Begini Tips Optimasi Postingan WordPress Agar Ramah SEO

Tips optimasi postingan wordpress agar ramah SEO ada banyak yang bisa kamu terapkan dalam pengembangan blog atau website yang kamu punya. Tentunya komponen-komponen yang ada bisa sangat berpengaruh untuk kesuksesan website yang sedang kamu bangun.

Dengan memperhatikan hal ini, kamu bisa mendatangkan traffic atau kunjungan organik yang bagus dari mesin pencari. Orang-orang dan para pengunjung itu akan datang ke web atau blog yang kamu buat melalui kata kunci atau keyword di dalam artikel. Jenis artikel yang mudah dibaca (friendly) dan bagus tentunya sangat berpengaruh dan paling utama dalam sebuah website.

Artikel atau biasa disebut konten dalam sebuah website sekarang menjadi kekuatan utama. Kamu bisa mencari niche yang banyak orang cari atau mencari bahan yang sedang populer saat ini. Atau bisa juga kamu membahas keyword abadi yang biasa memang lebih susah untuk berada di tempat pertama. Pasalnya saingan atau website kompetitor lebih dulu berada di page one. Nah untuk mengatasi hal ini, kamu perlu melakukan beberapa hal misalnya SEO On-page yang pernah saya bahas sebelumnya.

Cara Optimasi Postingan WordPress 2021

optimasi postingan wordpress

Ada banyak usaha yang dilakukan oleh para pemilik website dalam mengembangkan situs atau web yang dimilikinya, termasuk sebuah situs berbasis wordpress. Apalagi jenis Content Management System (CMS) ini memang friendly dan mudah digunakan. Tetapi masih banyak teman-teman yang masih belum memahami cara optimasi yang tepat.

Dalam artikel kali ini, saya akan coba sharing sejauh yang saya pahami dalam menulis postingan dengan baik. Ini berlaku untuk semua topik yang kamu kerjakan dan tidak terpaku pada satu topik saja. So bagi kamu yang masih baru dan belum mengetahui saya rasa bisa bermanfaat sekali. Sebaliknya jika Kamu dalam level advanced, mohon diberikan tambahan lewat komentar ya.

Baca Juga  Membuat Blog di Wordpress, Ini Dia Cara Mudahnya !

Ketahui Target Kamu

Optimasi Postingan WordPress dengan adwords

Sebelum menulis sesuatu, kamu harus lebih dulu mengidentifikasi target audiens atau keyword (kata kunci). Misalnya kamu ingin menulis dan mengincar page one, kamu harus lebih dulu menentukan keyword atau frasa dengan baik. Ingat, semakin panjang keyword atau frasa semakin mudah untuk berada di peringkat atas.

Untuk mendapatkan kata kunci yang bagus, kamu perlu menggunakan keyword research tool misalnya Google Adwords untuk melakukan penelitian. Oh iya, Saya tidak akan membahas tool mana yang bagus, karena nanti bahasannya akan kemana-mana.

Judul Dengan Keyword

Optimasi Postingan WordPress ramah seo

Pastikan kamu memberikan keyword pada tag header karena ini akan sangat berpengaruh. Lebih spesifik, biasanya pada tag H1 juga berikan keyword (judul artikel). Sisanya biasa saya meletakkanya pada tag H2 atau biasanya berada dalam konten, juga jangan dilupakan. Sedangkan di tag H3, ini biasa ini berupa sub judul yang bisa kamu letakan keyword turunan.

Namun sekarang google lebih baik dalam mengenali hal ini. Jadi kamu tidak perlu selalu meletakkan keyword di semua tempat itu. Karena nanti, website kamu malah di anggap spam oleh mesin pencari.

Keyword Density

Keyword Density juga sangat penting bagi postingan yang kamu buat. Pastikan keyword yang kamu incar ada di dalamnya dan tidak terlalu banyak atau terlalu sedikit. Dari berbagai sumber, biasanya Keyword Density itu idealnya adalah 2%-5%. Namun sekarang semua tidak pasti dan selalu algoritma google akan berubah terus menerus.

Saran dari saya yang pernah diajarin juga, setiap kamu menulis lebih baik meletakkan keyword jangan lebih dari 5. Untuk minimal, mau bisa meletakkan 1 keyword di paragraf pertama, 2 tengah, 1 paragraf terakhir dan pastinya 1 keyword yang ada pada tag H2 atau H3. Ini juga tergantung dari jumlah kata yang kamu buat dalam satu artikel. Beberapa info mengatakan jika artikel 600 – 800 kata, lebih baik daripada artikel yang hanya 400 kata.

Baca Juga  Berikut Cara Menambahkan Situs WordPress Ke Google Search Console Gan !

Tips Yang Lain

Optimasi Postingan WordPress ramah seo

Selain membuat postingan wordpress yang seo friendly dengan cara di atas, ada beberapa tips lainnya yang juga bisa dicoba. Karena faktor optimasi kadang kala tak hanya dari tulisan, tetapi juga elemen pendukungnya semisal gambar atau video.

Optimalkan Gambar

Gambar atau image juga akan berpengaruh besar dan menjadi salah satu tips optimasi postingan wordpress agar ramah SEO. Pasalnya, tidak semua visitor akan datang melalui artikel saja. Bisa juga mereka datang dari Image atau gambar yang kamu letakan di dalam sebuah postingan. Jangan lupa meletakkan keyword di judul gambar dan juga keyword turunan di alternatif text (alt text). Untuk deskripsi, itu tergantung kamu ingin mengisinya atau tidak.

Selain itu, pastikan gambar memiliki ukuran besar dan tidak terlalu kecil. Jika kamu mengambil gambar dari website lain, pastikan memberikan keterangan. Bisa juga kamu mengedit gambar jika kamu rasa terlalu banyak yang sama di mesin pencari.

Italics Dan Bold

Masih jadi perdebatan sampai sekarang mengenai Italics Dan Bold pada artikel yang kamu tulis. Ada yang menyarankan jika memberikan Italics Dan Bold pada keyword, ada juga yang menyarankan sebaliknya. Mereka yang menyarankan sebaliknya mengatakan jika Italics Dan Bold lebih baik digunakan di keyword turunan. Menurut mereka, jika Italics Dan Bold di gunakan untuk keyword utama itu tidak akan powerfull. Saya sendiri lebih memilih Bold pada 1 kata kunci saja.

Outbound Links

Ini juga masih menjadi perdebatan apakah Outbound Links mempengaruhi SEO atau tidak. Dari info yang ada di semrush, Outbound Links memang belum bisa dipastikan berpengaruh, tapi ini cukup bagus jika kamu letakan di dalam artikel. Namun jika kamu terlalu banyak memberikan Outbound Links, ini malah akan merusak website kamu. Jadi berikan Outbound Links secara wajar dan letakan pada kata-kata tertentu atau yang di anggap kamu penting.

Baca Juga  Bingung Wordpress.com VS Wordpress.org - Mana Lebih Mantap ?

Misalnya kamu memberikan Outbound Links untuk memberikan informasi detail tentang sumber. Ini lebih baik daripada kamu menggunakannya untuk keyword utama atau kata kunci turunan. Jadi semua sekarang kamu bisa memilih menggunakan Outbound Links atau tidak dalam artikel kamu. Lebih baik lagi kamu bisa melakukan riset sendiri dan tentunya hasilnya akan lebih baik.

Untuk outbound links atau external links ini, saya kebanyakan membuat link ke sumber-sumber terpercaya semisal Wikipedia, media online kelas atas dan lainnya. Lebih dari pada itu saya hanya menggunakan link keluar ini untuk kerjasama sponsorship.

Masih banyak tips optimasi postingan wordpress agar ramah SEO. Baik dari on page SEO atau Off Page SEO, semua memiliki kekuatan masing-masing. Jadi lebih baik memadukan keduanya agar lebih bisa berefek pada website dan menempati posisi atas. Rajin-rajin juga membaca artikel dari website-website yang sering mengulas tentang Seo semisal seroundtable, searchengineland, searchenginejournal atau neilpatell. Mudah-mudahan bermanfaat ya, jika ada saran atau masukan bisa di kolom komentar :D.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *