Lompat ke konten

Tambah Uang Saku, Ini 15 Pilihan Kerja Sampingan Anak Sekolah yang Ideal

  • Life Style
  • 6 min read
Tambah Uang Saku, Ini 15 Pilihan Kerja Sampingan Anak Sekolah yang Ideal

Pernahkah kamu sebagai seorang siswa bertanya-tanya pada diri sendiri, kerja sampingan anak sekolah seperti apa yang bisa didapatkan zaman sekarang?

Apakah kamu sebagai siswa sekolah saat ini sedang mencari pekerjaan sampingan untuk menghemat uang dan menabung untuk kuliah atau hanya ingin memiliki uang tambahan dan menambah pengalaman?

Jika kamu adalah anak sekolahan yang sedang mencari referensi pekerjaan sampingan yang bisa menambah uang saku kamu, kamu berada di artikel yang tepat.

Dalam artikel yang saya buat kali ini, saya akan mencoba memberi teman-teman pembaca ide-ide pekerjaan siswa sekolah menengah yang tepat, termasuk dengan adanya pilihan peluang kerja harian, paruh waktu atau penuh waktu sekalipun.

Diantara beberapa pekerjaan ini sangat mudah, bahkan jika beruntung ada yang dibayar sangat tinggi. Pilihan pekerjaan ini juga tepat dan ideal karena yang tidak memerlukan ijazah sekolah menengah.

Jadi, Yuk kita mulai, ya? Berikut Adalah beberapa pekerjaan yang bisa dikerjakan oleh Anak Sekolah seperti kamu.

[toc]

15 Pilihan Kerja Sampingan Anak Sekolah yang Ideal

Tambah Uang Saku, Ini 15 Pilihan Kerja Sampingan Anak Sekolah yang Ideal

1. Penulis Lepas

Untuk kamu yang hobi menulis, kamu bisa jadikan hobi kamu sebagai ladang pendapatan kamu dengan menjadi penulis lepas di berbagai media yang menerima tulisanmu sebagai konten mereka.

Untuk satu artikel yang terbit kamu bisa mendapatkan upah dengan nominal yang beragam bergantung konten dan jumlah kata pada artikel yang kamu tulis.

Kamu bisa mencari artikel mengenai media apa saja yang menerima tulisan kamu dan mulailah menulis untuk menghasilkan uang saku tambahan.

Baca Juga  9 Ide Parcel Lebaran yang Terjangkau dan Bermanfaat untuk Semua Orang

2. Blogger

Pilihan kerja sampingan anak sekolah selanjutnya adalah blogger. Untuk kamu yang memiliki blog, menjadi blogger bagi anak sekolah juga bisa menambah pundi-pundi uang jajan kamu.

Sebagai blogger kamu juga harus konsisten dalam membuat konten yang menarik di blog kamu. Kamu bisa fokuskan blog kamu dalam satu pembahasan yang lebih spesifik seperti blog fashion, olahraga, atau film, dan sebagainya.

Jika konsisten menghasilkan konten yang menarik, tidak menutup kemungkinan blog kamu akan dilirik oleh beberapa brand yang sejalan dengan tema blog kamu.

Untuk satu kali endorse saja, kamu bisa menghasilkan uang saku mulai dari IDR 100k. Lumayan bukan?

Oh iya cara ini saya gunakan sampe sekarang loh 😀

3. Bisnis Online Shop

Berbisnis online kini mulai digandrungi beberapa orang termasuk anak sekolah seperti kamu. Kamu bisa memulainya dengan bisnis kecil-kecilan yang kamu pasarkan melalui sosial media atau e-commerce.

Misalkan saja, kamu senang membuat kue. kamu bisa jajakan kue buatanmu di media sosial. Tidak apa-apa jika pembeli pertamamu adalah teman dekatmu, itu adalah awal yang bagus untuk mengembangkan bisnis kamu di kemudian hari.

4. Jual Pulsa/Kuota

Untuk mendapatkan uang saku tambahan, kamu sebagai anak sekolah bisa menjual pulsa atau kuota untuk teman-teman sekelasmu terlebih dahulu.

Lama kelamaan, kabar bahwa kamu juga menjual pulsa dan kuota akan menyebar ke teman-teman yang lain dari mulut ke mulut.

Meskipun keuntungannya terbilang sedikit, namun kalau seluruh angkatan atau seluruh sekolah menggantungkan pulsa dan kuota pada kamu, tentu keuntungan yang akan kamu dapat akan lebih besar.

Jika ada modal lebih, kamu juga bisa menjual pulsa/ token listrik. Bisa juga menjual voucher games online.

5. Penjaga Warnet

Kamu juga bisa mengisi waktu luang dengan menjadi penjaga warnet. Pekerjaan ini sangat mungkin dikerjakan oleh anak sekolah seperti kamu.

Ini karena sepulang sekolah kamu bisa memanfaatkan waktumu untuk menjadi penjaga warnet yang pekerjaannya dihitung perjam. Saat bekerja, kamu juga bisa memanfaatkan internet gratis untuk mengembangkan dirimu.

Baca Juga  Pancarkan Energi Positifmu dengan Cara Ini. Dijamin Pikiran Bebas dari Mentok

Saat kelas 3 SMK lalu saya juga meilih kerja sampingan anak sekolah ini, lumayan nambah uang sakut dan bantu orang tua.

6. Jasa Ketik

Jika kamu memiliki kemampuan mengetik cepat dan rapi, kamu bisa menjadikannya sebagai peluang usaha kamu sebagai anak sekolah.

Dengan modal laptop, kamu sudah bisa menambah uang saku kamu secara mandiri dengan membuka jasa ini.

7. Pegawai Toko

Manfaatkan waktu luangmu untuk menjadi penjaga toko. Kamu bisa melakukannya setelah pulang sekolah atau ketika akhir pekan.

Dengan menjadi penjaga toko, kamu kana mendapatkan uang saku tambahan mulai dari Rp300.000 hingga Rp1.000.000 sesuai dengan waktu kerja dan kebijakan dari toko tempat kamu bekerja.

8. Guru Les

Untuk kamu anak sekolah yang memiliki nilai akademis yang mumpuni, atau merasa jago dalam satu mapel tertentu, kamu bisa menjadikannya sumber pendapatan dengan menjadi guru les privat.

Untuk sekali pertemuan saja, kamu bisa mendapatkan upah sebesar Rp70.000 hingga Rp100.000 yang bisa menambah uang saku kamu sebagai anak sekolah.

Selain mendapatkan uang, kamu juga bisa berbagi ilmu yang bermanfaat untuk orang lain. Kamu akan mendapatkan kepuasan tersendiri jika bekerja sebagai guru les anak-anak.

9. Dropshiper

Jika kamu tidak memiliki modal yang cukup untuk membuka online shop sendiri, kamu bisa menjadi dropshipper untuk menambah uang saku sekolah kamu.

Dengan menjadi dropshipper, kamu tidak perlu bingung dengan produk yang akan kamu jual. Ini karena kamu akan menjualkan produk milik orang lain, namun kamu akan tetap mendapat keuntungan dari penjualan yang kamu hasilkan.

10. Pramusaji

Beberapa restoran membutuhkan pramusaji part time. Di sini kamu bisa memanfaatkannya untuk menambah uang saku kamu sebagai anak sekolah.

Sebagai anak sekolah, kamu bisa ambil part time di jam malam atau akhir pekan. Biasanya, upah yang diberikan dihitung harian atau per jam.

11. Pengasuh Anak

Jika kamu menyukai anak-anak dan bisa menjaganya seharian, kamu bisa mengajukan diri ke tetangga atau orang yang sedang membutuhkan pengasuh anak.

Pekerjaan ini, meskipun biasa dilakukan anak perempuan, kamu tetap bisa melakukannya jika kamu laki-laki. Yang penting, dilakukan dengan penuh tanggung jawab dan hati senang.

Baca Juga  Payudara Mungil, Apa Saja Keuntungannya ?

Dengan menjadi pengasuh anak, kamu bisa mendapatkan penghasilan mulai dari Rp500.000 hingga Rp700.000 sebulan, lho.

12. Freelance Fotografer

Jika kamu merasa skill foto dan editing foto kamu bisa bersaing, kamu bisa menjadi freelance fotografer.

Kamu bisa mendapatkan client dari bisnis-bisnis kecil atau UMKM untuk memfoto produknya. Ini karena dewasa ini permintaan foto produk pun semakin meningkat.

Kamu juga bisa menjadi freelance fotografer untuk prewedding atau foto keluarga. Manfaatkan circle pertemanan untuk mendapatkan client pertama untuk kamu.

13. Driver Online

Mengingat banyaknya permintaan ojek online, kamu bisa mendaftarkan diri kamu sebagai online driver untuk menambah uang saku kamu sebagai anak sekolah.

Tapi perlu diingat, untuk menjadi ojek online, kamu harus sudah berusia 17 tahun ya. Kamu juga harus sudah memiliki SIM untuk mendaftarkan sebagai online driver di GoJek, Grab, Maxim, dan sebagainya.

14. Freelancer

Zaman sekarang ada banyak pilihan pekerjaan untuk semua orang, termasuk untuk anak sekolah. Jika kamu memiliki kemampuan seperti menggambar ilutrasi, komik, atau memiliki skill dalam bidang lainnya, kamu bisa menjual jasa kamu. Ada banyak situs yang membutuhkan freelancer, seperti Fiver, Project.co.id, freelancer.com dan situs-situs lainnya.

15. Influencer Social Media

Kamu bisa memanfaatkan media sosial yang kamu miliki dengan menjadi seorang Influencer. Kamu bisa membuat berbagai konten menarik sesuai bidang kamu dan membuat media sosial kamu lebih banyak pengunjung/ pengikut. Jika konten kamu berdampak baik dan diterima oleh pengunjung kamu, bisa saja kamu mendapatkan endorse, atau titipan promosi dari sebuah brand yang dibayar. Harganya juga ga main-main, semakin banyak follower dan semakin tinggi feedback antara kamu dan pengikut, biaya yang dibayarkan semakin wah.

Itulah 15 pekerjaan yang bisa kamu lakukan untuk menambah uang saku sebagai anak sekolah. Ini artinya, anak sekolah juga bisa berpenghasilan untuk membantu perekonomian keluarga. Semoga artikel ini membantu.

8 tanggapan pada “Tambah Uang Saku, Ini 15 Pilihan Kerja Sampingan Anak Sekolah yang Ideal”

  1. Warnet masih ada di tempat bang andrew? Rasanya sejak internet udah jadi bagian dari gaya hidup sehari-hari dan mudah dijangkau, warnet pada gulung tikar.

  2. Dulu waktu masih sekolah mikirin PR sama ulangan aja udah pusing, gak kepikiran buat punya penghasilan dari bekerja. Padahal seru juga kalo dari sekolah udah belajar cari duit sendiri, banyak banget ternyata yang bisa jadi pilihan..

  3. sekarang anak sekolah udah bisa banget sambil cari cuan sendiri, kerja sampingan yang harusnya sih gak ganggu pelajaran apalagi jaman digital gini ya makin banyak yang bisa dikerjakan 🙂

    saya waktu kuliah dulu juga jualan pulsa, pernah ngajar les private juga, sama jaga warnet tapi yang terakhir digajinya dengan dibayarin uang kuliah (alias jaga warnet usaha keluarga kami) 😀

  4. Sekarang anak sekolah bisa kerja sambilan macam-macam ya, jadi lebih produktif dan nambah uang saku. KAlau dulu jaman SMA taunya kerja sambilan ya cuma ngeband, jaga toko, atau jualan cemilan di sekolah.

  5. Jualan pulsa/kuota kalau dikerjakan dengan serius, bakal kayak nggak jadi sampingan lagi sih. Soalnya walaupun pada pakai smartphone canggih yang notabene beli pulsa bisa sendiri di ecommerce, e-wallet, tetap banyak yang beli pulsa ke counter/minta bantuan orang lain.

  6. Wah iya ya, banyak banget ya sebenarnya peluang kerja sampingan buat anak sekolah
    Apalagi di era digital seperti ini.
    Kalau saya dulu sih, sampingannya memberi les privat
    Lumayan bisa cari uang jajan sendiri

  7. Dulu masku sejak SMA sudah jadi penterjemah, kak..
    Untuk kartun anime dan komik. Dari bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia.
    Padahal zaman dulu internet masih pake kabel telepon yang disambungin panjaaaang sampai PC.

    Anak sekarang, pasti lebih banyak lagi pekerjaan di dunia maya yang bisa dikerjakan agar tidak mengganggu waktu belajar sekolah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!