Walaupun sebagai blogger yang suka traveling, saya jarang belanja barang luar negeri. Selain menambah beban barang bawaan, juga terkadang membuat saya harus memesan bagasi agar barang atau produk tersebut bias saya bawa. Namun bukan berarti saya tidak butuh produk yang berasal dari luar negeri. Beberapa waktu lalu saya melihat sebuah iklan jasa pembelian berbagai produk di luar negeri.  Dengan nama “Hargadunia.com”, portal belanja online luar negeri ini menawarkan konsep unik, yakni jasa pembelian untuk produk-produk Amazon.com dan toko online luar negeri lainnya yang meluncurkan produk impor dengan harga termurah. Setidaknya itulah yang saya baca dari salah satu artikel berita yang muncul mengenai Hargadunia.

Marketplace ini memungkinkan para customer berbelanja produk impor apapun! Dimana nantinya setiap produk yang dibeli oleh Customer akan dibantu oleh Hargadunia untuk dibeli oleh ragam Penjual yang tergabung di Hargadunia.com. Pastinya marketplace ini menjual lebih dari jutaan produk dari Amerika Serikat (AS), Singapore dan Australia seperti dari Amazon, Ebay, Bestbuy, Jomashop, Puritan, Costco, Target, iHerb, Walmart, Lego, dan lain sebagainya.

belanja barang luar negeri

Berbagai produk dengan biaya pengiriman gratis

Di kutip dari artikel berita itu, Hargadunia.com juga menyediakan fitur gratis biaya pengiriman dari luar negeri ke Indonesia, cukup lihat produk dengan label free shipping (berlabel pesawat biru) pada tiap produknya maka kita akan menikmati fitur tersebut.

Mencoba Belanja Barang Luar Negeri

Rata – rata produk  yang ditawarkan Hargadunia sangat beragam, mulai dari produk otomotif, produk kecantikan, produk kesehatan, berbagai vitamin, alat-alat rumah tangga, buku, pakaian juga berbagai keperluan untuk menunjang traveling yang biasa saya lakukan. Untuk yang memiliki anak juga bias memanfaatkan marketplace ini, ada banyak mainan anak, juga berbagai penunjang lifestyle dengan ragam sepatu dari brand-brand terkenal. Barang – barang seperti kindle, perlengkapan olahraga, alat-alat outdoors, produk elektronik, perlengkapan laptop/komputer, hingga berbagai gadget seperti handphone terbaru juga bias kita beli melalui tempat ini.

Sebelum mencoba berbelanja, saya juga sempat mencari tahu apakah Hargadunia ini terpercaya atau tidak dalam bentuk jasa belanja barang luar negeri dengan mencari tahu review-review customer dari Hargadunia yang bersliweran di dunia maya. Ketika saya mencoba mencari tahu Hargadunia di google, ada berbagai feedback, mulai hasil testimoni yang positif hingga ada juga beberapa testimoni kekecewaan customer Hargadunia.

Tetapi karena saya memang membutuhan barang yang saya cari ini dan kebetulan juga barang yang saya inginkan tidak dijual di Indonesia (sebenarnya ada sih toko yang menjual, tapi harga barang dari toko lain itu jauh lebih mahal), akhirnya dengan yakin saya memutuskan untuk mencoba berbelanja di Hargadunia sekaligus mencari tahu “benar gak sih Hargadunia ini bisa jadi perantara yang bisa membantu saya membelikan barang impor dengan mudah” sekaligus ingin membuktikan berbagai testimoni negatif seperti kecewa, hingga testimoni yang mengatakan hargadunia penipu.

Ambil langkah cepat, saat saya masuk ke situs/website Hargadunia, saya langsung bertanya kepada salah satu Customer Service (CS) Hargadunia yang bernama Nabila, dan dengan arahan dari Nabila saya sudah cukup paham dan mengerti bahwa dengan menggunakan jasa Hargadunia saya tidak perlu lagi repot-repot mengurus berbagai perintilan dan komponen lainnya seperti mengurus biaya custom, biaya tax (pajak), hingga meng-convert kurs Dollar $ menjadi ke Rupiah. Karena menurut Nabila, harga pada saat transaksi barang sudah All-in. Tentunya ini menjadi hal yang positif saat saya ingin belanja barang luar negeri.

Singkat cerita akhirnya saya juga mencoba membeli dan juga membaca mekanisme pembelian dan pengiriman barang. Ketika sudah menunggu hampir 1 bulan lamanya ternyata barang yang saya beli sebelumnya belum juga sampai di rumah. Ibarat mengingat artikel testimoni negatif sebelumnya membuat perasaan was-was dan takut tertipu dengan Hargadunia. Sambil menunggu dan khawatir barang saya yang tak kunjung tiba, saya mencoba menghubungi customer service hargadunia via chat dan jawaban dari CS waktu itu cukup meyakinkan.

Hingga pada akhirnya setelah menunggu 1 bulan, barang yang saya beli pada marketplace itu tiba di juga rumah saya dengan selamat (barangnya benar-benar dikirim ke rumah saya, karena menggunakan jasa kurir pengiriman pihak ketiga rex/jne).

Sungguh pengalaman yang tidak sia sia. Berbelanja di Hargadunia, dengan perasaan dagi dig dug dan khawatir uang saya hilang dengan Cuma – Cuma. Dapat saya simpulkan bahwa Hargadunia adalah jasa perantara yang terpercaya untuk membantu saya belanja barang dari luar negeri. Yah.. walaupun harus menunggu 1 bulan lamanya, paling tidak dengan menggunakan Hargadunia saya mendapatkan kemudahan berbelanja barang serta barang yang saya beli juga tergolong murah.

Memang sedikit membingungkan, kenapa ada yang bilang hargadunia penipu dan beberapa yang kecewa dengan hargadunia. Padahal saya sendiri puas belanja barang luar negeri di marketplace ini. Sedikit saran, memang sebenarnya setiap toko atau sebuah jasa pasti ada kekurangan, sehingga ada beberapa dari customer yang kecewa karena pelayanan dari toko / jasa tersebut. Tetapi menurut pengalaman saya menggunakan hargadunia, hal ini masih tergolong dalam hal yang wajar dan bahkan menguntungkan bagi saya. Bagaimana pengalaman teman – teman ?