Lompat ke konten

Mau Investasi Aset Kripto Tapi Bingung Mulai dari Mana? Ini Rekomendasi Aplikasi Investasi yang Aman dan Mudah

Mau Investasi Aset Kripto Tapi Bingung Mulai dari Mana Ini Rekomendasi Aplikasi Investasi yang Aman dan Mudah

Mungkin para pembaca bisa dikatakan sudah familiar dengan istilah  aset kripto. Saya sendiri secara pribadi sudah sering mendengar bahkan sempat menulis tentang cryptocurrency. Namun sejujurnya saya baru memahami investasi aset kripto lebih jauh setelah mendapatkan penjelasan dari seorang teman

Teman saya tersebut bercerita bahwa Ia sudah mulai berinvestasi dalam berbagai instrumen investasi. Ya.. sejauh ini yang saya tau investasi secara online tersebut emas, saham, reksa dana dan tentunya aset kripto ini. Merujuk dari penelitian Accenture yang dirilis pada 6 Juni 2022, terungkap jika investor kaya di tanah air mempunyai beberapa jenis aset digital selama kuartal I 2022. Hasil penelitian tersebut malahan menempatkan investor Indonesia paling banyak terlibat di dunia aset digital dibandingkan dengan tujuh negara yang ditelitinya.

Jika dibandingkan dengan negara seperti China, India, Hong Kong, Jepang, Singapura dan, investor dari tanah air dan negeri gajah Thailand masing-masing senilai 9% menjalakan investasi di aset digital. Sedangkan untuk aset digital yang dimaksud mencakup aset kripto, stablecoin dan crypto funds.

Hal itu pula yang melandasi teman saya untuk mencicipi investasi yang telah saya sebutkan di atas. Berhasil dan sukses serta mendapatkan keuntungan dari investasi yang dilakukannya.

Memang sih terkenalnya investasi aset kripto tak usah diragukan lagi. Investasi aset dengan bentuk mata uang digital ini kini bisa dikatakan tengah naik daun di kalangan investor, terlebih sejak pandemi covid-19. Di media sosial semacam twitter, topik-topik mengenai investasi ini juga popular.

Sedangkan di tanah air transaksi aset ini terus menunjukkan pertumbuhan yang cukup signifikan. Menurut teman saya, pergerakan nilai aset digital ini bisa dikatakan cepat dan menjadi magnet tersendiri untuk para investor.

Namun, seperti instrumen investasi lainnya, investasi aset kripto juga punya risiko yang cukup tinggi. Sehingga perlu mempelajari dan menganalisa lebih dalam untuk meminimalisir risiko dan memaksimalkan potensi keuntungan.

Apa Itu Aset Kripto

Menurut saya banyak orang mengenal nama aset ini dengan nama Cryptocurrency, yang mana merupakan sebuah istilah populer beberapa waktu terakhir. Cryptocurrency assets ini sendiri juga dikenal sebagai uang digital (digital currency) atau bisa juga disebut mata uang virtual (virtual currency) yang dilindungi oleh kriptografi. Dengan adanya kriptografi tersebut, akan sangat tak mungkin untuk dilakukan pemalsuan atau penggandaan. Aset kripto adalah jaringan terdesentralisasi yang memakai teknologi blockchain.

Untuk ciri dari investasi ini umumnya tak dikeluarkan oleh otoritas pusat seperti pemerintah sehingga tidak ada campur tangan otoritas pusat. Aset ini juga merujuk pada beragam algoritma enkripsi dan teknik kriptografi yang mana turut melindungi entri ini, semisal enkripsi kurva elips, public-private key pairs, dan fungsi hashing.

Koin berbentuk digital yang pada awalnya hanya menjadi bahan candaan, kini menjelma menjadi sebuah aset berharga yang memiliki kapitalisasi pasar terbesar keenam di dunia.

Baca Juga  Mengenal ERP Manajemen Inventory Terbaik SystemEver Indonesia

Memilih Investasi Kripto Dengan Pintar

Ya.. selayaknya dengan investasi pada umumnya, untuk melakukan pendanaan jenis aset kripto membutuhkan kecermatan dan kebijaksanaan karena mengandung risiko. Tentunya agar bisa terhindar dari risiko kerugian dan sebaliknya bisa memaksimalkan potensi  cuan lebih banyak.

Sambil mengeluarkan catatannya, teman saya mengatakan ada baiknya turut membaca pedoman atau tips Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi Kementerian Perdagangan (BAPPEBTI) terkait investasi kripto yang cerdas.

  1. Ada baiknya dalam memutuskan untuk investasi aset ini dengan memastikan diri sendiri paham dengan baik jenis aset kripto yang akan dipilih juga turut memahami bagaimana mekanisme perdagangan dan cara penyelesaiannya.
  2. Sebelum mencoba dan melaksanakan investasi aset kripto, pastikan Kamu menjadi pelanggan aset kripto yang mempunyai tanda pendaftaran dari BAPPEBTI.
  3. Jangan lupa untuk memastikan investasi yang akan kamu lakukan untuk jenis aset kripto yang sudah ditetapkan oleh BAPPEBTI pada list aset kripto yang bisa diperdagangkan. Intinya melalui lembaga yang resmi dan legal.
  4. Memastikan dana yang akan digunakan sebagai transaksi dan investasi nanti merupakan dana lebih dan bukan merupakan dana yang dipakai dalam memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.
  5. Sebelum memulai perlu juga untuk mempelajari resiko yang mungkin akan timbul dan perkembangan nilai atau harga aset jenis kripto yang terjadi, sebab harganya naik turun dan memiliki resiko.
  6. Jangan mudah percaya dengan tawaran atau janji-janji investasi aset jenis kripto dari pihak tertentu dengan keuntungan tetap atau tinggi. Jangan percaya jika ada tawaran fix untung 3 persen, 5 persen. Hindari juga penawaran yang mirip skema multi level marketing yang marak akhir-akhir ini.

Memilih Aplikasi Investasi Aset Kripto

Sebelum memilih platform untuk investasi ini, lagi-lagi teman saya mengingatkan agar banyak belajar, cari ilmu, melakukan riset dan memahami serta mencari informasi yang benar terkait investasi ini. Agar saat melakukan pembelian aset kripto nanti, kita bisa terhindar dari penipuan ataupun kerugian.

Baca Juga  Bebaskan Langkah, Berani dengan Memudahkan Asuransi

Jika benar-benar sudah paham dan mau ke tahap selanjutnya, ada baiknya memilih platform, broker atau exchange yang sudah terdaftar BAPPEBTI. Hal ini penting, sebab dengan memilih exchange atau marketplace tempat transaksi jual beli aset kripto yang sudah populer dan terpercaya, tentunya bisa membuat investasi kita jauh lebih aman dan terhindar dari situasi serta kondisi merugi.

Dengan banyak rasa ingin tau, saya mencoba bertanya broker atau exchange investasi aset kripto mana yang digunakan teman saya tersebut. Dan dia menyarankan untuk menggunakan Aplikasi Ajaib.

Aset Kripto kini hadir di Ajaib

Mau Investasi Aset Kripto Tapi Bingung Mulai dari Mana Ini Rekomendasi Aplikasi Investasi yang Aman dan Mudah

Aplikasi Ajaib memang sudah tidak asing lagi di telinga. Aplikasi investasi ini sudah terkenal sebagai tempat jual beli saham dan reksa dana.

Melalui badan hukum PT Kagum Teknologi Indonesia dan telah terdaftar menjadi salah satu pedagang aset kripto di BAPPEBTI, Ajaib menawarkan investasi aset kripto. Keseriusannya bisa dilihat saat platform ini dengan secara bertahap meluncurkan fitur Ajaib Kripto ke para pengguna Ajaib. User bisa melakukan investasi di saham, reksa dana, dan aset kripto dalam satu aplikasi. Menarik, bukan?

Ajaib sendiri merupakan sebuah platform atau aplikasi online untuk melakukan investasi yang aman, terjangkau dan terpercaya bagi para investor di tanah air. Kalau untuk saham dan reksadana tentu aplikasi ini tak asing dan saya juga pernah mencoba.

Sekarang platform ini hadir dengan produk terbarunya, dengan menyediakan transaksi jual beli berbagai aset kripto di Ajaib yang mana bisa membantu masyarakat dalam mendapatkan hasil yang lebih baik dengan investasi. Membuat Ajaib menjadi yang pertama bisa investasi saham, reksa dana, dan aset kripto dalam satu aplikasi.

Menurut teman saya ada banyak kemudahan dalam berinvestasi yang bisa didapat melalui aplikasi online ini melalui berbagai fitur unggulan yang ada di aplikasi Ajaib. Lebih mudah bahkan untuk pemula sekalipun. Selain itu Ajaib Kripto aman, karena sudah terdaftar dan diawasi BAPPEBTI plus nilai tambah lainnya, aset kripto terjamin oleh CoinCover dan Fireblocks – platform perlindungan aset kripto dengan proteksi dan keamanan tingkat dunia.

Baca Juga  Prudential Indonesia Beri Mesin Apheresis pada Pasien Kanker di Makassar

Mulai Investasi dan Buka Akun di Ajaib

Lalu bagaimana cara investasinya melalui aplikasi ini? Gampang kok tinggal ikuti aja secara bertahap.

  1. Pertama unduh aplikasi ajaib melalui Playstore maupun App Store, lanjutkan ‘Klik Daftar’
  2. Silakan isi email dan password, lalu konfirmasi email yang digunakan untuk mendaftar
  3. Kemudian klik tab “Aktifkan Sekarang” pada laman Beranda
  4. Lalu pilih investasi “Aset Kripto”, dan klik tombol “Lengkapi Data Diri”
  5. Jangan lupa untuk lengkapi formulir identitas sesuai dengan KTP. Kamu di Tahap verifikasi data, terus klik “Lanjut”
  6. Lanjutkan dengan Klik “Mulai” untuk verifikasi identitas melalui video selfie, jangan lupa untuk memastikan hasilnya terang dan jelas
  7. Kemudian tinjau hasil video selfie Kamu, terus klik “Lanjut”
  8. Isi dan lengkapi seluruh formulir, termasuk formulir Profil Risiko, Investor, Informasi Pekerjaan, dan Informasi Rekening. Kemudian, klik “Lanjut”
  9. Jangan lupa untuk baca syarat dan ketentuan terlebih dahulu.
  10. Apabila Kamu sudah setuju, pilih “Bubuhkan tanda tangan digital”, klik “Mulai”
  11. Lanjutkan dengan bubuhkan tanda tangan digital di kolom yang telah disediakan. Kemudian, klik “Simpan”
  12. Apabila Syarat dan Ketentuan telah ditandatangani, lalu klik tombol “Lanjut”
  13. Kemudian, masukkan PIN Aplikasi Ajaib. Dan proses pendaftaran selesai. Kemudian kamu hanya tinggal menunggu proses verifikasi data.

Bagaimana? Mudah bukan? Hanya dengan 1 aplikasi ini kita bisa berinvestasi di bermacam-macam instrumen. Kita hanya perlu membuka akun sekali untuk mendapatkan ke Saham, Reksa Dana, dan juga Aset Kripto. Aplikasi yang simple, dan bisa menghemat banyak waktu pastinya.

Apakah Investasi Aset Kripto Tepat untuk Kita?

Ya itu menurut saya tergantung…. Itu tergantung keseriusanmu dalam berinvestasi aset ini. Seperti yang kita telah ketahui ada beragam jenis investasi, sebut saja emas, reksadana, saham, obligasi, dan lainnya.

Investasi aset jenis kripto bisa menjadi produk investasi jangka panjang yang kini tengah populer, di mana risikonya bisa dikendalikan dan imbal hasil bisa dikatakan cukup tinggi. Jika termasuk seseorang yang menyukai tantangan, maka investasi aset kripto ini bisa menjadi pilihan yang tepat, sebab investasi ini mempunyai volatilitas tinggi yang mana butuh ketepatan strategi dalam meraih keuntungan yang maksimal.

Untuk teman-teman pemcaba semua, yuk, lanjutkan perjalanan investasimu di AJAIB Kripto! Download dan mulai investasi aset crypto di Ajaib sekarang!

1 tanggapan pada “Mau Investasi Aset Kripto Tapi Bingung Mulai dari Mana? Ini Rekomendasi Aplikasi Investasi yang Aman dan Mudah”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!