisa menggunakan tool tambahan Tinify CDN yang mengoptimalkan gambar yang kita miliki melalui CDN atau server mereka. Oh iya format JPG dan PNG ya.

Baca Juga  5 Konversi Dokumen Online

Compressjpeg.com

cara kompres gambar atau foto

Selain Tinyjpg, Situs selanjut yang merupakan salah satu situs kompres foto yang paling mudah untuk digunakan adalah Compressjpeg.com. Setelah membuka halaman situs, kamu akan diberikan petunjuk untuk mengunggah foto yang ingin kamu kompres. Kamu hanya cukup men-drag gambar kemudian gambar akan secara otomatis di proses. Setelah berhasil kamu akan melihat preview image beserta ukuran terbarunya. Jika sudah selesai, kamu bisa save as dalam berbagai jenis format seperti PNG, PDF, atau JPEG sesuai dengan keinginanmu.

Compressor.io

cara komres gambar secara online

Selain 2 situs di atas, saya juga sering menggunakan Compressor.io. Tak jauh berbeda cara dengan 2 website di atas, situs ini menawarkan pengoptimalan foto dengan berbagai ekstensi semisal Jpeg, PNG, SVG, GIF, dan WebP. Pengoptimalan gambar ini bisa dipilih sesuai keinginan. Jika kamu ingin yang standar saja bisa memilih tipe Lossy. Jika ingin lebih optimal lagi bisa mencoba pilihan tipe Lossless. Masih kurang puas ? kamu bisa memilih tipe custom yang bisa kamu racik sesuka kamu.

Photoresizer.com

Sesuai dengan namanya, situs ini memang secara khusus diciptakan untuk mengatur kembali ukuran image. Selain bisa mengatur ulang ukuran gambar, kamu juga bisa melakukan beberapa penyuntingan gambar seperti memotong, membalik gambar, memberikan efek, menambahkan shape dan teks, hingga menggambar. Tampilan yang diberikan juga sangat menarik sehingga membuatmu semangat untuk menyunting foto sesuai dengan keinginanmu.

Resizemypicture.com

Selain bisa mengompres image ke ukuran yang lebih kecil, situs ini juga bisa membuat foto yang kamu unggah memiliki ukuran file yang lebih besar lho! Terdapat beberapa format file yang didukung oleh situs ini seperti JPG, JPEG, GIF, PNG, hingga PDF. Situs ini bisa kamu kunjungi dan gunakan secara gratis tanpa persyaratan apapun.

Baca Juga  Cara Mengembalikan Tombol View Image di Pencarian Google Image, Ini Dia !

Webresizer.com

Sama dengan photoresizer.com, webresizer.com juga memiliki fitur edit foto yang membuatnya menjadi situs yang terbaik dan wajib kamu coba. Kamu bisa menggunakan fitur edit foto dengan memberikan sentuhan pada foto seperti efek, crop, gambar, memasukkan teks, dan lain sebagainya.

Resizeimage.net

Selain bisa mengubah ukuran image sesuai dengan keinginan, di situs ini kamu juga bisa mengatur proporsi dan mengurangi ukuran foto tanpa kehilangan atau merubah kualitasnya lho! Jadi meskipun ukuran menjadi lebih kecil, namun kualitas dari foto tersebut tidak berubah dan tetap bagus. Kamu bisa mengubahnya dalam beragam format seperti JPG, JPEG, PNG, GIF, atau BMP dengan situs ini.

Nah, itu dia ke cara pengoptimalan foto yang bisa kamu coba secara online. Ke-7 situs di atas bisa kamu coba secara gratis tanpa perlu melakukan pendaftaran atau pembayaran. Satu-satunya syarat yang harus kamu miliki adalah koneksi internet yang stabil sehingga proses mengompres image bisa berlangsung dengan lancar.

Apakah Cara Kompres Gambar Secara Online Merusak Kualitas?

cara kompres gambar secara online

Pertanyaan yang sering muncul saat melakukan proses pengoptimalan foto secara online adalah apakah kualitas gambar akan menjadi lebih buruk? Jawabannya adalah tidak. Pengoptimalan secara daring hanya mengurangi ukuran foto tanpa mengurangi kualitasnya. Memang kualitas foto akan berkurang dibandingkan dengan kondisi sebelumnya, namun perbedaannya hanya sedikit. Ketika foto diperbesar maka tampilannya tetap jelas dan bening.

Mengompres gambar secara online memang merupakan salah satu cara yang paling sederhana dan cocok untuk kamu yang belum memiliki pengalaman dalam menggunakan aplikasi atau software editing. Mengompres secara offline bisa kamu lakukan dengan menggunakan Paint atau Photoshop. Sayangnya kedua jenis aplikasi ini tidak bisa digunakan oleh semua orang. Tampilannya yang memiliki beraneka ragam fitur justru bisa membuatmu bingung saat menggunakannya.

Baca Juga  Cara Mengaktifkan Domain yang Sudah Expired di Domainesia

Lain halnya jika kamu menggunakan situs online saat ingin mengompres gambar. Kamu hanya perlu menggunggah foto kemudian tunggu proses hingga selesai kemudian unduh. Sangat mudah dan praktis sekali kan? Hasil pengoptimalan juga akan terlihat sangat profesional tanpa ada cacat atau pecah. Kualitas gambar tidak akan berkurang jauh dan tetap bisa terlihat jelas. Meskipun ukuran awal foto yang ingin kamu ubah adalah 2MB dan berhasil dioptimalkan menjadi 15KB tidak membuat gambar tampak pecah atau buram.

Selain bisa menghemat ruang penyimpanan, mengompres gambar juga akan berguna untuk beberapa persyaratan. Misalnya saja saat ingin melamar pekerjaan, maka kamu akan diwajibkan untuk menggunggah foto diri sebagai salah satu syarat utama bukan? Namun sayangnya beberapa server tidak mendukung untuk mengunggah dokumen dengan ukuran yang besar, jadi mau tidak mau kamu harus mengompres persyaratan yang dibutuhkan sesuai dengan ukuran yang diminta.

Tak hanya untuk melamar pekerjaan, mengompres gambar juga diperlukan untuk beberapa hal penting lainnya lho! Saya pribadi biasanya menggunakan untuk blog saya. Jadi pada tiap artikel gambar yang dimuat lebih optimal dan bisa membuat blog yang saya miliki lebih cepat. Jadi kamu wajib mengetahui cara mengompres foto agar tidak kebingungan nantinya.  Nah, jadi gimana nih? Tertarik untuk mencoba cara kompres gambar secara online? Kira-kira situs mana yang ingin kamu coba terlebih dulu?

Tag:

1 tanggapan pada “Begini Cara Kompres Gambar Dengan Cepat dan Tepat”

  1. Terima kasih kak, informasi yang sangat membantu!
    Kak, yuk kunjungi web kami, di sana kakak bisa menjadi penulis tamu secara gratis loh! kami tunggu ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *