Resolusi Tahun Baru 2021 Untuk Diri Yang Lebih Baik

Resolusi Tahun Baru 2021 Untuk Diri Yang Lebih Baik

Tahun 2020 telah berakhir, apa hal yang kamu capai dalam setahun belakangan? Apakah resolusi yang kamu buat di awal tahun 2020 terwujud sepenuhnya? Apabila belum, masih ada tahun ini yang bisa menjadi kesempatan untukmu dalam menyelesaikan hal yang kamu mulai dengan resolusi tahun baru 2021.

Tak bisa dipungkiri, biasanya tiap awal tahun biasanya banyak orang ramai-ramai menyiapkan dan membuat harapan hidup ke depan. Tujuannya tentu sangat baik agar bisa mencapai tujuan hidup sekalian bisa merefleksikan dan mengevaluasi apa saja yang telah dilakukan setahun belakangan.

Dan memang di dalam perjalanannya tentu tak mudah, sebab ada saja hambatan dan alasan yang membatalkan atau membuat apa yang kita inginkan urung terlaksana, tak terkecuali saya pada saat menyusun resolusi tahun 2019 lalu.. Padahal jika kamu berhasil melakukannya tentu saja bisa membuat semua harapan yang kamu inginkan berjalan dengan baik.

Dari sini apakah kamu sudah paham pentingnya sebuah resolusi di awal tahun? Dalam resolusi ini kamu bisa mencanangkan banyak agenda dan hal yang harus kamu capai dalam tahun berjalan. Untuk kata yang lebih mudah, resolusi ini berfungsi sebagai pengingat anda agar tidak keluar jalur yang telah kamu tentukan sendiri.

Tahun 2021 telah tiba, sebaiknya kamu membuat resolusi yang realistis, sederhana dan tidak muluk-muluk agar mudah untuk dicapai. Untuk menambah motivasi ketika menuliskan apa tujuan atau keinginan, berikut ini saya telah merangkum beberapa alasan mengapa saya dan kamu harus menyiapkan resolusi dan harapan untuk menyongsong tahun 2021.

Alasan Pentingnya Membuat Resolusi Tahun Baru 2021

resolusi tahun baru 2021

Menetapkan harapan dan tujuan hidup memang sudah seharusnya dilakukan sejak awal. Situasi ini baik untuk membantu kita dalam menetapkan resolusi terbaik yang kita pilih. Oleh karena itu penting untuk setiap kita membuat resolusi. Berikut beberapa alasan yang pernah keluar dari kepala saya, meski terkadang dari resolusi yang saya buat tak semuanya tercapai.

Membantu Wujudkan Tujuan

Setiap makhluk hidup yang berada di bumi tentu dalam hari-harinya memilik tujuan yang ingin dicapai. Namun dengan berjalannya waktu, banyak orang yang melupakan tujuan tersebut karena terlalu sibuk dengan kegiatan yang menyibukan diri.

Inilah pentingnya membuat resolusi untuk menyongsong tahun baru yaitu sebagai pengingat akan tujuan yang ingin dicapai. Resolusi berfungsi sebagai reminder ketika kamu telah keluar jalur dari tujuan yang kamu tetapkan.

Tujuan tersebut bisa saja dalam hal karir, kehidupan sosial, kisah asmara, keluarga, dan masih banyak lagi. Setiap topik bebas untuk kamu jadikan resolusi.

Bahan Evaluasi Diri

Alasan lain yang membuat kamu harus memiliki resolusi tahun baru 2021 yaitu sebagai bahan evaluasi diri. Sebagai manusia biasa, tentunya kita memiliki banyak sekali keinginan dan tujuan yang ingin dicapai. Namun karena kemampuan yang terbatas, banyak keinginan tersebut yang belum bisa terwujud dalam waktu satu tahun.

Namun ketidaksempurnaan tersebut seharusnya bukan menjadi alasan dan tameng bagi kamu untuk berleha-leha sehingga tujuan yang dicanangkan tidak tercapai.

Dari ketidaktercapaian satu tujuan di resolusi tahun lalu, sebaiknya kamu jadikan sebagai bahan evaluasi diri. Dengan resolusi ini kamu bisa merencanakan agenda lain untuk mewujudkan keinginan yang belum terwujud sebelumnya.

Menguji Kemampuan Diri

Satu lagi alasan yang mewajibkan kamu harus membuat daftar harapan di tahun ini yaitu untuk menguji kemampuan diri. Resolusi biasanya berisi beberapa daftar keinginan yang ingin dicapai dalam waktu satu tahun ke dapan. Bukan hanya satu, resolusi ini berisikan lebih dari satu tujuan yang mungkin cukup sulit untuk dicapai.

Baca Juga  10 Cara Ungkapkan Cinta Pada Pasangan Kamu

Mengapa harus membuat tujuan yang sulit dicapai? Bukannya ingin menyulitkan tahun 2021-mu, tetapi resolusi dengan tujuan yang sulit menjadi ajang untuk menguji kemampuan diri. Dengan hal ini kamu bisa mengetahui batas dan kemampuan yang bisa dicapai.

Meskipun demikian, sebaiknya kamu tetap membuat rencana yang realistis dan tidak muluk-muluk ya. Contoh keinginan yang muluk-muluk yaitu ingin membeli lamborgini dalam waktu satu tahun dengan gaji sebesar Rp3 juta sebulan. Bukannya menyepelekan, tetapi keinginan tersebut rasanya sulit dicapai, kecuali kamu memiliki usaha sampingan yang cukup sukses.

Pemacu Semangat

Dalam menjalani hari, tentu kita pernah mengalami satu hari yang menyulitkan dan membuat down diri sendiri. Contohnya saja keuangan yang sedang sulit, bos yang menyebalkan, hingga masalah keluarga. Apabila tidak memiliki pedoman, tentu bisa saja kita akan terpuruk dan hidup dalam bayang-bayang ketakutan.

Sedikit banyak, harapan ini bisa menjadi bahan bakar bagi semangatmu untuk membara kembali. Kamu bisa mengingat kegembiraan dan rasa suka cita ketika kamu menulis resolusi-resolusi tersebut.

Dengan hal ini kamu bisa berfikir jernih dan melihat hari esok yang lebih cerah karena setiap masalah pasti memiliki solusi.

Nostalgia Akhir Tahun

Selain menulis resolusi untuk ke depan, agenda wajib yang harus kamu lakukan ketika penghujung tahun tiba yaitu nostalgia akhir tahun. Kamu bisa membuka catatan resolusi yang telah dibuat dalam beberapa tahun belakangan.

Saya dan kamu bisa melihat apa saja hal yang tercapai dan perjuangan untuk mencapainya. Nostalgia ini juga bisa mengingatkanmu kepada beberapa keinginan yang belum bisa terwujud ataupun tercapai.

Pada momen ini, kamu patut bangga pada diri sendiri karena telah melewati satu tahun yang penuh perjuangan, tawa, tangis, lelah, dan perasaan lainnya. Tetapi sebaliknya jika satupun resolusi kamu tak ada yang tercapai pastinya sedih sekali hahahaha.

Ajang Rasa Syukur

Belum berhasil meraih satu tujuan bukanlah kegagalan yang harus disesali. Setiap tujuan tentu memiliki waktu yang tepat untuk bisa diwujudkan. Dengan hal ini kita bisa melatih rasa sabar dan tidak mudah putus asa.

Kegagalan ataupun keberhasilan yang dicapai dalam satu tahun kebelakang wajib disyukuri untuk menambah rasa cinta pada diri sendiri dan tuhan. Kamu wajib berterima kasih pada diri sendiri karena bisa bertahan dengan kerja keras yang bisa dirasakan diri sendiri pula, apalagi ditengah pandemi saat ini.

Ingat apabila disyukuri, maka nikmatnya akan ditambah. Dengan bersyukur dan sabar tentu tujuan yang sulit dicapai pun bisa terwujud dalam waktu dekat.

Resolusi Saya Tahun 2021

Lalu bagaimana tujuan, harapan dan keinginan saya untuk tahun ini ? Tak muluk-muluk ada beberapa hal yang ingin saya wujudkan, semisal :

Meningkatkan Ibadah

resolusi tahun baru 2021 dengan meningkatkan ibadah
Meningkatkan ibadah shalat dan membaca Alquran. Photo : unsplash

Jujur saja.. hingga saat saya menulis ini ibadah saya masih kurang. Ya bisa dikatakan kurangnya semisal shalat yang masih bolong-bolong. Belum lagi ngaji yang sudah jarang saya lakukan. Saya ingin lebih mendekatkan diri kepada ALLAH SWT, sehingga semuanya menjadi lebih baik dan berkah.

Baca Juga  #JadiBaik di Bulan Baik ? Ini Dia Kebaikan Yg Bisa Kamu Lakukan

Membuat Anggaran Keuangan Lebih Baik

banyakin cuan resolusi tahun baru
Memperbanyak cuan. Photo : unsplash.com

Mengatur keuangan ini bisa dikatakan rada-rada susah juga. Apalagi dengan gaya hidup foya-foya.. padahal ga ingin juga foya foya hahaha.

Kebiasaan saya sukanya belanja-belanja ga jelas atau nongkrong-nongkrong tiap minggu, padahal kadang uang ga ada.

Saya berharap banget tahun 2021 ini bisa berubah, minimal mengurangi. Berusaha untuk belajar menahan keinginan atau selera dalam belanja online ataupun nongkrong sekalipun (nongkrong di cafe maksudnya).

Mengurangi untuk beli baju atau sepatu, tetapi misalkan udah ga muat atau rusak baru beli. Lebih sering-sering lihat struk atau nota belanja makan minum di cafe biar tau seberapa banyak pengeluaran untuk nongkrong. Jangan sampai itu semua memubuat dompet semakin menipis dan menyusahkan diri sendiri. Ga mau makan mie instan akhir bulan (nangis).

Harus lebih hemat dan menyisihkan sebagian anggaran untuk dana darurat atau taktis.

Rubah Gaya Hidup Dengan Makanan Sehat dan Olahraga

hidup sehat resolusi tahun baru
Hidup sehat dan olahraga. Photo : unsplash

Ga bisa dupungkiri hampir tiap tahun saya merencanakan hal ini. Tapi ya lagi-lagi kalah dengan keadaan di lapangan dan masa bodoh. Saya sangat berharap pada tahun ini harus memiliki pola hidup yang sehat. Apalagi ada segudang manfaat jika hidup dengan pola hidup ini, salah satunya adalah yang bisa mempengaruhi kebahagiaan dari segi psikologi diri.

Semenjak awal tahun ini juga saya sudah mulai rutin berolahraga, meski seminggu kadang cuma 1-2 kali. Tapi tak masalah karena masih awal mula. Karena kerja, saya bisanya olahraga setiap sore hari atau saat weekend saja.

Yang menjadi tantangan adalah mengurangi begadang tiap malam dan mengurangi scroll TikTok, sebab platform social media yang satu ini selalu menemani ketika mau tidur. Hal yang wajib lainnya yang harus saya lakukan agar hidup sehat adalah rutin konsumsi air putih. Alhamdulillah mulai berubah dengan bawa tumblr air minum ke kantor, dan ketika lihat itu selalu ingin minum air putih.

Selain memikirkan diri dengan sehat secara fisik, saya juga berharap kesehatan mental juga lebih baik. Mulai lebih bisa bersabar dengan melakukan pengendalian diri yang baik. Dari kecil dulu saya memang orangnya susah sekali menahan amarah, dan saya sangat berharap sekali bisa merubah itu semua dan tak mudah terbawa emosi. Berusaha untuk bisa menahan diri agar untuk tidak mengumpat, memaki tak jelas atau sering menyalahkan orang lain dan diri sendiri.

Selain itu berharap banget bisa mengurangi berapa kalimat toxic yang biasa saya ucapkan kepada orang lain ataupun kepada dirimu sendiri. Karena kebiasaan malah jadi merugikan diri sendiri.

Mudah-mudahan kebiasaan ini bisa berkurang bahkan hilang agar mental lebih sehat. Mulai menjaga perkataan dan jangan sampai lisan yang keluar dari mulut ini hanya membuat orang disekitar saya semakin terpuruk.

Ayoo lebih sehat secara fisik dan mental di tengah pandemi.

Lebih Banyak Bergerak dan Produktif

resolusi tahun baru

Nah ini wajib dilakukan agar bisa lebih sukses ke depan dan hampir tiap tahun dibuat resolusinya haha.. Kurangi rebahan-rebahan ga jelas dan ganti dengan kegiatan penuh semangat dan positif. Mulai aktif kembali menulis blog, mulai belajar komitmen pada tiap kegiatan dan mulai rajin bersihin rumah hahahaha. Selain itu lebih produktif agar pundi-pundi cuan bertambah dan bisa buat modal nikah.

Baca Juga  Cuti Bersama Dihapus! Download Kalender 2021 Indonesia Beserta Libur

Kembali Menemukan Jodoh dan Menikah

resolusi tahun baru menikah

Iya menikah… semenjak saya cerai 2019 lalu, hingga saat ini saya masih betah sendiri. Mudah-mudahan saja tahun ini menemukan jodoh dan bisa menikah kembali… Aamiin.

Tetap Traveling

resolusi tahun baru ke malaysia

Setiap tahun traveling selalu menjadi bagian yang tak akan saya lupakan. Bahkan sejak mengenal resolusi saya selalu rutin melakukan perjalanan atau traveling. Jika memungkinkan di saat pandemi saat ini saya ingin juga kembali ke negara tetangga.

Kenapa harus negara tetangga ? Kenapa hayoooooo

Tempat saya tinggal Kota Pekanbaru sangat dekat dengan negara tetangga semisal Malaysia dan Singapura. Dan jalan-jalan ke dua negara ini sudah sering banget seperti saat berkeliling di sekitar Bukit Bintang, tetapi ada satu hal yang belum saya coba. Saya ingin sekali mencoba traveling sehat ke Malaysia.

Selain berpelesir dan traveling ke negeri jiran, saya ingin mencoba fasilitas kesehatan di sana. Mencoba dalam sisi mencari pengetahuan atau mungkin melakukan medical checkup untuk diri sendiri. Alasan lainnya untuk mencari tau kenapa.., karena di Kota saya sendiri banyak orang-orang yang lebih memilih berobat ke Malaysia dari pada di kota sendiri.

Saya juga sadar diri, jika misalkan saya mencari informasinya sendiri mungkin tak tepat. Salah satu langkah dan menjadi rekomendasi teman-teman yang duluan melakukan traveling sehat adalah dengan mendapatkan informasi melalui Medical Tourism Malaysia https://medicaltourismmalaysia.id atau melalui instagram @medtourismmy.id. Pintar dikit jangan pintarnya cuma beli oleh-oleh di Malaysia saja hahaha.

Melalui Medical Tourism Malaysia saya dapat mengetahui bagaimana mekanisme atau bisa bersantai sambil tetap menjaga kesehatan selama di negeri jiran. Medical Tourism Malaysia termasuk dalam bagian Malaysia Healthcare dan menjadi partner resmi Rumah Sakit Malaysia di Indonesia, dibawah naungan Kementerian Kesehatan Malaysia.

FYI seperti yang diketahui, fasilitas medis di Malaysia juga terbaik, dengan teknologi medis terbaru yang dioperasikan oleh praktisi kesehatan yang berpengalaman plus pelayanan berkualitas pada tiap fasilitas kesehatan di Malaysia. Dengan beragam layanan yang ditawarkan serta menawarkan kemudahan dalam hal akses tentunya juga menjadikan liburan saya ke Malaysia lebih dari sekedar jalan-jalan.

layanan malaysia healthcare resolusi tahun baru

Rata-rata tiap negeri atau kota di Malaysia memiliki fasilitas dan layanan terbaik yang didukung dengan harga terjangkau serta berkesempatan untuk berobat sesuai dengan yang kita butuhkan. Mendapatkan layanan medis yang berkualitas di Malaysia tanpa perlu was was mengenai biaya berlebih.

Lalu bagaimana jika pandemi masih belum usai dan berpergian ke luar negeri dibatasi ?

Ya tetap traveling, bedanya hanya pergi ke destinasi dalam negeri atau paling ngga ke provinsi tetangga. Karena mencari kebahagiaan saat traveling itu kita yang nentuin, dan bukan orang lain.

Jika masih rindu dan ingin ke Malaysia juga bisa dengan cara lain semisal lihat-lihat video atau foto-fotonya. Cara lainnya bisa mengikuti tantangan aktivitas menggunakan IG Filter New Year New Me di https://www.instagram.com/medtourismmy.id/ karena bikin seru.

Well, demikian ulasan lengkap mengenai beberapa alasan mengapa kamu harus membuat resolusi tahun baru 2021 ini beserta harapan saya. Semakin bertambah tahun, maka semakin sulit pula kehidupan yang akan dijalani. Dengan resolusi kamu bisa bertahan dan menatap tahun baru yang lebih cerah meski ada pandemi. New Year New Me !

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *