Mengenal ERP Manajemen Inventory Terbaik SystemEver Indonesia

manajemen inventory terbaik systemever

Coba bayangkan saja, jika pada suatu hari sedang banyak orang yang berbelanja melalui toko online Kamu. Dengan pencapaian tersebut Kamu sebagai pengusaha tentu puas dan senang dengan kemajuan dan banyaknya penjualan dari toko yang Kamu miliki. Di saat itu pula secara bersamaan, Kamu juga dihadapkan dengan pekerja Kamu yang mulai panik karena mengurusi stok produk yang cukup banyak dan lalu lalu lalang tiap harinya. Di sini bisa saya katakan sudah saatnya Kamu menggunakan manajemen inventory terbaik.

Sependapat dengan orang-orang, jika perkembangan teknologi tak ayal juga membuat peluang rezeki menjadi semakin terbuka pula. Salah satunya melalui media penjualan online yang banyak dilakukan oleh para pengusaha disektor Usaha Kecil Menengah (UKM). Banyak pengusaha mulai beralih ke penjualan secara daring dan meliputi banyak channel e-commerce. Transaksi penjualan barang secara daring ini pastinya memberikan peluang bisnis yang mampu menjangkau pasar yang lebih luas, apalagi dibandingkan dengan toko konvensional. Dengan online Kita bisa melakukan transaksi kapanpun dan tanpa ada batasan waktu dan tempat. Selain itu prosesnya juga lebih cepat dan sangat friendly dengan beberapa langkah saja. Dengan kemudahan dan keuntungan bisnis online melalui e-commerce, hadir pula beberapa tantangan baru, dan disinilah kita perlu manajemen inventory terbaik untuk produk dibanyak channel yang kita miliki. Dan bisa dikatakan kasus ini bukahan hanya dialami oleh pengusaha yang menjual barang secara online saja.

Menata dan mengelola inventory bisa diartikan sebagai bentuk usaha Kita sebagai pengusaha dalam mengontrol setiap produk yang diperjualbelikan pada tiap harinya. Pastinya bagi para pengusaha untuk memastikan barang yang tersedia agar tetap stabil adalah hal penting, apalagi jika menjual produk di lebih dari satu kanal e-commerce.

Misalnya pada suatu hari ada pelanggan toko Kita yang tidak bisa membeli produk yang diinginkannya hanya karena alasan kosongnya persediaan produk di salah satu kanal toko online yang kita miliki. Tentu saja, kejadian ini bisa memberi dampak buruk untuk perkembangan toko Kita.

Agar terhindar dari contoh kejadian tadi, maka diperlukan pengelolaan inventory ketat dan teratur yang perlu digunakan oleh para penjual. Sehingga bisa memperjelas pelacakan channel penjualan dan terhindari dari kekosongan stok produk yang tentunya bisa membuat kerugian.

Apa itu Manajemen Inventory

Bagi setiap pengusaha, pastinya sudah tidak asing ketika mendengar kata manajemen dan inventory. Kita bisa menyimpulkan bahwa manajemen bisa diartikan dengan sebuah sistem pengelolaan yang memiliki tujuan dalam membuat sesuatu menjadi lebih baik.

Sedangkan dengan inventory, adalah sebuah persediaan bahan atau barang (stok) yang disimpan dan memiliki tujuan tertentu. Sebagai contoh adalah memenuhi kebutuhan produksi atau dijual secara langsung.

Apabila digabungkan, maka manajemen inventory memiliki arti sebuah sistem pengelolaan yang memiliki kaitan dengan aktivitas persediaan bahan atau barang dalam sebuah perusahaan.

Kemudian dalam sebuah perusahaan, hal tersebut merupakan yang paling penting. Bahkan harus menggunakan sebuah pengelolaan yang tepat. Sebab dengan adanya manajemen inventory atau pencatatan ini maka sebuah perusahaan bisa membuat rencana dan mengendalikan persediaan bahan atau barang, supaya tidak berlebihan atau kekurangan.

Selain itu, saat ini semakin tinggi saja tingkat persaingan antar perusahaan, terlebih di masa pandemi seperti ini. Sehingga membuat para pebisnis harus mempercepat berbagai proses kerja dalam bisnis perusahaan. Namun, hal tersebut akan semakin mudah dengan adanya bantuan software manajemen terpadu atau Sistem ERP.

Pentingnya Manajemen Inventory Terbaik Dalam Perusahaan

Pada awalnya, sistem manajemen inventory hanya berfungsi sebagai spread sheet sederhana yang tugasnya adalah melacak dan mencatat ketersediaan barang. Akan tetapi, pada zaman yang serba modern ini membuat sistem manajemen ini menggunakan teknologi berupa software atau perangkat lunak.

Baca Juga  GOWORK Tempat Kerja Kekinian untuk Berbagai Kalangan

Software tersebut memiliki manfaat dalam membantu memproses dan prosedur dalam mengawasi pemantauan serta pemeliharaan persediaan barang yang disimpan. Sehingga, persediaan barang bisa diperbarui secara otomatis.

Bahkan dengan menggunakan sistem ini, akan membantu perusahaan dalam memonitor persediaan secara real time. Terlebih lagi juga mampu merencanakan sistem pembelian dari supplier dan produsen.

Paling penting adalah bagaimana masalah-masalah yang menjadi batasan seperti kapasitas dan membludaknya order atau pemesanan barang harus segera diselesaikan dengan baik, efisien, cepat, dan juga tepat.

Saya mau mengelola secara manual saja, bisa kan ?

Ya bisa saja kalau Kamu hanya menjual beberapa jenis barang atau di salah satu kanal e-commerce saja. Jika sudah dalam skala yang tidak biasa tentu baiknya kamu beralih ke perangkat lunak.

Ada beberapa kekurangan dari mengelola inventory secara manual:

  1. Tidak efisien dalam pencatatan
  2. Tidak sinkronnya stok lebih dan kurang
  3. Tidak mempunyai sistem yang saling terintegrasi
  4. Bisa terjadi overselling
  5. Database atau penyimpanan arsip transaksi yang tidak rapi

Saya memutuskan menggunakan Manajemen Inventory, apa saja manfaatnya ?

Setelah Kita mengetahui dampak dari pengelolaan inventory secara manual, kini Kita juga harus paham mengenai manfaat dari sistem tersebut. Diantaranya adalah :

1. Menghindari terjadinya kekurangan persediaan

Pengelolaan menggunakan sistem manajemen pencatatan secara manual dan tidak bagus, akan membuat perusahaan merugi. Salah satunya adalah kekurangan persediaan. Namun dengan adanya manajemen ini, maka perusahan bisa mengantisipasi kekurangan dan keterlambatan persediaan. Sehingga, persediaan barang selalu ada dan tidak menghambat proses produksi atau kedatangan konsumen.

2. Peningkatan pelayanan

Penggunaan manajemen inventory dalam pengintegrasian dengan sistem penjualan dan distribusi akan memenuhi permintaan dengan mudah secara otomatis. Ketika ada permintaan dari pelanggan, maka sistem akan merespon secara otomatis. Hal tersebut dikarenakan sudah terhubung dengan ketersediaan barang di gudang.

3. Pengontrolan persediaan

Pada saat sistem manajemen ini dikombinasikan dengan software akutansi, maka akan membuat data persediaan bisa mengontrol semuanya. Dengan demikian, akan semakin memudahkan pengambilan keputusan terkait dengan persediaan dan biaya yang dibutuhkan.

4. Menghemat Biaya

Dengan penggunaan perangkat lunak pendataan barang, maka perusahaan bisa terhindar dari kerugian. Sebab, jika tidak menggunakan perangkat lunak tersebut maka akan terjadi penyimpanan persediaan yang berlebih, keterlambatan pengiriman, dan pembelian yang tidak perlu.

5. Efektif

Penggunaan sistem manajemen akan semakin cepat dan memudahkan dalam membaca laporan harian, laporan bulanan, trisemester dan bahkan tahunan.

6. Dapat mengamankan data yang disimpan

Data merupakan sebuah hal yang paling utama dalam sebuah perusahaan. Maka data tersebut perlu tempat penyimpanan yang benar-benar aman. Dulu, data masih disimpan dengan menggunakan kertas. Namun saat ini bisa disimpan menggunakan software ERP yang berbasis Cloud, seperti SystemEver. Sehingga, perusahaan bisa mengakses semua data melalui satu sistem saja.

7. Dapat memudahkan pengelolaan inventaris

Penggunaan software tersebut dalam perusahaan akan sangat berguna. Sebab, software tersebut bisa mengontrol sirkulasi perpindahan stok barang dengan mudah. Bahkan sistem tersebut bisa mendeteksi produk mana yang laku dan tidak laku dipasaran.

Sehingga, proses produksi akan meminimalisir terjadinya sebuah hambatan. Terlebih lagi, sebuah perusahaan bisa membuat rencana atau strategi yang dapat dikembangkan melalui sistem pengelolaan inventaris yang bagus, rapi, dan efektif.

8. Mampu memudahkan koneksi seluruh divisi perusahaan

Sistem ERP tersebut akan memudahkan anda dalam menghubungkan ke semua bagian divisi dalam sebuah perusahaan. Sebab, akan sangat melelahkan apabila semuannya dikerjakan secara manual, apalagi perusahaanya sangat besar. sehingga memerlukan sistem manajemen inventory ERP, supaya semua unsur dan divisi bisa terintegrasi dengan baik.

9. Membantu mengatur jadwal produksi

Saat pandemi seperti ini, pastinya sangat sulit untuk menyeimbangkan produksi di pasaran. Namun hanya dengan menggunakan sistem ERP, akan membantu perusahaan dalam mengatur kapan jadwal produksi terbaik. Sehingga, anda tidak perlu menyimpan barang terlalu lama.

Baca Juga  Tips Sukses Berbisnis Online di Tahun 2019

10. Membuat laporan lebih akurat

Laporan menjadi hal yang sangat wajib dan sudah pasti harus ada dalam sebuah perusahaan. Bahkan pembuatan laporan sendiri terjadi di setiap akhir periode, entah setiap akhir pekan, akhir bulan, dan tahunan.

Namun pembuatan laporan yang sering menggunakan cara manual, akan membuat seseorang menjadi pusing. Sebab, terdapat banyak hal yang harus dilibatkan. Akan tetapi, beda halnya ketika Kita menggunakan sistem manajemen ini. Laporan akan menjadi lebih mudah dan bahkan bisa lebih efektif, efisien, dan akurat.

Syarat Manajemen Inventory Terbaik

manajemen inventory terbaik

Terlepas dari banyak manfaatnya, Kita juga harus dipusingkan dengan banyaknya pilihan software atau sistem pengelolaan perusahaan ini. Ada baiknya kita sebagai pengguna tetap melihat bagaimana fitur-fitur dan teknologi di dalamnya bisa menjawab dan menjadi solusi perusahaan. Ada beberapa hal wajib menurut Saya yang harus ada di dalam sebuah sistem manajemen inventory.

  1. Sistem memilik tampilan friendly atau visual yang mudah dipahami juga didukung dengan laporan inventory yang akurat dan lengkap
  2. Mengontrol dan mengelola otomatis stok barang
  3. Pengelolaan sistem Akuntansi, laporan keuangan, inventaris hingga manajemen pabrik terintegrasi dan real time
  4. Laporan Keuangan, Inventory hingga Manajemen Pabrik yang terintegrasi dan real time
  5. Adanya manajemen supplier yang lengkap
  6. Adanya system pelacakan barang yang dikirim
  7. Adanya pengelolaan otomatis pembelian stok untuk pemesanan kembali
  8. Flexible, system bisa digunakan dimana saja dengan perangkat semisal laptop, desktop, tablet ataupun smartphone.
  9. Adanya fasilitas Barcode Scanning.

ERP Sistem Terbaik, Solusi Efektif bagi Perusahaan

Masalah-masalah yang menjadi tantangan pengusaha semisal pengelolaan stok barang ataupun jasa bisa di atasi dengan sebuah sistem terpadu. Setiap pengelolaan terintegrasi secara efektif, cepat dan otomatis melalui sebuah sistem sehingga membuat prosesnya menjadi lebih baik. Kesalahan-kesalahan akibat human error bisa di redam dan seperti contoh di atas, pegawai atau staf yang kita miliki tak akan panik dalam mengalami tantangan yang terjadi..

Manajemen inventory menjadi salah satu bagian solusi yang bisa di miliki, dimana manajemen ini terintegrasi dan menjadi bagian dalam sistem ERP.

Sistem ERP (Enterprise Resources Planning) bisa menjadi sebuah jawaban dari bisnis yang dijalankan. Enterprise atau perusahaan, Resource atau sumber daya, dan Planning atau perencaanan.

Sebagai pengusaha Kita bisa melakukan pengelolaan atau mengatur semua apa yang ada di dalam perusahaan. Belum lagi software sistem ERP ini berbasis cloud yang menambah nilai plus karena membuat semuanya berjalan secara otomatis, baik dalam mengelola staf, pembayan gaji, persediaan, penjualan, atau bahkan administrasi agar sistem manajemen bisnis yang kita jalankan bisa berjalan secara efektif dan juga efiesien. Semua program ataupun modul berjalan secara terintegrasi dan terpadu.

Sistem ERP ini nantinya dimanfaatkan oleh pengguna semisal Sumber Daya Manusia (SDM) atau pegawai yang ditunjuk langsung dalam menjalankan setiap proses operasional di bagian/divisi/departemen dalam perusahaan. Para pengguna yang telah ditunjuk ini bertugas dalam hal input data atau informasi sesuai tupoksi pekerjaan. Perencanaan sumber daya di dalam perusahaan merupakan inti yang dilakukan Sistem ERP untuk jasa

Solusi Cloud ERP Terbaik Hadir Dengan Beragam Manfaat

manajemen inventory terbaik

Memang keuntungan menggunakan software ERP ini beragam, tetapi bisa menjadi lebih baik dan optimal lagi jika kita gunakan sistem ERP berbasis cloud. Sistem berbasis cloud ini mampu mengintegrasikan berbagai macam informasi atau kumpulan data dari berbagai departemen dalam perusahan yang terlibat langsung pada proses atau tiap transaksi bisnis dengan sebuah sistem keuangan secara update. Kemudahan ini membuat pengusaha atau pemilik suatu bisnis pada kalangan top level management bisa membuat keputusan lebih baik dan strategis.

Jika pada sistem sebelumnya mekanisme pencatatan data pada masing-masing departemen di simpan masing-masing departemen pula, maka dengan sistem ERP pencatatan data di dalam database antar departemen otomatis tersinkronisasi ataupun terintegrasi. Kerugian-kerugian yang memungkinan dari sistem lama perusahaan tentunya bisa terhindar. Pastinya segala pengelolaan, manajemen ataupun pencatatan data secara manual tidak digunakan lagi.

Baca Juga  Asuransi Tanggung Gugat Untuk Atasi Tuntutan Hukum

Beberapa keuntungan menggunakan sistem cloud ERP :

  1. Mendapatkan data atau informasi lebih cepat sehingga bisa terhindar dari kejadian buruk semisal kekurangan stok atau bahan baku yang habis.
  2. Menghindari human error seperti resiko penghitungan manual diakibatkan stok barang expired di salah satu gudang.
  3. Menghemat pengeluaran atau tenaga untuk biaya pengelolaan staf IT
  4. Data atau informasi yang disimpan dalam database lebih aman karena menggunakan sistem cloud atau komputasi awan yang bisa diakses dimana saja.
  5. Pengelola atau owner bisnis bisa lebih mudah mengawasi tiap departemen karena adanya sinkronisasi.
  6. Dengan adanya integrasi sistem maka secara otomatis manajemen sistem informasi dan perencanaan menjadi lebih baik.

Memilih Sistem Software Cloud ERP Terbaik Untuk Perusahaan di Indonesia

Mencari yang terbaik tentu tidak mudah, namun bukan berarti tidak ada. Rekomendasi yang tepat dari saya adalah sistem cloud ERP terbaik SystemEver Indonesia. Sistem ini juga tepat untuk perusahaan distribusi terbaik di Indonesia.

SystemEver merupakan sistem cloud ERP yang dikembangkan oleh perusahaan asal Korea Selatan YoungLimWon (???) Softlab Co.,Ltd yang sudah dikenal dengan teknologi terkininya untuk Small Medium Enterprise Business atau Usaha Kecil Menengah. Software ini tentunya juga mampu mengkover segala kebutuhan perusahaan yang sudah dijelaskan di atas, dan dengan dukungan berbagai macam keunggulan yang mungkin tidak dapat ditemui pada software ERP lainnya.

erp manajemen inventory terbaik di indonesia
Sistem manajemen inventory dalam ERP SystemEver

Pengalaman YoungLimWon yang sudah 28 tahun mengembangkan software ERP di berbagai negara juga membuat cloud ERP Indonesia ini menjadi powerfull. Pengelolaan jauh lebih mudah dan efisien, belum lagi bisa digunakan dimana saja.

Selain itu, SystemEver tersebut juga menawarkan sebuah teknologi penyimpanan berbasis Cloud. Sehingga, bisa dengan mudah digunakan dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan, serta membantu proses kerja menjadi lebih cepat dan efektif.

Bahkan SystemEver sendiri juga menyediakan jasa pengelolaan perusahaan secara menyeluruh. Diantaranya seperti Laporan Keuangan, sistem Akutansi, Inventory, dan Manajemen Pabrik.

Software ERP ini juga dirancang sedemikian rupa supaya mudah digunakan. Terdapat beberapa alasan mengapa sebuah perusahaan harus menggunakan Manajemen Inventory SystemEver.

Sejumlah Alasan Memilih Manajemen Inventory SystemEver

memilih erp manajemen inventory terbaik systemever

Sudah jelas, bahwa SystemEver akan memberi sebuah penawaran yang menarik. Hal tersebut yang membuat perusahaan harus memilih menggunakan Manajemen Inventory SystemEver. Sebab terdapat beberapa alasan yang akan membantu perusahaan dengan menggunakan sistem software Cloud ERP. Berikut diantaranya :

1. Keunggulan pertama dari SystemEver adalah memiliki fitur Visual-K. Sehingga membuat perusahaan yang menggunakan software tersebut lebih mudah dalam mengoperasikannya.

2. Manajemen Inventory SystemEver tersebut telah digunakan oleh lebih dari 1800 perusahaan di negara Asia. Bahkan berbagai perusahaan tersebut sudah mengakui kreadibilitas software ERP.

3. Bisa diakses dengan menggunakan Bahasa Indonesia, maupun Inggris. Selain itu, juga mempunyai fitur Multi Currency dan Multi Language. Di Indonesia sendiri, SystemEver hadir dengan bahasa Indonesia dan Inggris.

4. Harga yang sangat terjangkau. Sehingga bisa digunakan oleh perusahaan menengah dan berkembang. Maka dari itu, para pebisnis pemula tidak perlu khawatir akan mengalami kerugian apabila mengunakan sistem ERP tersebut.

5. Bahkan mempunyai modul yang bisa disesuaikan dengan bisnis perusahaan.

Demikian ulasan mengapa perusahaan harus memilih software manajamen inventory terbaik di Indonesia. Selain membantu perusahaan dalam mengelola sistem perusahaan, sistem tersebut akan membantu perusahaan bisa menjadi berjalan dengan maksimal. Oleh karena itu rekomendai yang tepat adalah dengan menggunakan software sistem ERP SystemEver.

14 tanggapan pada “Mengenal ERP Manajemen Inventory Terbaik SystemEver Indonesia”

  1. Jadi nambah wawasan nih, salah satu software yang menurutku perlu juga diketahui dan digunakan oleh SMB di Indonesia agar tata kelolanya lebih baik dan tercatat

  2. Asli jadi tambah pengetahuan nih tentang managemen buat pelaku usaha kaitannya dengan stok barang. Rasanya dengan adanya industri 4.0 bukan hal yang sulit dilakukan ya

  3. April Hamsa | Parenting Blogger keluargahamsa.com

    Wah bener tu dulu aku kalau mau beli trus penual bilang barang abis langsung ilfil. Lha barang abis masih aja dipajang di etalase huhu
    Makanya nih kyk gini penting buat para pebisnis atau OS ya biar gk mengecewakan pelanggannya

  4. Jika sudah masuk dalam ranah manajemen sih pasti akan jadi lebih baik sistemnya, worth banget untuk dicoba di tiap usaha agar lebih rapi dan mendorong kinerja lebih cepat.

  5. Memang, kalau sudah naik kelas, UMKM butuh banget sistem kayak gini. Biar ga keteteran kalau ada orderan masuk dan keluar serta penyimpanannya seperti apa. Daripada loss nanti malah bingung, akhir taun rugi padahal dicatatan manual pake spreadsheet perasaan untung hehe..

  6. Dengan pemahaman Manajemen Inventori sehingga pengendalian terhadap persediaan barang akan lebih mudah dan bisnis berjalan lebih lancar. Disamping itu stok persediaan di gudang lebih bisa dikontrol sebaik mungkin dan bisa disesuaikan dengan permintaan pasar

  7. Aku setuju kalau zaman digital ini kita yang memiliki usaha kudu paham sama Manajemen Inventori. Ya mau gimana pun kalau pakai manual itu bakal lama dan kemungkinan kena human errornya ada.
    Tapi emang kudu mempelajari sistem kerjanya dulu ya kak biar gampang.

  8. Wow..Systemever banyak membantu perusahaan apalagi di masa pandemi seperti sekarang ya…manajemen inventory bagi perusahaan berkualitas emang harus mudah dipantau dan gak bikin ribet.

  9. Barokallah nambah ilmu tentang manajemen incentory ini, meski udah nggak kerja di sebuah perusahaan tapi nambah banget wawasan aku. Apalagi di era digital ini, sistem ini pasti sangat mmeudahkan ya Kak

  10. Manajemen inventory memang dibutuhkan untuk UMKM yang mau naik kelas. Karena bagaimanapun pengelolaan secara manual untuk beberapa produk kurang efektif. Sudah sepatutnya generasi muda si Indonesia turun tangan untuk ikut berpartisipasi agar UMKM di Indonesia bisa go Internasional.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *