9 Alasan Keren Kenapa Harus Memilih ASUS ROG Phone 3

kenapa harus memilih asus ROG Phone 3

Kenapa harus memilih ASUS ROG Phone 3 ? Sebuah pertanyaan yang beberapa hari belakangan menusuk dan selalu lalu lalang dipikiran saya. Bukan.. pertanyaan ini bukan menjadi sebuah pekerjaan rumah seperti anak sekolah pada umumnya.. pertanyaan ini hanya berhasil membuka luka lama saya selama mengenal smartphone.

Dulu.. dulu banget sebelum era smartphone merajalela seperti saat ini, bisa dikatakan saya mungkin salah seorang gamer dan penggemar game yang mungkin selalu terdepan dikala ada sebuah permainan baru. Zaman-zaman saat permainan game hanya dimainkan melalui PC (Personal Computer) gaming warung internet (warnet) atau bermain di console game.

kenapa harus memilih asus ROG Phone 3

Sebelum ramainya mobile gaming

Dengan perkembangan teknologi yang begitu pesat, peta media untuk games tak lagi hanya ada di PC atau console game saja, dan itu benar-benar membuat saya ketinggalan. Masih ingat betul disaat sudah senang-senangnya memiliki smartphone canggih ternyata gadget tersebut tak mampu memainkan sebuah game karena spesifikasinya yang masih dibawah rekomendasi. Tak hilang akal saya pun kembali berusaha mencoba mengganti gawai pintar yang lebih baik lagi-lagi hanya beberapa saat ketika ada game baru saya tidak bisa menggunakannya karena hal yang sama.

Memang pertumbuhan ponsel canggih yang signifikan dan perkembangan games tak dapat lagi saya ikuti. Bukan tak bisa… hanya saja saya harus bisa membedakan mana kebutuhan ataupun keinginan. Selain karena kebutuhan hidup yang membuat saya kehilangan gairah untuk bermain game, adakalanya pula saya selalu menjadi bahan bulian teman-teman ketika saya memaksakan bermain game bersama dan tiba-tiba harus meninggalkan permainan karena crash.

“Katanya gamer ? katanya jago ? mana ? masa iya upgrade ponsel pintar aja ga bisa ?”

Kesal ? pastinya kesal… tapi mau ga mau saya harus bisa merelakan dan melupakan untuk bermain games serta fokus ama kehidupan pribadi yang kadang kala membuat stress. Padahal…

“We play games a lot to avoid the depression”

 

Gairah itu muncul kembali lewas ASUS ROG Phone 3

Tahun 2020 sepertinya bukan tahun yang bagus, padahal sebelumnya semua mengira kalau tanggal, bulan, dan tahun yang dominan dengan angka dua ini bisa menjadi tahun keberuntungan.

Namun realita berkata lain, berita yang selalu jadi headline sepanjang hari menghiasi sosial media cuma pandemi Covid-19.

Semua aktivitas jadi terganggu dan pastinya semua orang jadi stress.  Gimana nggak stress coba ? Mau piknik ke luar negeri ga bisa, acara hiburan seperti film dan anime banyak yang mundur dari jadwal rilis semula.

Tetapi bukan hanya saya saja yang stress, namun juga dari seorang teman yang memang dikenal sebagai female gamers. Terlihat dari postingan IG Storynya yang sangat kecewa karena tertundanya peluncuran sebuah smartphone terbaru. Lalu ponsel seperti apa yang ditunggu gadis berkulit putih ini ?

kenapa harus memilih ASUS ROG Phone 3

Gamer cewe berkulit putih

Selang beberapa hari sejak postingan IG story saat itu, pada akhirnya gadis gamers ini pun kembali bahagia dan ini terlihat dari postingan Instagramnya. Peluncuran gawai pintar yang ia tunggu pada akhirnya resmi dirilis. Dan akhirnya saya tau jika smartphone yang ditunggunya adalah sebuah produk dari Asus. Memang.. meskipun pandemi belum juga berakhir, Asus tetap meluncurkan ponsel flagship terbarunya yaitu Asus ROG Phone 3 yang jadi generasi penerus Asus Phone ROG 2.

Jujur secara pribadi saya sangat tertarik dengan peluncuran ini dan membangkitkan kembali gairah saya untuk bermain game. Dengan sigap saya mengutak atik search engine kebanggaan untuk mencari informasi detil tentang ponsel ini dan dengan malu-malu pula saya bertanya bagaimanakah keunggulan ponsel besutan ASUS melalui female gamers tersebut.

Kebetulan banget kalau smartphone ini langsung masuk dalam daftar inceran saya paling atas. Kenapa ? Karena ROG itu kepanjangan dari Republic of Gamers, yang artinya Asus memang sengaja menciptakan perangkat khusus untuk gaming (maaf jika baru tau).

Karena sudah lama tidak mengikuti perkembangan games, saya juga baru tau jika awalnya Asus ROG cuma dibuat laptop aja, tetapi sekarang smartphone juga ada yang seri ROG.  Sebagian besar kebutuhan memang buat main game, dan tentunya semua game ingin bisa dimainkan sama satu smartphone aja.

Asus ROG Phone 3 bisa jadi standar baru untuk game atau permainan seluler keluaran terbaru, meskipun kita tahu masih ada banyak merk ponsel game lain yang saat ini beredar.

Perjuangan saya untuk mengenal ponsel ini terus berlangsung, bahkan saya sering curi curi atau sengaja mengintip unggahan IG story gamers cewe tersebut hanya untuk melihat bagaimana performa dari gawai tersebut. Walau secara langsung saya tidak pernah memainkan sebuah permainan melalui ponsel tersebut, tetapi saya bisa menyimpulkan jika Asus ROG Phone 3 memang memanjakan para gamers.

9 Alasan Kenapa harus memilih Asus Rog Phone 3

1. Desain yang super keren untuk kebutuhan gaming

Gamer sejati pastinya paham dengan smartphone yang memliki desain stylish dan futuristik. Gak semua ponsel flagship saat ini punya tampilan yang wah.

Ponsel gaming biasanya mempunyai desain unik yang membedakan dari kebanyakan ponsel lainnya.

Kesan pertama saat melihat Asus ROG Phone 3 sudah jelas kalau ponsel ini memiliki aura game yang sangat kuat. Tampilan nya dapat mencerminkan karakteristik dari si pemilik ponsel yang sangat suka dengan game.

kenapa harus memilih asus ROG Phone 3

Dengan desain stylish plus logo ROG yang keren

Ada logo keren yang menjadi ciri khas Republic of Gamers pada bagian belakang bodi ponsel. Asus memang terlihat sangat memperhatikan sekali detail desain ponsel buatannya ini.

Selain terdapat logo ROG yang keren, ada teks holografik bertuliskan “Republic of gamers” yang tampak berkilau. Hal ini tentunya menjadi daya tarik sendiri terutama untuk pecinta gamer mobile maniak.

Desain nya benar-benar mampu memancarkan aura ponsel game yang sangat kuat, dan ini adalah salah satu alasan pertama kenapa kamu harus memilih Asus ROG Phone 3.

2. Dapur Pacu

kenapa harus memilih asus ROG Phone 3

Qualcomm Snapdragon

Pastinya bikin kesal bukan ? Kalau liat game terbaru di google play store tapi ga bisa main karena spesifikasi nya dibawah kualifikasi minimum. Itu yang saya rasakan hingga saat ini !!!

Sebagai ponsel gaming, Asus ROG Phone 3 tentunya sudah dibekali dengan dapur pacu yang mumpuni. Gak ada lagi yang namanya kekurangan space RAM atau CPU yang letoy terutama saat memainkan game-game berat.

Chipset nya menggunakan Qualcomm Powerfull Snapdragon 865+ yang pastinya sudah Octa-core, dan Adreno 650 sebagai GPU nya serta yang pasti kencang dengan kecepatan mencapai 3.1 GHz. Dua komponen penting ini tentunya jadi pertimbangan kenapa lebih memilih Asus ROG 3 ketimbang pilih yang lain.

Lebih mantapnya lagi, ponsel ini juga didukung dengan kinerja RAM LPDDR5 terbaru, dan ROM UFS 3.1. Hasilnya tentu saja membuat ROG Phone 3 bisa mengeluarkan potensi maksimal dan terbaik.

Oh iya, saya mau jelaskan sedikit kenapa harus pilih ponsel gaming minimal yang sudah pakai Adreno 650 seperti Asus ROG Phone 3 ini.

Seperti kita ketahui kalau main game itu sangat menguras resource hardware ponsel. Peran GPU itu sangat besar pengaruhnya untuk kelancaran aplikasi game ponsel. Oh iya ini juga berlaku dengan PC gaming ya 😀

Adreno 650 merupakan seri GPU ponsel terbaru 2020 yang memiliki peningkatan performa hingga 25 persen. kamu bisa lakukan pengaturan game untuk rata kanan semua agar output grafiknya bisa dapat yang terbaik.

Ada fitur khusus yang bernama Desktop Forward Rendering yang mendukung pemrosesan grafik gaming hingga hasil realistis.

Kebetulan saya suka banget sama game yang grafik nya sudah seperti kenyataan. Dulu memang cuma tersedia di PC komputer saja, tapi sekarang untuk main game dengan grafik berat sudah bisa berkat kehadiran Asus ROG Phone 3 !

3. Jaringan 5G

kenapa harus memilih asus ROG Phone 3

Didukung koneksi super ngebut 5G Ready

Nah, ini yang ga kalah pentingnya kalau mau beli HP gaming yang bagus sekarang wajib harus sudah 5G. Memang di Indonesia setidaknya sampai tahun 2020 ini belum terlalu berasa.

Beberapa daerah bahkan masih miskin sinyal 4G yang biasanya masih suka putus nyambung. Kalau main game online pasti suka keputus sendiri yang bisa berakibat buruk pada skor game karena suka “kabur” secara tidak sengaja. (tapi kalau saya pribadi bukan karena koneksi, melainkan HP yang sudah uzur)

Kecepatan 5G itu sudah jauh lebih cepat dari pada 4G. Beberapa dari kamu mungkin sudah merasa kalau 4G itu cepat dan sudah cukup untuk kebutuhan saat ini.

Tapi tahu ngga ? Kalau di masa depan nanti jaringan 4G itu bisa berasa lambat banget dan sudah ga relevan lagi untuk dipakai.

Saya kasih contoh ya alasan kenapa harus beli ponsel yang sudah dukung fitur 5G.

Perkembangan teknologi itu gak ada habisnya, streaming youtube sekarang sudah dukung resolusi berapa ? 720p, 1080p, 2160p atau 4K ?

Grafik 4K memang sudah berasa bening banget, tapi tahukah kamu kalau monitor-monitor 8K dan kamera-kamera 8K mulai bertebaran di pasaran ?

Semakin besar resolusinya berarti semakin besar juga size atau ukuran video nya, katakanlah sekarang mungkin cuma butuh hitungan MegaByte untuk durasi 5 menit. Tapi nanti kalau semua video internet sudah di resolusi 4K atau bahkan 8K, hitungan nya sudah pasti ratusan GigaByte. Kalau cuma mengandalkan koneksi 4G sudah pasti bakal ngeleg, untuk itulah pilih ponsel yang sudah 5G. Asus ROG Phone 3 sudah mendukung jaringan 2G, 3G, 4G, dan 5G.

4. Kualitas Layar yang wah

Sebagai seorang gamer yang sudah banyak memainkan berbagai jenis game (saya dulu di PC) pasti akan sensitif sekali dengan yang namanya kualitas layar.

CPU dan GPU boleh bagus untuk grafik 3D nya, tapi semuanya akan jadi sia-sia kalau output layarnya saja masih standar.

Ponsel Asus ROG Phone 3 sudah mendukung refresh rate layar 144 Hz. Jika dibandingkan dengan HP lainnya rata-rata masih di kisaran 60 Hz – 120 Hz. Ini artinya Asus memang gak main-main ngeluarin produk gaming mobile yang satu ini.

Buat kamu yang masih belum tahu apa itu refresh rate, aku jelasin secara singkat. Refresh rate itu punya peran penting yang fungsinya untuk memanjakan mata para pemain game mobile.

Main game mobile jangan disamakan dengan nonton video seperti Youtube karena efeknya jelas berbeda. Nonton atau streaming youtube cuma butuh 30 FPS saja sudah cukup. Tapi kalau main game dengan FPS cuma 30 saja, dijamin pasti bakal ngeblur terutama kalau player nya lagi gerak cepat.

FPS itu sangat berbeda dengan refresh rate, GPU yang mampu menghasilkan render hingga 120 FPS tapi kalau layarnya cuma support refresh rate 60 Hz saja. Maka yang kamu rasakan saat main game cuma terlihat 60 FPS saja, alias hasil render GPU nya akan menjadi sia-sia karena bottleneck.

Selain itu, game akan tampak semakin nyata karena adanya fitur 10 bit HDR10+ serta sangat responsive karena memiliki fitur response time 1ms.

5. Kapasitas baterai jumbo

Ini salah satu alasan kenapa harus memilih Asus ROG Phone 3 sebagai smartphone gaming kamu. Baterai smartphone punya peran penting karena smartphone yang lebih sering dipakai untuk main game sudah pasti jadi lebih boros.

Kamu bisa langsung rasain sendiri ketika HP kamu lagi menjalankan aplikasi game yang membuat kinerja CPU, GPU dan sinyal internet menjadi lebih berat.

Bodi ponsel akan terasa panas, saking panasnya bisa membuat pelindung karet ikut terbakar sehingga berubah warna menjadi coklat kehitaman.

Memang sih ada power bank yang bisa tinggal colok trus lanjutin main, tapi rasanya kurang enak klo mainnya sambil pegang-pegang power bank. Bener ga ? Sama sekali tidak praktis kan ?

Dari review dan informasi yang saya cari sebelumnya, Asus ROG Phone 2 ke Asus ROG Phone 3 memang tidak ada penambahan kapasitas baterai, namun kapasitas Monster 6000 mAh rasanya sudah lebih dari cukup bukan ?

Game mobile apa yang paling kamu sukai ? Mainkan saja terus secara nonstop, kamu gak perlu lagi bolak-balik melihat sisa baterai ponselmu tinggal berapa.

Baterai raksasa 6000 mAh tentunya dapat memperpanjang waktu main seharian penuh tanpa harus ada jeda cas. Fokus saja pada mode pertempuran terpanjang agar bisa mencapai kemenangan yang absolut ! Haaa Kan Ikooo (kan gitu pula)

Oh ya, satu lagi yang gak kalah pentingnya tentang fitur baterai Asus ROG Phone 3 ini. Ada beberapa fitur mode baterai khusus seperti hibernasi, dan hemat daya pasif yang secara signifikan dapat memperpanjang masa pakai baterai.

Fitur ini tentunya berguna sekali terutama saat kamu sedang jauh dari charger atau power bank, bisa membuat ponsel terus hidup dengan fitur yang efisien ini.

6. Audio Speaker

Gak seru rasanya kalau main game tanpa efek suara yang menggelegar. Biasanya saya jika main di PC atau laptop asalkan speakernya besar pasti sudah bisa membuat kaca kamar cukup menggelegar dan bikin tetangga esmosi.

Tapi bagaimana dengan game mobile ? Klo pake headset sih emang oke lah tapi klo gak gimana ? Smartphone speaker biasanya kecil, klo buat main game atau buat muter lagu suaranya masih kurang.

Itu juga klo main di tempat yang sepi, lain lagi klo mainnya di tempat yang rame, suara game dari smartphone bisa gak terdengar sama sekali (seperti saat main candy crush).

Nah, kabar baiknya gangguan seperti itu sudah tidak lagi ada pada ponsel buatan Asus ini. Sebagai ponsel yang menyandang gelar Republic of Gamers ini, ROG Phone 3 memiliki speaker ganda !

HP ROG Phone 3 ini menggunakan sistem audio GameFX terbaru yang memiliki kemampuan mengoptimalkan Audio Dirac. Ada dua speaker yang siap untuk mengeluarkan efek suara game yang lantang.

Letak speaker nya pun juga berbeda, satu berada di samping kanan dan satunya lagi berada di samping kiri. Kualitas stereo nya pun cukup terasa, kita bisa mendengar berbagai macam suara dengan sangat jelas.

Dalam hal suara, Asus ROG Phone 3 memang mampu memberi keunggulan tersendiri. Algoritme audio yang unik, ukuran speaker yang besar, dan magnet yang lebih banyak mampu memperkuat volume dan kualitas yang lebih baik.

7. Fitur AirTrigger 3

Apaan tuh fitur AirTrigger 3 ? Awalnya saya juga tak paham dan tak tau apa istilah ini. Tetapi jika kamu yang sudah nyimak dari zaman ROG Phone 2 pasti sudah gak asing lagi dengan istilah ini. Tapi buat yang belum tau fitur ini, saya akan coba jelaskan sedikit tentang fungsi dan keunggulan nya, tapi setau saya dan sejauh saya mencari infonya.

Sebagai seorang gamer, kamu pasti pernah main game yang ada di Playstation kan ? Entah itu PS1, PS2, PS3, PS4 atau PS5. Stik atau remote pengendalinya kurang lebih mempunyai tombol yang sama. Ada tombol kotak, lingkaran, segitiga, silang dan yang gak kalah pentingnya itu tombol L1 R1.

Gak semua game butuh tombol L1 R1 tapi untuk beberapa permainan seperti CTR atau Tekken pasti butuh tuh. Nah, kalau di smartphone memang ga ada, tapi khusus untuk ponsel gaming seperti Asus ROG Phone 3 ini ada loh.

Kamu jadi bisa lebih fokus mainnya karena tombol ini bisa membantu beberapa permainan mobile. Fitur Airtrigger ini fungsinya sebagai sensor ultrasonik yang bisa menjadi tombol L1 R1 layaknya stik PS.

Cara baru untuk memberi pengalaman terbaik agar kamu bisa lebih merasakan gaming mobile persis seperti gaming konsol yaitu karena adanya fitur AirTrigger 3 ini.

Sensor gerak dan sensor sentuh ultrasonik nya mampu mendukung lebih banyak gerakan kendali seperti slide, swipe dan tombol dalam atau luar.

Pokoknya main game dengan Asus ROG Phone 3 rasanya sudah seperti setara dengan game konsol PS4.

8. Fitur pendukung bawaan Asus

Fitur ini pasti gak kalah menariknya dengan fitur yang sudah kita bahas sebelumnya. 100% saya yakin kalau Asus ROG Phone 3 sangat layak menyandang gelar sebagai ponsel gaming terbaik khususnya tahun 2020 ini.

Kaya akan fitur-fitur pendukung dapat membantu setiap pemainnya agar bisa lebih fokus dan lebih nyaman untuk bermain game.

Beberapa orang seperti saya contohnya pasti suka merekam game entah itu ingin dishare ke sosial media atau hanya untuk dilihat kembali.

Asus ROG Phone 3 mampu merekam game secara live dengan kualitas visual terbaik nya. Perekaman layar nya memiliki kualitas yang sudah ditingkatkan dari generasi sebelumnya. Dan ini jelas-jelas saya lihat ketika gadis berkulit putih tadi sedang bermain game kesukaannya.

Kendala lain yang sering terjadi bagi seorang gamer mobile biasanya tidak ingin diganggu dengan masuknya pesan masuk atau panggilan masuk yang dapat mengganggu fokus bermain.

Asus sudah mengantisipasi hal ini dengan baik, ada fitur canggih untuk ponsel gaming nya yang bisa membuat jendela mengambang pada layar.

Jika tidak ingin diganggu saat sedang bermain terutama game online, tinggal centang saja tombol no calls dan no alerts pada pilihan menunya.

9. Kamera

kenapa harus memilih asus ROG Phone 3

Kameranya juga ciamik

Kabar baik bagi pengguna setia ROG asus khusus nya yang suka foto selfie atau menggunakan kamera untuk merekam video.

Buat kamu-kamu yang sudah punya Asus ROG 2 dan ingin segera upgrade ke Asus ROG phone 3, jangan ragu lagi karena sangat worth.

Kalau Asus ROG 2 sudah mampu menghasilkan foto resolusi 4K, maka Asus ROG 3 sudah bisa menghasilkan resolusi 8K !

Gak tanggung-tanggung, peningkatan performa kamera nya setara dengan empat kali lipat lebih tinggi.

Buat kamu yang suka ngegame tapi juga suka foto-foto, maka Asus ROG 3 bisa memberi kepuasan yang lebih mendalam lagi.

Ada tiga kamera yang masing-masing memiliki resolusi 64 MP (utama dengan sensor Sony® IMX686), 13 MP, dan 5 MP. Mau ngeyoutube dengan Asus ROG 3 ? Subcriber kamu yang sudah menggunakan monitor 4k atau bahkan 8k pasti bakal suka, karena secara otomatis channel youtube kamu sudah support resolusi tinggi.

kenapa harus memilih asus ROG Phone 3

Spesifikasi

Ponsel ini jelas-jelas Built for gamers plus dengan aksesorisnya yang membuat ponsel ini menjadi The most immersive gaming experience. 3 Aksesoris seperti controller fisik dengan desain kokoh dan fleksibel ROG Kunai 3 Gamepad, ROG TwinView Dock 3 yang memberikan pengalaman bermain game dengan menggunakan dua layar 144Hz, sekaligus dilengkapi dengan kipas dan baterai berkapasitas 5.000mAh, plus ROG AeroActive Cooling yang menawarkan performa pendinginan yang lebih baik dan tingkat kebisingan yang jauh lebih rendah. Pastinya bikin smartphone ini jadi ponsel “Paling Gaming dan unik”.

kenapa harus memilih asus ROG Phone 3

Beragam aksesoris pendukung seperti ROG Kunai 3 Gamepad, TwinView Dock 3, AeroActive Cooler 3 dan lainnya

Itulah kesembilan alasan kenapa harus memilih Asus ROG Phone 3 sebagai smartphone kamu. Gak usah pikir panjang lagi, langsung saja beli dan rasakan performa terbaiknya untuk nge-game, foto selfie dan masih banyak lagi !

Oh iya FYI, pengalaman yang saya rasakan ini juga berasal dari pengalaman gadis gamer berkulit putih tadi. Doakan saja saya punya rezeki untuk meminang ponsel keren ini. Dan ingat…

“Percayalah suatu saat nanti akan ada masanya kita memiliki ponsel gaming impian”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *