Kuliner

Sup Tunjang Sedap Air Tiris Riau Bikin Ketagihan

Sup TunjangSup Tunjang enak – Siapa sih yang tidak suka makanan ini. Mungkin di berbagai daerah juga berbeda namanya. Namun soal rasa, makanan ini tidak ada duanya. Makanan yang dihidangkan ini adalah semangkuk sup yang nikmat, hangat, berkuah bening, di campur dengan rempah rempah segar serta tidak lupa tunjang (kaki sapi) yang masih memiliki daging daging tebal. Dan yang pasti, apabila tulang tersebut masih memiliki sum – sum, ini tidak akan terelakan sedapnya. Dengan sedotan kamu bisa mencoba menghisapnya menggunakan sedotan.

Sup Tunjang – Air Tiris Soto Kaya Rasa

Buat kamu yang sedang di Riau, tidak ada salahnya mencoba menu sup tunjang ini. Terletak sekitar ±50-51 KM dari Ibukota Provinsi Riau, Pekanbaru ke Air Tiris, Kampar. Soto Kaya Rasa, nama tempat yang bisa kamu temukan di Google Maps, jadi tidak susah menemukannya. Sup tunjang di tempat ini berbeda dari tempat lainnya yang ada di Pekanbaru. Rasanya lebih gurih dan lebih enak. Dan yang pasti benar – benar tunjang. Sup ini di masak dengan bumbu dan rempah spesial. Untuk rasanya sangat lembut, dan sepertinya memang dagingnya dimasak cukup lama dengan api sedang, ini terlihat dari teksur dagingnya lebih lembuh dan mudah lepas dari tulang/ tunjangnya. Apalagi hidangan ini jika disajikan ketika musim hujan, pasti lebih semangat lagi. Rasa sum – sumnya sendiri tidak amis, malah bisa kita bisa padukan dengan sambal/ cabe yang di sediakan. Di seruput nikmat.

Resepnya

Buat yang tidak bisa ke tempat ini mungkin bisa mencoba di Rumah. Di google pun banyak pilihan untuk membuat masakan ini. Tinggal kreatifitas, atau pantang menyerah saja untuk membuatnya. Yang jelas tentulah berbeda dengan resep dari Sup Tunjang Soto Kaya Rasa Air Tiris ini. Seperti yang saya kutip dari Masakandapurku.com, berikut resepnya :

Baca Juga  Pisang Panggang Bukittinggi, H.M. Zen yang Maknyus

Bahan yang diperlukan

  • Tulang iga sapi 500 gram
  • Tomat 1 buah yang potong dadu
  • Kentang 2 buah  yang dikupas dan potong-potong dadu
  • Daun bawang 2 batang diris halus
  • Wortel 2 buah yang telah kupas dan potong-potong
  • Daun seledri 2 tangkai iris-iris tipis
  • Bawang goreng secukupnya

Bumbu yang dihaluskan

  • Haluskan bawang putih 4 siung
  • Pala bubuk ½ sendok makan
  • Merica bubuk ½ sendok makan
  • Penyedap rasa sapi secukupnya
  • garam secukupnya

Cara praktis membuat sup tunjang

  1. Siapkan air untuk merebus tulang iga sapi. Rebus hingga empuk. Jika anda memiliki sedikit waktu gunakanlah presto, ini akan mempercepat proses perebusan.
  2. Ambil kentang dan wortel yang sudah dipotong dan dicuci bersih kemudian masukan semuanya bersama dengan rebusan tulang iga. Sisihkan.
  3. Siapkan wajan dengan minyak yang dipanaskan. Tumis bumbu yang telah dihaluskan hingga harum kemudian masukan ke air rebusan tulang.
  4. Kemudian masukan potongan tomat segar yang berbentuk dadu kemudian aduk lalu taburi dengan bawang goreng.
  5. Tambahkan daun bawang, seledri kemudian angkat ketika air rebusan mendidih.
  6. Sajikan sup tunjang dalam keadaan panas dengan sambal cabai rawit dan kecap manis.

Nah itu sebagai contoh, saya sendiri juga belum mencoba membuat. Masih asik makan di tempatnya langsung. Dan sebenarnya saya sudah makan di tempat ini sejak 2011 lalu. Dan baru kali ini saya posting kembali. Buat yang susah menemukan tempatnya, berikut dari google maps.

 

1 thought on “Sup Tunjang Sedap Air Tiris Riau Bikin Ketagihan

Leave a Reply