Rekomendasi Pilihan Font Ramadan dan Idulfitri Terbaik

Rekomendasi Pilihan Font Ramadan dan Idulfitri Terbaik

Jelang datangnya bulan Ramadan biasanya selalu dimintai bantuan untuk membuat banner atau spanduk ucapan dengan menggunakan font Ramadan dan Idulfitri, vector, desain yang memang khas pada momen ini. Ya.. sebagai contoh, atasan di kantor hampir setiap tahun selalu minta dibuatin ucapan.

Memang tiap tahunnya momen Ramadan dan juga Idul Fitri menjadi suatu agenda yang selalu ditunggu umat islam di dunia yang mana berdasarkan kalender Islam menjadi suatu bulan peningkatan ibadah dengan berpuasa maupun sebagai perayaan hari raya. Biasanya pula dalam memperingati datangnya hari penting bagi umat islam ini dengan membuat berbagai ucapan atau selamat.

Karena kondisi masih belum stabil, ada baiknya Kamu memberikan ucapan menggunakan tulisan yang menarik tanpa harus bertatap muka. Jangan lupa gunakan pilihan font yang tepat sehingga terlihat semakin bagus lagi.

Font Ramadan dan Idulfitri

Untuk membuat tulisan yang sesuai dengan momen, Kamu bisa menggunakan pilihan jenis huruf dengan tema Ramadan ataupun untuk hari kemenangan Idulfitri khusus agar tulisan tetap bisa dibaca akan tetapi memiliki gaya yang berbeda dan membuat nuansa ibadah dan hari raya semakin kental.

Untuk itu, di bawah ini telah saya rangkumkan secara khusus jenis huruf yang sering digunakan dalam ucapan Idulfitri dan Ramadan:

1. Alhambra

Font Ramadan dan Idulfitri alhambra
dafont.com/alhambra.font

Jenis huruf pertama yang akan kita bahas adalah font Alhambra. Jenis yang satu ini digadang-gadang menjadi font yang paling laku diunduh oleh masyarakat karena memiliki tampilan yang cukup mirip dengan tulisan Arab.

Bahkan jenis huruf yang satu ini sering kali digunakan untuk berbagai kebutuhan seperti baliho, plakat, atau yang lainnya.

Dengan menggunakan jenis huruf yang satu ini, Kamu dapat membuat tulisan layaknya tulisan kaligrafi yang bagus dan sekaligus sangat artistik.

Alhambra memiliki font yang cukup tebal sehingga tak salah jika digunakan pada spanduk, Baliho, Billboard, dan masih banyak lagi lainnya karena akan terlihat saat kamu melihatnya dari jarak jauh.

2. Buka Puasa Bersama

Afarat Ibn Blady
dafont.com/buka-puasa-bersama.font

Font yang satu ini juga tak kalah penting dengan jenis yang lainnya. Font Buka Puasa Bersama memiliki gaya tulisan yang cukup unik di mana bentuknya yang sangat girly namun juga terlihat seperti tulisan ke-Arab-Araban.

Buka Puasa Bersama sering digunakan sebagai tulisan pada kartu ucapan. Berbeda dengan Alhambra sebab huruf ini terlihat lebih ramping sehingga cocok digunakan untuk berkirim pesan saja.

Jenis huruf yang satu ini juga banyak dicari oleh banyak orang sebab tampilannya sangat unik tetapi tidak mengurangi esensi dari font itu sendiri.

Kamu bisa membacanya dengan sangat mudah karena dasarnya adalah dengan menggunakan huruf alfabet biasa namun dibuat sedemikian rupa sehingga terlihat sangat artistik.

3. Afarat Ibn Blady

Afarat Ibn Blady
dafont.com/afarat-ibn-blady.font

Selanjutnya ada jenis huruf Afarat Ibn Blady yang juga tak kalah banyak digunakan untuk ucapan di Televisi maupun dibanyak papan reklame.

Afarat Ibn Blady sendiri jika dilihat sekilas merupakan huruf hijaiah karena memang berdasar pada huruf hijaiyah yang sangat kental dan memiliki ikatan cukup kuat di dalam agama Islam.

Namun, jika Kamu perhatikan lagi maka jelas bahwa itu bukan huruf hijaiyah namun huruf biasa yang mengadopsi huruf yang berasal dari arab tersebut sehingga terlihat seperti tulisan layaknya di Al Quran.

Jenis huruf yang satu ini bisa Kamu dapatkan dengan mudah di berbagai web yang menyediakan berbagai jenis font semisal dafont dan lainnya.

4. Mukadimah

Afarat Ibn Blady
dafont.com/mukadimah.font

Bukan.. bukan Mukadimah yang biasanya menjadi kata pengantar atau pendahuluan saat ceramah dan pidato. Mukadimah yang ini merupakan sebuah jenis huruf untuk bulan Ramadan.

Tak jauh berbeda dengan font Afarat Ibn Blady, jenis Mukadimah juga turut menggunakan huruf hijaiyah sebagai kiblatnya.

Namun, untuk gayanya memang berbeda jauh dengan Afarat sebab pada font Mukadimah huruf hijaiah memiliki bentuk yang lebih terlihat formal dengan bentuk yang lebih panjang dibandingkan dengan font yang dimiliki oleh Afarat Ind Blady.

Mukadimah sering kali digunakan untuk beberapa ucapan di Televisi maupun di beberapa bilboard di sebagian tempat.

Jika Afarat memiliki angka yang lebih mirip dengan angka hijaiyah maka mukadimah memiliki angka yang lebih mirip angka konvensional yang digunakan saat ini.

Tertarik memilikinya? Silakan mengunduhnya di beberapa website yang menyediakan pilihan yang satu ini.

5. Rodja

Font Ramadan dan Idulfitri rodja font
dafont.com/rodja.font

Rodja ? itu bukannya televisi dengan ragam acara dakwah islamnya? Kali ini yang kita bicarain adalah font yang bernama Rodja. Berbeda dengan Afara dan Mukadimah, Rodja menggunakan huruf biasa namun dibuat lebih artistik dengan lengkungan-lengkungan khas huruf Arab.

Jenis huruf yang satu ini sangat digemari karena mudah dibaca namun juga terlihat sangat unik dan juga sangat klasik.

Namun, jika Kamu ingin membuat ucapan dengan huruf yang sangat amat mirip dengan huruf hijaiyah maka jenis huruf ini tidak cocok.

Kendati demikian, pengguna jenis huruf yang satu ini juga sangat banyak dan memang sangat cocok untuk digunakan sebagai font ucapan ibadah puasa dan juga hari raya.

Rodja memberikan berbagai versinya dari mulai yang Bold (tebal) sampai yang biasa saja dalam satu paket huruf.

6. Tafakur

dafont.com/tafakur.font

Jika diperhatikan, jenis huruf Tafakur ini juga tak jauh berbeda dengan Afarat Ibn Blady yang memiliki huruf seperti huruf hijaiyah.

Akan tetapi jenis huruf yang satu ini terlihat lebih kaku dengan mengandalkan sudut-sudut dan minim penggunaan lengkungan. Walaupun begitu, huruf tersebut memang terlihat seperti huruf hijaiah namun tetap membawa unsur alfabet biasa.

Jenis huruf yang satu ini sering digunakan untuk memberikan ucapan pada tempat yang tidak terlalu luas karena bentuknya yang tipis sehingga muat banyak font untuk satu lembar kartu ucapan.

Untuk menggunakannya maka Kamu harus mengunduh terlebih dahulu di web-web penyedia jenis huruf dan Kamu pun bisa segera memakainya baik di Microsoft Office maupun di software grafis/ desain semisal Corel Draw ataupun Adobe Photoshop.

7. Arab Dance

Font Ramadan dan Idulfitri
dafont.com/arab-dances.font

Menjadi pilihan banyak orang dan sering di download adalah jenis huruf Arab Dance. Font buatan Manfred Klein ini selalu digunakan para desainer saat ramadan atau lebaran tiba, apalagi nama jenis hurufnya ini memang sudah ada arab-arabnya.

Memang jika diperhatikan dengan seksama, untuk huruf besar mungkin tak terlalu terlihat arabnya, sedangkan sebaliknya pada huruf kecil tampak detail aksara arab atau kaligrafinya

8. A Awal Ramadhan

Font Ramadan dan Idulfitri
dafont.com/a-awal-ramadhan.font

Pilihan font ramadan dan Idulfitri selanjutnya adalah A Awal Ramadhan yang dibuat oleh Wahyu Eka Prasetyo (WEP). Creator asal Indonesia ini membuat jenis huruf yang menarik dengan lekukan khas.

Dengan desain lebih tebal plus font ini hadir dengan arab look. Pada huruf a terdapat 2 titik diatasnya, sedangkan pada huruf e, titik tersebut berada di bawah.

Jika dibandingkan dengan beberapa pilihan font lainnya di atas, jenis tulisan ini tergolong baru. Tetapi bukan berarti sepi peminatnya.

9. Shaumy

Font Ramadan dan Idulfitri shaumy
dafont.com/shaumy.font

Pilihan selanjutnya adalah Shaumy. Font ini juga saya gunakan pada bulan puasa tahun lalu. Menariknya sebagian huruf yang ada di dalam jenis ini berbentuk hijaiyah, semisal huruf V yang sekilas mirip Lam Alif dalam susunan huruf hijaiyah.

Jenis tulisan ini juga cocok sebagai jenis font untuk ucapan Idulfitri, karena tampilannya unik dan tampak seperti tulisan arab otentik.

Pas banget digunakan dalam desain semisal poster, sampul buku, spanduk, selebaran, logo, kaos, branding, dan proyek kreatif lainnya.

10. Aceh Darusalam

Font Ramadan dan Idulfitri
dafont.com/aceh-darusalam.font

Rekomendasi selanjutnya adalah Aceh Darusalam yang dibuat oleh creator yang sama dengan jenis huruf Mukadimah, Adien Gunarta. Nama Aceh tersendiri tentunya sudah sering kita dengar yang mana merupakan salah satu provinsi paling barat di Sumatera. Aceh sendiri juga merupakan salah satu kawasan yang menjunjung tinggi syariat islam.

Oh iya kembali ke pembahasan jenis huruf, nyatanya font ini juga mengadopsi huruf hijaiyah. Tampilan hurufnya lebih slim atau lebih tipis.

11. Arabolical

Font Ramadan dan Idulfitri
dafont.com/arabolical.font

Ingin menggunakan sebuah font dengan aksen timur tengah ? mungkin ini merupakan pilihan yang tepat. Arabolic merupakan sebuah font yang dibuat oleh Geoffrey Johnston.

Antara huruf tak terlalu rapat namun terlihat samar-samar selayaknya aksara timur tengah yang elegan. Termasuk seluruh angka dan semua karakter yang biasa digunakan umumnya. Arabolical bisa gunakan secara gratis, dan jangan lupa support yang buat dengan donasi ya kalau ada rezeki.

12. Siti Maesaroh

Font Ramadan dan Idulfitri
dafont.com/siti-maesaroh.font

Lagi-lagi author font Mukadimah membuat jenis huruf yang menarik dan islami melalui Siti Maesaroh. Jika diperhatikan jenis huruf ini mengadopsi gaya lama font Sans Serif.

Jenis huruf ini juga mirip dengan jenis font gas rock yang mana menjadi salah satu jenis abjad paling populer dalam industri desain di seluruh dunia.

Pastinya jenis tulisan ini bisa membuat Kamu tertarik, apalagi tekstur jenis huruf Siti Maesaroh seperti tulisan tangan plus adanya seni kaligrafi yang membuatnya semakin mudah dibaca

Dengan tampilan dan artistik yang tajam membuat font ini populer digunakan di tanah air.

13. Kara Ben Nemsi

Kara Ben Nemsi

Untuk pilihan selanjutnya ada jenis huruf Kara Ben Nemsi yang dibuat oleh Manfred Klein, pencipta yang sama dengan Arab Dance.

Untuk tampilan memang sedikit klasik tetapi alur kaligrafinya bisa jelas di baca. Dengan lekuk atau sudut yang khas menjadikan font dengan tema arab ini terlihat cantik. Oh iya, font ini juga sudah termasuk lama hadirnya, sejak tahun 2000-an

14. aAidilfitri

aAidilfitri
dafont.com/aaidilfitri.font

Butuh font yang tepat untuk membuat ucapan Idulfitri dan cocok buat milenial? rasanya pas sekali saya sarangkan untuk menggunakan jenis huruf ini, aAidilfitri. Jenis abjad ini juga dibuat oleh Wahyu Eka Prasetya aka WEP.

Tampilan hurufnya lebih unik dan enak dipandang. Rangkaian antar hurufpun terlihat lebih rapi dan jelas sehingga mudah dibaca. Jika ingin membuat desain yang lebih menarik, padukan dengan background atau ornamen dengan nuansa islami.

Ini bisa menjadi pilihan aksara saat lebaran nanti, dari pada menggunakan jenis huruf yang sudah banyak dipakai.

15. Psuedo Saudi

Psuedo Saudi
dafont.com/psuedo-saudi.font

Pilihan dan rekomendasi selanjutnya untuk ucapan lebaran nanti mungkin bisa juga disematkan pada jenis huruf yang satu ini. Tampil dengan nuansa huruf hijaiyah, membuat Psuedo Saudi layak digunakan.

Tampilan saat kita menggunakan jenis huruf ini sangat menarik. Untuk angka rata-rata ada kemiripan dengan huruf hijaiyah. Sedangkan untuk huruf tak jauh berbeda. Psuedo Saudi menjadi pilihan font yang sempurna untuk semua desain menarik yang kamu buat

Psuedo Saudi tentunya bisa diunduh secara gratis untuk penggunaan pribadi saja. Apabila penggunannya untuk komersil bisa menghubungi pembuatnya, Iconian. Kamu bisa menggunakan jenis huruf ini untuk membuat desain, sampul, logo, dan hasil seni lain yang menarik.

Tinggal memadukan dengan background atau ornamen pendukung lainnya, hasilnya tentu luar biasa.

16. Sketsa Ramadhan

Font Ramadan dan Idulfitri sketsa ramadhan font
dafont.com/sketsa-ramadhan.font

Pilihan saya yang terakhir ada font Sketsa Ramadhan. Jenis huruf ini juga sering digunakan para desainer lokal, apalagi author dari jenis huruf ini juga orang Indonesia.

Tampilan dari abjad ini juga menarik dengan sisi atau liku khas tulisan arab. Meski begitu, setiap tulisan yang kita buat terlihat jelas dan bisa dibaca dengan baik. Jenis huruf ini bisa digunakan secara gratis untuk penggunaan pribadi, jika untuk komersil silahkan menghubungi author dari jenis huruf ini.

Itu dia pembahasan lengkap mengenai rekomendasi font Ramadan dan Idulfitri pilihan yang pernah saya gunakan dan bisa Kamu cari di Internet untuk digunakan sebagai kartu ucapan. Ada banyak pilihan lainnya bertebaran di dunia maya, kamu bisa cari. Jika ingin menggunakan semua pilihan di atas juga bisa mengunduh melalui link download huruf arab ini yang bersumber dari dafont.com. Semoga informasi mengenai jenis huruf ataupun abjad di atas dapat membantu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *