Lompat ke konten

Mail Hosting Indonesia Untuk Bisnis, Perlukah?

  • Hosting
  • 6 min read
email hosting indonesia

Dulu-dulu ngga pernah kepikiran bakal punya mail hosting Indonesia sendiri dan hanya bayangin gunain layanan email gratis biasa seperti gmail atau Yahoo saja. Namun ternyata ada bagusnya juga kita menggunakan email dengan hosting plus domain sendiri. Apalagi untuk bisnis rasanya membuat email atau surat elektronik yang kita gunakan lebih secure atau lebih baik saja jika dibandingkan dengan layanan alamat email gratis.

Melihat dari sisi bisnis juga ada baiknya. Dengan menggunakan email dengan server sendiri, kita bisa menyimpan surat elektronik penting seperti invoice, surat perjanjian dan banyak jenis lainnya. Oleh karena itu jenis-jenis surat yang rasanya penting kita bisa jaga dalam satu server kita sendiri plus lebih bangga lagi dengan menggunakan domain sendiri sehingga menjadi email bisnis profesional.

Mengenal Mail Hosting

mail hosting indonesia

Sejauh yang saya tau, layanan ini menyediakan server sendiri dan perangkat lunak (software) yang dibutuhkan dalam mengelola dan menyimpan surat elektronik kita. Biasanya juga, layanan yang kita gunakan termasuk akses ke antarmuka/ halaman depan webmail yang memungkinkan Kita dalam mengirim dan menerima email melalui browser web seperti chrome atau mozilla, serta akses private ke aplikasi klien email semisal Microsoft Outlook atau Apple Mail yang membuat kita bisa mengelola email dari manapun, entah itu komputer atau perangkat mobile/ smartphone kita.

Keunggulan menggunakan email dengan server sendiri ini juga disediakan fitur-fitur tambahan semisal enkripsi, autentikasi dua faktor, dan adanya dukungan spam filtering yang memiliki manfaat dalam menjaga keamanan email yang kita punya. Walau demikian tentunya layanan ini bisa kita gunakan dengan biaya tambahan atau bisa diaktifkan secara gratis tergantung pada jenis atau penyedia layanan yang akan kita pilih.

Baca Juga  Email Bisnis Profesional, Perlukah Untuk Perusahaan?

Layanan mail hosting (Mailspace) biasanya ditawarkan oleh penyedia hosting atau perusahaan IT, dan bisa kita beli sebagai layanan tambahan (addons) atau sebagai bagian dari paket hosting yang lebih luas. Jika teman-teman memiliki website, kamu mungkin juga bisa mempertimbangkan untuk menggunakan layanan email dengan hosting sendiri yang sama dengan hosting server website yang kamu punya untuk mempermudah pengelolaan dan menjaga konsistensi domain.

Alasan Menggunakan Mail Hosting

Ada beberapa alasan mengapa seseorang mungkin perlu layanan Mailspace ini:

  1. Kapasitas penyimpanan yang lebih besar. Menurut saya layanan berbayar email ini biasanya menyediakan lebih banyak kapasitas penyimpanan (storage) jika dibandingkan dengan layanan email gratis semisal Gmail atau Yahoo Mail, sehingga tentunya sangat cocok untuk pengguna yang membutuhkan ruang penyimpanan yang lebih besar untuk email pribadi atau bisnis mereka.
  2. Kemudahan mengelola email. Layanan premium ini biasanya menyediakan antarmuka webmail yang memudahkan penggunanya mengelola email melalui browser web, serta akses ke aplikasi klien email sebut saja Microsoft Outlook atau Apple Mail yang mampu memudahkan kita dalam mengelola email dari komputer atau perangkat smartphone.
  3. Keamanan yang lebih baik. Yass!! tentu saja, layanan surat elektronik dengan server sendiri ini menyediakan beragam fitur keamanan tambahan semisal enkripsi dan autentikasi dua faktor yang mampu melindungi email yang kita miliki dari akses yang tidak sah.
  4. Dukungan pelanggan. Namanya juga premium dan berbayar, layanyan ini biasanya menyediakan dukungan pelanggan yang bisa dihubungi jika kita sebagai pengguna memiliki masalah atau pertanyaan tentang layanan mereka. Kalau kita menggunakan layanan gratis, entah kapan-kapan baru dibalas pertanyaan yang kita punya.
  5. Konsistensi domain. Jika kita memiliki website, menggunakan layanan dengan server sendiri yang sama dengan server website kita tentunya bisa membantu menjaga konsistensi domain dan mempermudah pengelolaan.
Baca Juga  Begini Tips Memilih Hosting Yang Tepat Bagi Pemula

Pastinya ada banyak hal lainnya yang bisa menggugah pendirian untuk menggunakan layanan berbayar ini. Akses email tanpa iklan, bisa kirim attachment ukuran besar, ada backup berkala dan banyak hal positif lainnya. Selain itu ada baiknya kita juga memilih layanan yang server-nya berada di tanah air, agar akses lebih cepat dan dukungan lebih mudah karena menggunakan bahasa yang sama.

Memilih Mail Hosting Indonesia

Menurut saya pilihan hosting email Indonesia tergantung pada kebutuhan ataupun anggaran yang kita miliki. Misalnya nih, sengan ukuran space yang besar tentu harga yang disediakan juga lebih mahal. Atau ingin bandwith yang juga besar tentu harga juga berbeda dari layanan lainnya. Berikut adalah beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan saat memilih mailspace Indonesia:

  • Kemampuan hosting. Tentu saja ya teman-teman ada baiknya untuk memastikan layanan mailspace yang kita pilih memiliki kapasitas yang cukup untuk menampung email kita nanti dan memiliki fitur-fitur yang sangat kita butuhkan, semisal kalender, kontak, dan pengelolaan folder yang sederhana.
  • Keandalan dan kecepatan. Ada baiknya mencari email hosting Indonesia yang terkenal dengan keandalan yang tinggi dan kecepatan yang baik. Ini penting agar email kita selalu tersedia dan dapat diakses dengan mudah serta cepat.
  • Harga. jangan lupakan untuk mempertimbangkan anggaran pada saat memilih mailspace Indonesia. Beberapa hosting mungkin lebih mahal, tetapi mungkin memiliki fitur yang lebih baik atau lebih andal.
  • Dukungan pelanggan. Ini sudah barang tentu penting. Pastikan layanan mailspace yang kita pilih memiliki tim dukungan pelanggan yang responsif dan membantu jika kita mengalami masalah dengan hosting email yang kita gunakan.

Setelah mempertimbangkan faktor-faktor ini, kamu bisa membandingkan beberapa pilihan mailspace Indonesia yang tersedia di tanah air dan memilih yang paling sesuai dengan kebutuhan. Jangan lupa untuk membaca ulasan dan mengecek reputasi dari masing-masing penyedia hosting untuk memastikan bahwa Kamu memilih yang terbaik.

Baca Juga  Percayakan Keamanan Server Anda di NEX Data Center

Mail Hosting Indonesia terbaik menurut a-pradana.net

Sejak mengenal internet dari tahun 2002 hingga kini, ada beberapa layanan mailspace Indonesia yang pernah saya coba. Meski demikian hanya beberapa yang meninggalkan bekas positif di pikiran dan hati. Sisanya kebanyakan mengecewakan, mulai dari support, hingga kemampuan mail hosting tersebut.

Kalau ditanya mana yang bagus selama saya pernah gunakan untuk pribadi ataupun klien, saya lebih merekomendasikan mailspace Indonesia dari layanan Domainesia.

Domainesia adalah penyedia layanan hosting Indonesia yang menawarkan paket hosting email. Domanesia sendiri sudah berdiri sejak tahun 2009 lalu dan tentunya sudah banyak pula pengalamannya sehingga menjadi hosting terbaik di Indonesia. Oh iya, berikut adalah beberapa fitur yang ditawarkan oleh Domainesia untuk hosting email:

  • Kapasitas penyimpanan yang besar: mail hosting Indonesia dari Domainesia menawarkan kapasitas penyimpanan hingga 30 GB per akun email.
  • Akses webmail: Kita dengan mudah dapat mengakses email melalui webmail yang disediakan oleh Domainesia. Belum lagi udah bebas iklan dan memiliki tampilan intuitif.
  • Fitur keamanan: Domainesia menawarkan fitur keamanan seperti enkripsi SSL dan autentikasi 2-faktor untuk menjaga keamanan email bisnis kita. Tak perlu khawatir dengan adanya spam karena adanya Premium Anti-Spam Filter.
  • Integrasi dengan aplikasi email populer: Domainesia menawarkan integrasi dengan aplikasi email populer seperti Microsoft Outlook dan Mozilla Thunderbird.
  • Dukungan pelanggan: Domainesia menawarkan dukungan pelanggan melalui telepon, email, dan layanan chat. Bantuan tim support siaga 24×7.

Jika kamu tertarik dengan mail hosting Indonesia dari Domainesia, kamu dapat mengunjungi situs web mereka untuk mengetahui lebih lanjut tentang paket hosting email yang tersedia dan harga yang ditawarkan. Selalu baca ulasan dan bandingkan dengan pilihan hosting email lain sebelum membuat keputusan akhir.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!