7 Tips Sewa Apartemen Murah Yang Tetap Nyaman

7 Tips Sewa Apartemen Murah Yang Tetap Nyaman

Walaupun saat ini tetap stay at home karena pandemi Covid-19, ga ada salahnya bercerita sedikit. Oh iya siapa bilang menyewa apartemen harus mahal? Well, Jika kamu pintar mencari, kamu bisa sewa apartemen murah dengan kualitas dan fasilitas yang oke, lho! Bagaimana caranya mencari apartemen sewaan yang ramah kantong dan bikin betah?

Yuk, simak 7 tips sewa apartemen murah ini!

  1. Tentukan kriteria apartemen yang dibutuhkan
7 Tips Sewa Apartemen Murah Yang Tetap Nyaman

Tentukan kriteria yang dibutuhkan

Hal pertama yang harus kamu lakukan jika mau sewa apartemen murah tentu saja menentukan kriteria hunian yang kamu butuhkan. Apa benar apartemen adalah tipe hunian yang sesuai? Jika iya, maka tipe apartemen seperti apa yang ingin dicari?

Apartemen sendiri memiliki banyak tipe unit, dari muali apartemen tipe studio, tipe 1 kamar tidur, tipe 2 kamar tidur, hingga tipe 3 kamar tidur. Spesifikasi unitnya pun berbeda-beda. Namun, sewa apartemen murah yang paling umum adalah tipe apartemen studio.

Mengapa? Tipe apartemen studio biasanya ditawarkan dengan harga paling terjangkau. Dengan bentuknya yang seperti ruangan studio tanpa sekat, membuat tipe apartemen ini cocok untuk mahasiswa, karyawan, atau siapapun yang masih lajang.

  1. Tentukan budget sewa apartemen

7 Tips Sewa Apartemen Murah Yang Tetap NyamanSetelah tahu akan sewa apartemen seperti apa, saatnya menentukan budget sewanya. Ketika kamu memutuskan untuk sewa apartemen, pastinya kamu tahu kalau budget yang harus kamu siapkan akan lebih tinggi dari budget menyewa kost.

Namun, alangkah baiknya jika sedari awal kamu menetapkan berapa budget maksimal yang akan kamu gunakan. Jika over budget atau melebihi budget, jangan memaksakan untuk sewa apartemen tersebut. Kamu lebih baik mencari sewa apartemen murah lain yang harganya sesuai.

  1. Pilih lokasi dengan cermat
Pilih Hotel Kuala Lumpur atau Menggunakan Airbnb Kuala Lumpur

Bersantai sejenak di Dupion pool

Bagaimana bisa mencari sewa apartemen murah yang harganya sesuai budget? Kamu harus memilih lokasi apartemen dengan cermat. Kenyataannya, lokasi sangat berpengaruh pada harga sewa apartemen murah atau mahal.

Apartemen yang berada di pusat kota pasti punya harga sewa apartemen yang tinggi. Beda ceritanya jika kamu cermat mana saja lokasi yang tidak jauh dari pusat kota namun masih mematok harga sewa apartemen murah.

Bagaimapun, memilih lokasi apartemen harus sesuai dimana kita akan banyak menghabiskan waktu. Misalnya, jika setiap hari harus pulang pergi ke suatu tempat tertentu, lebih baik mencari sewa apartemen di sekitar lokasi itu.

Walaupun biaya sewa apartemen yang berlokasi di pinggir kota atau kurang strategis lebih murah, namun tidak berarti dapat menghemat pengeluaran. Kamu juga perlu menghitung sejumlah kebutuhan, misalnya biaya transportasi dari apartemen ke tempat kerja.

Jika setelah dihitung biaya transportasi yang kamu butuhkan hampir setara dengan harga sewa apartemen murah, lebih baik kamu menyewa apartemen yang jaraknya masih dekat dengan pusat kota atau berada di pusat kota.

  1. Riset harga sewa apartemen murah

Jika kamu sudah menemukan beberapa pilihan sewa apartemen murah, saatnya mencari mana yang paling murah. Kamu bisa memanfaatkan situs-situs properti seperti 99.co Indonesia untuk melakukan riset harga sewa apartemen murah ini dengan mudah.

Tak hanya membandingkan harga, kamu bisa bandingkan banyak aspek lain seperti fasilitas gedung dan unit apartemen, fasilitas umum di area sekitar apartemen, dan masih banyak lagi. Ketika memilih hunian, tentu saja kita memiliki banyak pertimbangan, bukan?

Ketimbang harus mencari dari satu apartemen ke apartemen lain dan memakan banyak waktu, uang, dan tenaga, riset harga sewa apartemen murah jauh lebih mudah dan efektif dengan keberadaan situs jual beli properti seperti ini.

Dengan cara seperti ini, kamu bisa menemukan apartemen dengan fasilitas unit yang lebih lengkap, lokasi lebih strategis, dan harga sewa lebih murah. Menarik, kan?

  1. Sewa apartemen tahunan lebih murah

Jika kamu mencari sewa apartemen murah, sebaiknya kamu mencari sewa apartemen tahunan. Umumnya, jika dihitung secara baik-baik, sewa apartemen tahunan jatuhnya akan lebih murah jika dibandingkan dengan sewa perbulan.

Bukan tanpa alasan, pemilik apartemen kebanyakan mencari penyewa jangka lama alias tidak sebulan dua bulan pindah. Jadi, tidak heran jika harga sewa apartemen tahunan dibuat lebih murah dari sewa bulanannya.

Salah satu perhitungan yang paling umum adalah pemilik apartemen menghitung sewa 1 tahun hanya 10 bulan saja. Jika harga sewa perbulan 3 juta, maka harga sewa setahun biasanya hanya dipatok 30 juta. Oleh karena itu, kamu bisa dapat sewa apartemen murah dan menghemat 6 juta per tahun.

  1. Sewa apartemen berdua dengan teman

Kalau kamu merasa sewa apartemen sendiri terlalu mahal, tak ada salahnya untuk mengajak teman terdekat untuk ikut menyewa. Kalian akan jadi teman sekamar dan harga sewa apartemen yang dibayarkan pun akan dibagi dua.

Tapi, pastikan kamu mengajak orang ya tepat, ya! Jangan sampai rencana menghemat uang dengan sewa apartemen murah berdua malah berujung jadi malapetaka. Pastikan kamu sudah sangat mengenal calon teman sekamarmu ini agar semua lancar ke depannya

  1. Pahami kontrak sewa apartemen dengan benar

Yang terakhir ini tak kalah penting. Kamu harus pahami dengan baik kontrak sewa apartemen yang kamu tandatangani. Jangan sampai, iming-iming sewa apartemen murah termakan dan akhirnya kamu harus mengeluarkan banyak biaya tambahan untuk operasional apartemen.

Pastikan perjanjian yang menyangkut dengan uang jelas di kedua belah pihak. Harga sewa apartemen murah ini mencakup apa saja? Jika ada kerusakan, siapa yang akan menanggung biayanya? Apakah ada deposit dan apa ketentuannya? Dan masih banyak lagi.

Itu dia 7 tips sewa apartemen murah yang tetap membuat kamu merasa nyaman. Harga murah tidak lantas merenggut kualitas dan rasa nyaman, kok! Jika kamu pintar mencari sewa apartemen murah yang oke punya, pastinya semua masalah hunian sementara akan terpecahkan!

26 tanggapan pada “7 Tips Sewa Apartemen Murah Yang Tetap Nyaman”

  1. Sebenarnya secara garis besar sewa apartemen itu sama dengan sewa rumah ya bang. Hanya saja untuk nyari tempat tinggal yang strategis di kota besar, memang bagusnya pilih sewa apartemen kalau budgetnya cukup.

      1. Karena sering nonton drakor, aku jadi suka dengan apartemen. Hahaha. Alasannya ga banget, yah. Tapi untuk orang-orang yang tinggal di kota besar dengan aktifitas yang padat, tinggal apartemen justru bagus karena suasananya lebih privat gitu. Kalo ngekos di komplek suka sebel di kepoin tetangga. Hahaha

  2. Yes bener, kontrak sewa apartemen harus di review dengan seksama. Jangan ngasal teken, karena isinya emang beda, misal untuk biaya kebersihan, keamanan dan parkir itu biasanya terpisah, jadi kalau dapet yang all in one jadi lebih hemat jatohnya. Setau ku sih gitu kak :))

    Ada rekom apartemen kak di Pekanbaru ? hmm apa ada ya…

    1. iya bener banget ca, emang harus dibaca kontrak sewanya. Kebersihan atau keamanan itu bedaaaa. Di Pekanbaru ada sih apartemen, tapi masih kalah saing dengan rumah kontrakan ca

  3. Muhammad Nur Ardi Handayat

    Wah, dari dulu aku penasaran banget bagaimana rasanya menginap di apartemen. Soalnya dulu pikirku apartemen itu harganya pasti mahal, ternyata enggak juga ya, kak. Setelah baca tips ini baru tau ternyata kita bisa dengan mudah mencari apartemen yang murah dan nyaman. Semoga suatu saat bisa mencobanya!

  4. Ouw bener juga yaaa,

    Aku selama ini dengar kata apartemen aja bawaannya udah takut mahal aja, tapi ternyata bisa disiasati supaya bisa hemat.

    Belum lagi kalau kaya di kota-kota besar posisi apartemen biasanya lebih strategis ketimbang rumah kosan atau sewa biasa ya kan bang.

    Belum lagi jaman sekarang untuk hunting apartemen sudah banyak situs-situs yang membantu ya bang.

  5. Memang pada akhirnya kalau mau sewa apartemen kembali ke budget ya bang, dulu aku mau gamau sewa setengah tahun duli walaupun lebih mahal, drpd langsung setor uang gede bgt buat setahun hehe..

  6. nice info banget iniiii, aku c nyewa apartemen pas travelling aja haha air bnb gitu, prefer yang ada kamar mandi didalem walaupun breng2 smaa orang lain, tapi skrg corona bakal lama ni kaga mampir2 ke apartemen hihi

  7. Dulu pernah berkhayal pengen tinggal di Apartemen atau Ruko. Biasa, otak bisnisnya jalan, biar bisa nyambi buka usaha, karena biasanya lokasinya strategis kan ya. Cocok banget nih infonya untuk yang hidup di kota-kota besar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *