Layanan Dedicated Hosting Indonesia dengan Performa Tinggi dan Handal

  • Hosting
Layanan Dedicated Hosting Indonesia dengan Performa Tinggi dan Handal

Bagi teman-teman yang sudah berpengalaman dalam mengoperasikan sebuah website atau multiple, bisa dikatakan layanan dedicated hosting Indonesia seringkali menjadi pilihan sebagai resource dari seluruh website yang dimiliki.

Dan tak bisa dipungkiri pula jika hal Ini terjadi lantaran layanan yang juga acapkali disebut dedicated server ini memiliki tingkat fleksibilitas yang tinggi dan juga kekuatan resource yang jauh lebih baik jika dibandingkan dengan hosting jenis lainnya. Meski demikian sesuai dengan resource tersebut maka harga yang dipatok biasanya juga sangat tinggi.

Sejauh yang saya pahami, layanan kelas premium ini biasanya akan digunakan oleh para webmaster atau bagi orang yang sudah expert dalam mengotak-atik dan juga mengoptimalkan kinerja website dan dikelola dalam sebuah server secara langsung. Jenis lain tidak dipilih, karena memang kebanyakan servernya tidak memberikan kebebasan untuk mengatur website nya sendiri.

Misalnya saja, shared hosting yang sering digunakan bagi webmaster pemula. Dalam shared hosting, server yang digunakan untuk menaungi banyak website itu hanya satu. Dan kendala atau masalah klasik seperti server down sering kali terjadi karena traffic pengunjung yang datang pada setiap website yang dinaungi dihitung secara akumulatif dan akan menyebabkan sistem server overload.

Bagi pemula tentunya memang masalah seperti ini tidak akan berdampak terlalu besar. Namun, dampaknya akan sangat besar apabila responsibilitas yang diemban suatu website itu sangat besar. Misalnya, untuk mengabarkan berita dari seluruh dunia seperti media online besar di tanah air, update pengumuman penting, website pemerintahan, portal ujian dan lain sebagainya.

Maka dari itu, pilihan jenis hosting yang sering digunakan adalah layanan dedicated hosting Indonesia. Bagi teman-teman yang masih pemula, jika belum mengerti tentang dedicated hosting, berikut ini akan disediakan penjelasannya sejauh yang saya pahami.

Apa Itu Dedicated Hosting?

Dedicated Hosting Indonesia
Mengelola server secara mandiri dan full resource. Photo: Unsplash

Dedicated hosting atau dedicated server itu bisa diartikan sebagai suatu website yang diberikan hak untuk mengelola servernya sendiri karena dalam satu website hanya terdapat satu server saja. Di mana menawarkan sumber daya atau kekuatan dan fleksibilitas tinggi.

Server ini sering kali dipilih oleh para ahli website atau webmaster yang sudah memiliki jam terbang tinggi berkecimpung dalam dunia pengoperasian dan pengoptimalan suatu website ataupun aplikasi. Ada beragam keuntungan yang bisa didapatkan jika layanan hosting yang satu ini dipilih, berikut ini ulasannya.

1. Sumber daya server tidak dibagi

Ini merupakah salah satu fitur premium dari layanan dedicated ini. Bagi teman-teman yang memilih dedicated server, maka kamu akan memiliki sumber daya yang bisa kamu nikmati sendiri. Kita sebagai pemilik tak perlu khawatir tentang masalah klise dalam website seperti server down, bad script, atau gangguan karena banyak website dalam satu server memiliki overload traffic.

2. Kinerja dan tingkat keamanan yang tinggi

Sebenarnya, jenis hosting lainnya banyak yang menggunakan sistem shared yang digunakan secara bersama. Jadi, dalam satu hosting ataupun satu server diisi oleh beragam website yang dinaunginya. Biasanya jenis shared ini hanya digunakan oleh website dengan tingkat traffic yang rendah.

Baca Juga  Cara Mengecek Kualitas Shared Hosting

Bagi traffic website nya sudah medium dan menuju tinggi salah satu cara yang terbaik adalah dengan melakukan peningkatan ke Virtual Private Server (VPS) Hosting. Memang VPS juga memiliki ruang khusus dan mirip dengan dedicated, namun tetap saja sumber dayanya tetap berbagi server.

Namun, bagi website yang memiliki traffic pengunjung tinggi, biasanya layanan yang dipilih adalah dedicated. Dengan kinerjanya yang sangat optimal dan bisa dibilang website akan lebih cepat daripada kinerja shared hosting ataupun VPS.

Selain itu, dedicated hosting juga memiliki tingkat keamanan yang tinggi karena tidak perlu berbagi ruang server dengan website yang kemungkinan hanya akan melakukan spam dan meretas server maupun hosting.

Tentu sangat aman terhadap potensi spam, peretasan server, atau adanya malware dan juga ransomware dalam suatu server. Ini sangat cocok dipilih bagi website yang di dalamnya menangani transaksi dengan tingkat sensitivitas tinggi dengan menggunakan SSL dan juga FTP.

3. Fleksibel

Dedicated server juga sangat membebaskan atau memberikan fleksibilitas bagi pengelolanya untuk melakukan konfigurasi website sesuai dengan kebutuhan. biasanya, kebutuhan ada pada RAM, CPU, ruang disk, dan juga perangkat lunak. Selayaknya PC server kita sendiri yang mampu di upgrade, dan hanya saja fisiknya tidak ada di rumah.

Jika menggunakan hosting jenis lain kebutuhan tersebut sukar untuk dipenuhi karena memang diberikan Batasan sesuai dengan harga yang diberikan. Dedicated sangat berbeda, servernya bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan juga keinginan pengelolanya. Ibarat rumah kita bisa bebas melakukan apa saja, entah penambahan perabotan, ruang kamar atau apapun isi lainnya.

Selain itu, jenis ini juga memiliki kelebihan dari segi kepemilikan alamat IP yang unik dan juga tidak ada charge biaya tambahan untuk pemeliharaan alat-alat konfigurasi website. Semuanya sudah tersedia di layanan dedicated hosting.

Mengerti tentang fungsi yang sangat baik dari dedicated hosting, tentunya kamu akan tertarik untuk menggunakannya. Tapi, untuk memilih layanan dedicated server Indonesia dengan performa tinggi dan handal, ada beberapa cara khusus yang bisa kamu lakukan.

Bagaimana Memilih Layanan Dedicated Hosting Indonesia dengan Performa Tinggi dan Handal?

Dedicated Hosting Indonesia
Pilihan data center

Ada beberapa hal yang harus kamu pertimbangkan lebih dulu sebelum memilih layanan hosting dengan performa yang baik di tanah air. Apalagi tak bisa dipungkiri ada jejak negatif dalam sejarah perkembangan dedicated server di Indonesia yang mana juga membuat pengguna banyak berpindah ke negara tetangga Singapura. Mulai dari data center yang sering bermasalah, harga yang mahal, infrastruktur pas-pasan dan berbagai hal lainnya.

Baca Juga  11 Tips Memilih VPS Terbaik versi A-pradana.Net

Meski begitu, dengan transformasi digital yang cepat dan tinggi, layanan dedicated hosting Indonesia jauh berubah di mana beragam provider atau penyelenggara mulai menunjukkan tajinya dengan berbagai kelebihan seperti performa tinggi dan handal. Masalah-masalah negatif sebelumnya jauh berkurang dan sekarang menjadi primadona dan dipercaya bagi para penggunanya.

Berikut ini beberapa pertimbangan yang perlu kamu lakukan:

1. Harga sesuai kebutuhan

Sebelum menentukan pilihan mana, lebih baik kamu mempertimbangkan harga yang ditawarkan oleh penyedia jasa dedicated hosting. Walaupun kamu memilih yang paling mahal, tetap tidak akan ada gunanya jika masih banyak fitur dan alat yang tidak kamu gunakan secara maksimal.

Sebelum harga ditentukan, pastikan dulu kebutuhan dari website yang kamu miliki. Dengan itu, kamu bisa menyesuaikan fungsi yang dibutuhkan dan juga harga yang sesuai.

2. Server yang menggunakan Cloud VPS Parallel

Ada beberapa server yang digunakan dalam layanan dedicated. Akan tetapi, layanan dedicated hosting Indonesia dengan performa tinggi dan handalbiasanya menggunakan Cloud VPS Parallel. Ini bisa kamu pilih agar nantinya bisa melakukan konfigurasi atau kontrol penuh terhadap server dengan didukung oleh suatu kontrol panel yang akan semakin memberikan performa tinggi dan handal.

3. RAM yang sesuai dengan kebutuhan website

Pertimbangan ketiga adalah dengan memilih dedicated server dengan kapasitas RAM yang memang dibutuhkan oleh website milikmu. Ini sangat penting untuk dipertimbangkan lantaran RAM yang cukup besar akan membantu website untuk mendapatkan kecepatan akses yang sangat tinggi.

4. Hardware dan software berlisensi untuk keamanan

Yang penting lagi untuk teman-teman pertimbangkan, dedicated server yang kamu pilih harus sudah memiliki spesifikasi hardware dan juga software yang memiliki lisensi resmi atau legal dan memang terbukti bisa meningkatkan keamanan pada website yang kamu miliki.

Ini harus kamu pertimbangkan agar tidak terjadi kerugian di kemudian hari. Apalagi pada website yang didalamnya sering mengadakan transaksi secara elektronik, keamanan dari pengunjung maupun website nya sendiri harus benar-benar dipertimbangkan sebelum memilih layanan jenis ini.

Beberapa pertimbangan di atas ada baiknya kamu lakukan ya. Ini penting agar nantinya kamu bisa mendapatkan harga, layanan, spesifikasi, dan juga kebutuhan komponen dalam dedicated server yang sangat mendukung kinerja dari website kamu.

5. Pilihlah Data Center di Indonesia

Layanan dedicated di tanah air juga sudah mulai banyak yang menyediakan. Dengan berbagai keunggulan dan dipercaya kehandalannya, banyak webmaster Indonesia mulai melirik server dengan data center lokal.

Selain itu layanan dedicated server di Indonesia ini juga sudah memiliki sertifikat tier dan ISO 9001 sebagai bentuk standarisasi internasional dalam hal kualitas. Belum lagi adanya sertifikasi keamanan PCI-DSS, ISO 27001 ataupun SOC Type 2.

Baca Juga  Hosting Murah, SheHoster Hosting Tangguh Berkualitas

Keunggulan Dedicated Hosting Lokal

Berikut ini beberapa keuntungan dan keunggulan jika kamu memilih layanan dedicated Indonesia dengan performa tinggi dan handal:

  • Kecepatan hingga 10 Gbps dan bisa membuat pengaksesan website atau aplikasi teman-teman jau lebih cepat dan lancar plus adanya free bandwidth.
  • Dedicated resource yang lebih baik. Meski di Indonesia kita tetap bebas mengatur ragam penggunaan sumber daya pada layanan server yang kita pilih hingga maksimal. Tentunya kekhawatiran akan penggunaan resource dengan pengguna lain hilang sejak kita memilih layanan ini.
  • Kontrol Panel yang memudahkan pengguna. Biasanya provider menyediakan sebuah platform untuk memanajemen infrastruktur cloud plus adanya berbagai macam fitur pendukung dan juga memilik tampilan yang sederhana ataupun mudah. Sehingga website, aplikasi, atau apapun bentuk data di dalam server bisa kita kelola dan kontrol dengan mudah.
  • Pilihan Managed, dimana jika kamu belum terlalu akrab dengan penggunaan layanan ini biasanya pihak provider menyediakan jenis layanan managed. Penggunaan dari dedicated server yang di sewa juga dikelola dan dibantu oleh provider. Biasanya juga layanan support ini dalam bentuk premium dengan dukungan bantuan technical support melalui ragam platform semisal e-mail, live chat, atau remote access sekalipun.
  • Komunikasi lancar karena sama-sama berbahasa Indonesia.
  • Bisa lebih cepat jika diakses oleh pengunjung asal Indonesia.
  • Memiliki metode pembayaran yang sederhana karena bisa langsung memakai e-wallet atau transfer melalui nomor rekening biasa.
  • Memiliki harga yang kompetitif karena sama-sama menggunakan mata uang rupiah.

Salah satu pilihan yang pernah saya gunakan adalah layanan dari Biznet Gio Cloud yang memang sudah lama memasarkan dedicated server plus memilik ragam keunggulan seperti di atas. Layanan terbaiknya juga tak hanya dedicated juga berbagai ragam paket lainnya.

Bulan Agustus ini malah banyak juga promo dari layanannya seperti diskon sebesar 25% untuk layanan NEO Web Hosting, atau sebagai berikut:

  1. Diskon berlaku untuk layanan NEO Web Hosting dan NEO Dedicated Hosting
  2. Kode Voucher NEO Web Hosting: NEOWH25 (Sudah Termasuk Domain)
  3. Kode Voucher NEO Dedicated Hosting: NEODH25
  4. Kode Voucher dapat diaktifkan pada periode promo: 20 Agustus 2021 – 20 November 2022 di https://web.neo.id
  5. Diskon hanya dapat digunakan untuk billing cycle annual
  6. Diskon hanya berlaku untuk pengguna baru
  7. Kode promo hanya dapat di-redeem sebanyak satu kali untuk setiap akun yang sudah terdaftar

Layanan Biznet ini bisa dikatakan hanya merupakan salah satu layanan dedicated di tanah air, Masih banyak pula pilihan lain yang juga memiliki berbagai keunggulan. So.. itulah beberapa ulasan tetang serba-serbi layanan dedicated Indonesia dengan performa tinggi dan handal yang saya tau dan pahami. Semoga bermanfaat buat teman-teman yang membutuhkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *