5 Perbedaan Antara Koper Sisi Keras dan Sisi Lunak

  • Tips
Perbedaan Antara Koper Sisi Keras dan Sisi Lunak

Memilih koper harus berhati-hati, karena koper yang Anda bawa akan menjadi penentu apakah perjalanan Anda menjadi semakin lebih mudah atau tidak.

Secara umum ada dua jenis koper yang dijual di pasaran, yakni sisi keras koper (hard sided) dan sisi lunak koper (soft sided). Koper sisi keras pada umumnya merupakan koper yang terbuat dari materi padat dan tahan dengan senjata tajam, sedangkan koper lembut adalah koper yang terbuat dari materi kain dan mudah masuk di berbagai tempat.

Koper yang dijual di pasaran baik itu hard sided dan soft sided memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Anda harus wajib mengetahui plus minus dari masing-masing jenis produk tersebut.

Supaya gampang memilih, artikel ini akan membahas 5 perbedaan antara koper sisi keras dan sisi lunak. Beberapa di antaranya adalah:

1. Bahan

Perbedaan Antara Koper Sisi Keras dan Sisi Lunak

Salah satu yang menjadi pembeda antara koper sisi keras dengan koper sisi lunak adalah terlihat dari bahannya. Koper sisi keras atau hard sided biasanya terbuat dari plastik yang berupa ABS dan polycarbonate. Bahan ABS adalah bahan yang paling ringan dari seluruh bahan koper sisi keras dan bahan polycarbonate yang cenderung lebih tahan lama. Di samping itu, ada juga beberapa koper yang terbuat dari aluminium yang memiliki beban yang sangat berat, namun memiliki bahan yang sangat kuat.

Sedangkan bahan koper sisi lunak atau soft sided biasanya terbuat dari anyaman nilon. Anyaman nilon tersebut berupa balistik dan ripstop. Bahan balistik adalah bahan yang cenderung halus dan memiliki warna yang bersinar, sedangkan ripstop adalah bahan koper yang berbentuk seperti kain parasut.

2. Fleksibilitas

hard side suitcase

Perbedaan yang paling mencolok antara kedua koper tersebut adalah dalam hal fleksibilitas. Koper sisi keras adalah koper yang paling tidak fleksibel dibandingkan koper sisi lunak. Hal ini dikarenakan koper sisi keras tidak bisa dipaksa untuk memuat terlalu banyak barang, yang dikarenakan materialnya yang rigid dan kokoh.

Bila Anda menggunakan koper sisi lunak, koper ini menjadi pilihan yang tepat untuk memuat berbagai barang di dalamnya. Hal ini karena bahan kain yang ada pada koper bisa mentoleransi muatan barang yang ada di dalam koper.

3. Resistensi

Perbedaan Antara Koper Sisi Keras dan Sisi Lunak

Keunggulan dari koper sisi keras adalah bahannya yang sangat resisten, khususnya terhadap air. Koper sisi keras memiliki bahan yang anti cairan, sehingga tahan terkena air hujan dan kelembaban.

Hal ini berbeda dengan koper sisi lunak. Bahan kain yang ada di dalam koper sangat rentan terhadap masuknya air. Di samping itu, jenis koper ini juga rentan terhadap lembab, cepat bau serta mudah terkena noda dan kotoran. Inilah mengapa koper sisi lunak adalah koper yang memerlukan perawatan ekstra meskipun kedua koper juga harus dirawat dengan baik.

4. Ketersediaan Kantong

Perbedaan Antara Koper Sisi Keras dan Sisi Lunak

Perbedaan kedua jenis koper ini dapat juga dilihat dari ketersediaan kantong. Koper sisi keras adalah koper yang hampir tidak ditemukan kantong ekstra yang sebenarnya sangat penting untuk menyimpan berbagai barang.

Bila Anda ingin koper yang memiliki banyak kantong, maka koper sisi lunak menjadi pilihan yang terbaik. Selain fleksibel, koper ini dapat menyimpan berbagai barang karena ketersediaan kantong yang cukup banyak di dalamnya.

5. Keamanan

Perbedaan Antara Koper Sisi Keras dan Sisi Lunak

Kedua jenis koper sebenarnya sudah aman, namun bila tidak dijaga dengan baik, maka akan menimbulkan masalah yang membuat koper menjadi terbobol.

Misalnya bila Anda tidak menjaga koper sisi keras dengan baik, maka akan dapat menyebabkan koper menjadi pecah dan dapat dengan mudah dibobol oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Sedangkan koper sisi lunak akan lebih mudah dirobek dengan menggunakan pisau, yang dikarenakan oleh bahan nilon yang mudah ditusuk.

Catatan

Setelah mengetahui perbedaan antara koper sisi keras dan koper sisi lunak, Anda harus wajib mengetahui apa-apa saja hal terbaik yang harus dilakukan dalam membeli koper. Dilansir dari beberapa sumber, untuk mendapatkan koper terbaik adalah dengan cara pilih ukuran koper sesuai kebutuhan dan carilah warna yang cerah agar lebih mudah saat mengambilnya di bagasi.

Di samping itu, pilih koper dengan roda 4 jika Anda sering bepergian serta cari koper dengan kunci TSA bila Anda sering pergi keluar negeri. Hal-hal tersebut akan membuat perjalanan Anda semakin mudah karena telah memilih koper yang terbaik.

Itulah perbedaan antara koper sisi keras dan koper sisi lunak, semoga Anda dapat memilih dengan bijak koper yang bagus sesuai dengan kebutuhan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *