Pesatnya perkembangan teknologi di zaman yang serba mudah dan canggih ini menyebar di berbagai aspek kehidupan membuat para pebisnis mencari tips sukses berbisnis online di tahun 2019. Belum lagi perkembangan teknologi internet di Indonesia yang signifikan naik juga ditambah dengan semakin banyaknya pengguna internet yang mengakses melalui gadgetnya membuat dewasa ini bisnis secara online di Indonesia berkembang cepat jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Saat ini dunia bisnis online sudah tidak terbatas lagi, hampir semua barang bisa digunakan untuk dijual secara online. Ini juga menjadi panggung buat para pemain atau pelaku bisnis untuk bisa menciptakan dan menghasilkan sebentuk usaha yang tentunya mudah diterima dan gampang dinikmati oleh semua lapisan penduduk yang ada di negara ini atau bahkan dunia.

Dari berbagai bentuk bisnis online yang pesat, bisnis dengan membuat toko online merupakan salah satu dari bentuk cara bisnis yang paling memiliki animo tinggi saat ini. Dengan kelebihan yang dimilikinya, bisnis ini menjadi pilihan dalam jual beli barang lewat daring. Mulai dari berbagai produk rumah tangga, fashion, makanan, hingga otomotif pun sudah mempunyai toko online. Pebisnis dengan media secara daring ini pun banyak memperoleh untung memukau tanpa harus membuka tempat berbentuk fisik. Tetapi ada pula sebagian pebisnis yang malah mengaalami hal sebaliknya, keinginan untuk mendapatkan untung besar malah mendapatkan kerugian.

Buat Anda yang ingin ikut merasakan untung dari membuat bisnis dan jualan online, ada beberapa tips bisnis secara online yang perlu Anda perhatikan pada saat memulai membuka bisnis online sama dengan artikel yang saya buat sebelumya tips bisnis online dengan ninja xpress. Karena cara-cara ini tentunya bisa mempengaruhi bisnis Anda nanti, lancar, sukses atau bisa saja berhenti di tengah jalan.

Tips Sukses Berbisnis Online di Tahun 2019

  1. Lakukan riset dalam memilih produk
    Tips Sukses Berbisnis Online di Tahun 2019

    Lakukan riset

    Tips pertama cara memulai bisnis online adalah harus tahu dan memahami barang atau produk yang nantinya Anda jual. Anda juga harus tahu sejelas-jelasnya produk yang Anda jual. Pemahaman dalam pemilihan produk ini membantu Anda untuk mengetahui bagaimana karakteristik, kualitas keunikan produk yang dijual. Anda juga harus tahu berapa harga beli dan harga jual yang wajar.

    Selain itu, Anda juga wajib memahami selera pasar saat ini. Apa-apa saja produk yang lagi orang-orang sukai saat ini. Produk seperti apa yang mereka ingin miliki saat ini. Jika hal-hal seperti ini bisa anda mengerti, pastinya produk yang Anda jual akan mendatangkan banyak peminat.

    Jadi pengusaha online sukses tidak hanya punya modal. Yang tak kalah penting adalah bagaimana melakukan riset sebelum melakukan bisnis. Riset ini diperlukan untuk mencari, mengerti dan mendalami kebutuhan pasar sehingga nantinya bisa menyesuaikan barang yang akan dijual.

    Pastikan pula produk yang akan Anda pasarkan banyak dicari di mesin pencari. Dengan menggunakan kata kunci produk yang ingin Anda jual, lihat berapa banyak volume pencarian dari produk tersebut. Jika dalam volume pencarian dari produk yang akan Anda jual terlalu tinggi, maka otomatis semakin tinggi pula persaingan dalam menjual produk tersebut. Pertimbangkan untuk berjualan dan menelusuri varian unik dari barang itu, yang tentunya masih jarang dijual oleh pebisnis lain,namun disukai.

  2. Tentukan target pasar
    Tips Sukses Berbisnis Online di Tahun 2019

    Tentukan target pasar

    Selain melakukan riset, hal lain yang harus dilakukan agar sukses berbinis online di tahun 2019 adalah dengan mengenali target pasar. Misalnya jika saat ini target yang tepat untuk lapisan milenial bisa saja menjual produk kuliner. Apalagi tak bisa dipungkiri zaman sekarang milenial banyak mencari makanan yang unik dan kekinian. Bisa juga menjual produk – produk UMKM lokal seperti pakaian dengan tulisan tulisan lucu dengan bahasa daerah.

    Pastinya target pasar harus bisa Anda kenali supaya tidak salah dalam melakukan dan menerapkan metode pemasaran. Walau begitu, harusnya dalam memasarkan produk secara umum bisa merangkul berbagai golongan sehingga peluang bisnis sukses menjadi lebih besar.

  3. Pilihlah Media Pemasaran yang tepat
    Tips Sukses Berbisnis Online di Tahun 2019

    Memilih media yang tepat

    Ada berbagai bentuk cara agar Anda bisa memasarkan produk yang Anda miliki. Untuk saat ini promosi atau media pemasaran produk banyak melalui website dan media sosial. Bukan tanpa alasan, semenjak adanya media sosial untuk promosi, promosi bisnis tak lagi dilakukan melalui media media konvensional seperti radio, media cetak ataupun televisi. Momen ini bisa dikatakan sebagai era digital dimana media sosial merupakan tempat yang populer digunakan untuk mempromosikan sebuah bisnis.

    Dengan menggunakan media sosial secara gratis seperti Facebook, Twitter, Instagram, Pinterest dan lain sebagainya. Jaring pertemanan sebanyak–banyaknya, karena saat teman atau jejaring Anda sudah banyak, ini bisa memudahkan Anda dalam memeperlihatkan dan mempromosikan produk Anda jual. Jika ingin lebih tertarget dan efektif Anda bisa menggunakan medial sosial dalam bentuk berbayar. Saat ini media sosial seperti Facebook dan Instagram menawarkan iklan berbayar atau ads untuk mengenalkan produk kita. Harganya pun bervariasi dan bisa kita sesuaikan.

    Anda juga bisa memasarkan dengan cara membuat website khusus untuk mengenalkan produk – produk yang Anda jual. Tetapi memang tidak semua pebisnis pemula paham dan mengerti bagaimana menggunakan website.

    Cara lain yang paling popular adalah dengan media pemasaran dengan menggunakan e-commerce tanah air yang tentunya juga memiliki berbagai kemudahan dan keunggulan. Anda hanya perlu mendaftar, memasukkan jenis dan detail produk seperti photo dan harga. Sisanya platform jual beli tersebut yang akan membantu.

    Agar fokus ada baiknya meminta bantuan teman atau saudara dekat untuk membantu menginfokan produk melalui media sosial. Jangan biarkan, Anda tangani sendiri, sebab jika Anda tangani sendiri akan membuat Anda tidak akan bisa fokus dalam mengerjakan satu hal dan mengembangkan bisnis Anda miliki.

    Yang pasti pebisnis harus pintar dan cerdik dalam memanfaatkan media sosial dalam promosi – termasuk untuk melakukan komunikasi dengan calon pembeli dan pembeli adalah kunci kesuksesan media online dalam memperbesar jejaring dan pada akhirnya memperbesar keuntungan bisnis Anda. Lakukan pendekatan antara Anda dengan calon pembeli dengan cara menjadi teman bagi mereka, tak hanya lakukan promosi tetapi juga memberikan informasi terkait dengan produk yang menjadi interes konsumen sehingga jangan ungkan untuk mengucapkan terima kasih kepada pembeli yang sudah mencoba produk Anda.

  4. Banyaknya pilihan pembayaran.
    Tips Sukses Berbisnis Online di Tahun 2019

    Banyaknya metode pembayaran

    Pilihan metode pembayaran juga tentunya membantu bisnis atau toko online yang kamu miliki menjadi lebih maju. Pilihan transfer dari berbagai macam bank, atau pembayaran di tempat Cash on Delivery (COD). Jika Anda menggunakan platform jual beli tanah air, Anda tidak perlu pusing lagi memikirkan sistem pembayaran, karena masing – masing platfom sudah memiliki berbagai macam bentuk metode pembayaran. Anda tinggal duduk menunggu pembelian, lalu Anda tinggal kirimkan produk.

  5. Pemilihan Jasa Pengiriman.
    Tips Sukses Berbisnis Online di Tahun 2019

    Memilih jasa pengiriman yang tepat

    Agar produk dan lapak Anda mendapatkan kepercayaan pelanggan tentunya harus memilih jasa pengiriman barang yang tepat. Mulai dari harga, kecepatan pengiriman, layanan yang luas, didukung teknologi terbaru hingga kemudahan – kemudahan lainnya yang bisa menambah kepuasan orang-orang yang membeli produk yang kita miliki.

So bagaimana, apakah tips bisnis online sudah cukup bermanfaat? Siapkan diri Anda untuk menjadi pebisnis yang sukses dalam menjalankan usaha online di tahun 2019