4 Tool SEO Terbaik Untuk Pemula Yang Bisa Kamu Gunakan

  • WWW
tool seo terbaik

Jika kamu ingin membuat atau menjalankan situs web yang sukses, hal paling penting diperhatikan adalah search engine optimization (SEO). Ada banyak sekali tool SEO terbaik untuk pemula yang bisa kamu gunakan. Dengan memahami dan menggunakan tool, ini pasti akan menaikan peringkat di search engine dan traffic website. Namun, ini jelas membutuhkan proses yang tidak sebentar dan kamu harus bersabar.

Saya sendiri dalam mengembangkan beberapa blog yang saya pegang tak semuanya memiliki kaedah SEO yang tepat. Sebab.. dulu-dulu tak pernah memikirkan pentingnya pengoptimalan pada website atau blog ini. Jadi memang sebagai pemula dulu, saya tak pernah mengetahui. Lambat laun dengan seiringnya waktu saya mulai belajar dan mencoba memahami hingga saat ini seperti dalam mengoptimasi postingan WordPress agar ramah SEO. Meski sebenarnya dalam pengoptimalan ini luas sekali ilmu yang harus dipelajari.

Sebenarnya ada cara yang lebih mudah untuk meningkatkan SEO, kamu bisa menggunakan jasa profesional. Namun, jika kamu bisa melakukannya sendiri tentunya akan menghemat biaya pengeluaran. Sejujurnya banyak juga orang bilang, ini bukan pekerjaan yang rumit jika kamu punya alat yang tepat. Apalagi setelah beberapa lama memahami semua alat bantu tersebut, kamu pasti akan merasa perbedaan tentang perkembangan situs kamu.

Tool ini dapat kamu gunakan untuk pengoptimalan off page dan juga on page. Pada artikel ini, saya akan mempertimbangkan instrumen terbaik yang bisa kamu gunakan untuk mengembangkan situs. Insha Allah nanti traffic website kamu akan mengalami peningkatan dari kata kunci atau keyword yang kamu incar. Jadi perhatikan dengan baik-baik apa yang akan saya berikan yang juga saya dapat dari berbagai pembelajaran, artikel, atau sumber lainnya.

Baca Juga  5 Jasa Ekspedisi Pengiriman Terbaik di Indonesia

Tool SEO Terbaik Yang Biasa Digunakan

  • Google Search Console
tool seo terbaik google search console

Salah satu alat bantu SEO terbaik untuk pemula dan sampai sekarang masih digunakan adalah Google Search Console. Tools ini salah satu terbaik untuk audit website dan yang jelas ini bisa kamu gunakan secara gratis. Pasalnya tools ini sangat powerfull dan akan memberikan feedback otomatis jika terjadi masalah di website kamu.

Misalnya kamu dapat mencari error tertentu seperti ada halaman yang tidak di crawl oleh bot google. Masalah seperti halaman 404, duplikat konten, ataupun hal lain bisa kamu cari tahu sendiri. Ada juga fungsi yang bisa menghapus URL tertentu atau menambahkan melalui sitemap. Jika menghadapi masalah keamanan apapun, Google Search Console juga akan mendeteksinya dan memperingatkan.

Ada hal lainya, ini bisa membantu para webmaster untuk memeriksa kinerja situs berdasarkan jenis perangkat. Sebagai info, sekarang google lebih senang website yang ramah akan pengguna seluler. Jadi tool yang satu ini pasti akan sangat berguna untuk melihat apa yang harus kamu perbaiki atau ditambahkan.

  • Ahrefs
tool seo terbaik google menggunakan ahrefs

Selain Google Search Console, Ahrefs menjadi salah satu tool website crawler terbaik. Para webmaster juga suka tentang salah satu fitur profile backlink yang cukup membantu. Apalagi ini terdiri dari hampir 16 triliun tautan yang dapat kamu crawl setiap harinya. Bisa dibayangkan berapa banyak itu, walaupun sekarang banyak orang yang menganggap backlink tidak terlalu berguna.

Dengan menggunakan tool SEO terbaik ini bisa membantu kamu untuk mencari keyword dan membuat konten yang lebih unik. Keyword yang kamu cari nantinya akan lebih relevan serta bisa membawa artikel yang kamu tulis bisa berada di page one. Pasalnya, dengan konten yang berkualitas tinggi tentu akan membawa traffic website yang lebih baik.

Baca Juga  Cara Mengembalikan Tombol View Image di Pencarian Google Image, Ini Dia !

Namun selain keyword atau kata kunci yang tepat, ada hal lainnya yang perlu kamu perhatikan. Misalnya gaya penulisan, topik yang kamu bahas, struktur paragraf juga akan sangat berpengaruh besar. Menggunakan keyword turunan juga akan menambah kekuatan di artikel yang kamu buat. Nah dengan Ahrefs, kamu juga bisa mudah untuk menemukan keyword turunan yang banyak dan tinggal memilih mana yang cocok dengan topik. Btw alat ini berbayar ya hahahaha.

Alternatif Tools Yang Lain

  • Screaming Frog
tool seo terbaik screaming frog

Mungkin banyak yang belum tahu tentang salah satu tool SEO yang satu ini. Salah satu fitur yang cukup menarik dari Screaming Frog adalah penganalisis log. Dengan fitur itu, kamu bisa mengetahui detail yang telah dilakukan Googlebot di website. Ini sebenarnya cukup penting, namun kadang sering diabaikan oleh para webmaster pemula.

Nah dengan bantuan tools ini, kamu bisa memeriksa sesuai kriteria yang diinginkan. Misalnya kamu dapat melihat URL yang di crawl oleh Googlebot maupun yang tidak. Selain itu, Screaming Frog juga bisa mencari tahu mana bot yang dapat memperlambat kinerja website secara keseluruhan.

  • Woorank
tool seo terbaik woorank

Woorank ini sangat bagus untuk memeriksa masalah SEO yang ada di on page dan memungkinkan kamu memeriksa secara detail. Namun jika kamu punya dana yang terbatas, kamu bisa menggunakan versi gratisnya. Yang perlu kamu tahu, versi gratis Woorank juga punya fitur cukup banyak dan semestinya sangat berguna.

Biasanya Woorank bisa mengetahui masalah seperti deskripsi meta yang buruk, judul yang terlalu panjang, atau judul artikel yang terlalu pendek. Selain itu, ini juga bisa menganalisis keyword, tag, alt pada gambar, dan juga tautan pada halaman. Pengguna versi gratis juga bisa menggunakan fitur di penelitian keyword walaupun ada batasan yang diterapkan.

Baca Juga  4 Cara Mengecek Plagiarisme Tulisan yang Bisa Kamu Coba

Kelebihan lain, kamu bisa memeriksa file robots.txt dan juga validasi sitemap untuk melihat rangking situs pada search engine. Dan yang paling baik dari Woorank adalah bisa memperkirakan traffic website kamu melalui data yang mereka kumpulkan.

Seperti yang kami jelaskan, Tool SEO Terbaik Untuk Pemula ada banyak sekali pilihannya. Jika kamu masih pemula, saya sarankan untuk menggunakan salah satu tool saja untuk memahami cara kerjanya. Jika sudah merasa paham, nanti kamu bisa menggunakan tool lain

10 tanggapan pada “4 Tool SEO Terbaik Untuk Pemula Yang Bisa Kamu Gunakan”

  1. Aku baru dan sedang menggunakan dua tools saja bang. Ahrefs untuk di pekerjaan, dan GSC untuk blog pribadi. Tapi kadang suka curi-curi fasilitas di ahrefs untuk riset blog pribadi. Selama menggunakan keduanya, saya lebih nyaman Ahrefs. Kalau GSC kadang suka ada notif kebermasalahan seluler seperti yang dijelaskan di atas, tapi pas saya cek ke blog nya tampak baik-baik saja. Gara-gara notif ini pula saya sempat ganti template, eh ujungnya tetap masih ada notif ini. Jadi jika ada notif kebermasalahan seluler dari GSC, sekarang sudah saya abaikan saja.

  2. Aku familiar dengan nama Google Search Console dan Ahref, meskipun gak paham itu apaan dan gimana cara menerapkannya haha. Sering baca pas ngobrol dari WAG, tapi pusing sendiri pas bahasnya. Tapi di artikel ini aku mulai paham dikit. Terima kasih bahasan menariknya, Bang Andrew. BUka kelas private belajar SEO gak? #eh

  3. Saya baru kenal sama Google Search Console dan Ahrefs. Dan yang baru saya pakai tentu yang GSC nya. Hahaha. Tools SEO ini aslinya banyak banget, ya. Tapi ya itu, saya mesti belajar dari nol. Semoga ada kemauan nih untuk mengulik SEO.

  4. klo mau punya blog yang seo friendly pastinya harus menggunakan tools tools seo seperti ini ya mas
    klo aq sejauh ini baru pakai google search console saja
    next mau coba ngulik tools yang lain ah

  5. dari ke-4 tools yg dibahas di sini, baru kenalan dg GSC saja nih..itupun baru2 saja..hehe.. Terima kasih sharingnya ya Kak..jadi pengen kenalan dg tools2 yg lainnya juga..

  6. Sesungguhnya ini ilmu baru yg warbiasak. Pelajaran SEO bener2 butuh perhatian tersendiri buat ibu2 macam daku ? makasih sharingnya, mau cobain salah satu dulu

  7. Saya baru pake yang gratisan saja, tapi sudah nggak optimal. Ada sih laporan halaman yang eror dari GSC, tapi saya tidak punya waktu dan kemampuan untuk ngulik-nguliknya.

  8. Dari semua tool di atas, yang saya gunakan baru Google Search Console saja. Ahrefs pernah pakai, tapi hanya untuk mengecek DR. Sementara Screaming Frog hanya pernah dengar saja, setahu saya ini tool berbayar ya? Kalau Woorank malah baru dengar sekarang, hihi.

    Banyak ya tool yang bisa digunakan untuk optimalisasi SEO. Masih harus banyak belajar lagi nih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *