Online Learning dan Sekolah Go Digital di Masa Pandemi

Sekolah go digital di masa pandemi

Ancaman kesehatan yang hadir belakangan ini semakin mempertegas urgensi akan digitalisasi di berbagai bidang. Tak hanya bidang bisnis saja, bidang pendidikan pun dituntut mampu beradaptasi dengan dinamika keseharian masyarakat. Kehadiran sekolah go digital di masa pandemi semakin dibutuhkan demi menjaga keberlangsungan belajar mengajar di tengah era yang tidak pasti saat ini.

Pemilihan solusi dengan melakukan pembelajaran secara daring ini dilakukan karena pandemi pada tiap daerah di Indonesia belum memperlihatkan penurunan kasus pada tiap harinya. Agar pendidikan dapat terus berlangsung maka tiap daerah harus beradaptasi dengan kegiatan ini, termasuk dengan orang tua dan keluarga yang menjadi ujung tombak para siswa dan siswi di rumah.

Manfaat Sekolah Go Digital di Masa Pandemi

Sekolah go digital di masa pandemi

Belajar secara daring (photo/ pexels.com)

Sekolah digital ini bisa dikatakan sebagai sebuah terobosan dalam pendidikan Tanah Air. Program ini memanfaatkan perkembangan bidang teknologi informasi kemudian menerapkannya di berbagai aspek pengajaran. Dengan kata lain, sekolah akan lebih berupaya untuk mengoptimalkan teknologi untuk memaksimalkan kegiatan belajar mengajar.

Sistem ini memiliki kelebihan dimana peserta didik dapat mengakses bahan ajar maupun bahan ujian dalam satu jaringan yang kemudian semakin mempermudah jalannya proses belajar mengajar. Sementara guru memiliki lebih banyak variasi dalam membuat dan menyusun materi melalui platform digital yang terdiri atas konten teks, gambar, audio bahkan video.

Sekolah go digital di masa pandemi juga berdampak positif terhadap proses kolaborasi dalam komunitas guru. Para guru dapat bekerjasama membuat materi digital lalu meng-upload bahan ajar tersebut ke jaringan sehingga dapat digunakan bersama. Dan untuk menjalani proses tersebut, interaksi fisik dapat ditekan seminimal mungkin untuk menghindari penyebaran virus Corona.

Begitu pula dalam hal pembuatan bahan ujian harian maupun tes lainnya yang juga dapat dilaksanakan secara bersama-sama lintas sekolah. Hal ini dimungkinkan karena materi tes yang berupa data tersebut tersimpan dalam jaringan online yang kemudian dapat diakses sesuai kebutuhan.

Berbagai manfaat dari program sekolah digital ini menekankan manfaat dari online learning (e-learning) sebagai alternatif proses belajar yang fleksibel sekaligus upaya menghadapi pandemi. Tak hanya itu, pembelajaran secara online juga dianggap lebih sesuai dengan preferensi generasi pelajar saat ini karena selain materi yang lebih variatif, juga menggunakan penyampaian yang cenderung lebih atraktif.

Online learning dalam sekolah go digital dapat diartikan sebagai kegiatan belajar mengajar yang menggunakan internet dan media digital untuk menyampaikan materi. Metode ini dinilai lebih relevan dengan generasi pelajar masa kini yang erat hubungannya dengan berbagai produk teknologi. Pembelajaran online ini kemudian menjadi salah satu perwujudan dari digitalisasi dunia pendidikan yang kemudian menjadi semakin diperlukan agar kegiatan belajar mengajar tetap terjaga di masa pandemi saat ini.

Berbagai manfaat dari penerapan online learning pada program pendidikan digital ini diantaranya bisa dijabarkan sebagai berikut:

  1. Lebih Fleksibel

Melalui jaringan internet, online learning membuat interaksi guru dengan siswa menjadi lebih praktis karena keduanya tak perlu menempuh perjalanan untuk saling bertemu dalam sebuah ruang kelas. Proses belajar mengajar bisa berjalan di manapun selama cukup kondusif dan menunjang fokus. Guru dan siswa juga tidak diharuskan berdandan formal yang membuatnya menjadi lebih fleksibel. Manfaat ini pulalah yang kemudian juga membuat nline learning sekolah digital menjadi salah satu alternatif terbaik pembelajaran di masa pandemi.

  1. Lebih Relevan

Dengan menerapkan pendekatan teknologi, online learning dinilai lebih sesuai dan relevan terhadap pelajar masa kini jika dibanding dengan metode konservatif (belajar di ruang kelas). Guru dan siswa dapat menggunakan materi yang lebih kontekstual sesuai dengan kebutuhan.

  1. Lebih Menyenangkan

Selain mampu menggunakan materi yang lebih sesuai konteks, pembelajaran juga semakin diperkaya oleh media yang semakin beragam. Siswa diharapkan dapat belajar lebih baik dan lebih menyenangkan melalui multimedia seperti gambar, infografis, foto, audio maupun video yang semakin memperkaya pengalaman belajar.

  1. Lebih Personal

Perkembangan teknologi terbaru juga memungkinkan penyampaian materi dapat berjalan dengan komunikasi dua arah, misalnya tak melulu guru memberikan materi melalui video sementara siswa tidak memiliki kesempatan bertanya atau interupsi. Selain itu, komunikasi dua arah ini juga memungkinkan guru untuk berkomunikasi secara lebih personal dengan siswanya bila diperlukan.

  1. Lebih Efisien

Selain halnya lebih praktis, pembelajaran dalam sekolah digital juga terhitung lebih efisien baik dari segi penggunaan waktu maupun biaya. Efisiensi waktu karena tak ada lagi durasi perjalanan untuk datang ke sekolah maupun durasi transisi antar pelajaran misalnya. Biaya pengadaan buku, fotokopi dan biaya lain juga bisa dihemat melalui platform online.

  1. Dokumentasi Digital

Online learning yang menggunakan media berupa data digital memungkinkan siswa untuk mengaksesnya kembali di kemudian hari tanpa harus membeli harus membeli buku pelajaran, memfotokopi atau mencatat di buku tulis. Sementara bagi guru, platform online memungkinkan penyimpanan data pencapaian peserta didik secara digital lengkap dengan sistem otomasi.

Website Sekolah, Salah Satu Cara Menerapkan Sekolah Go Digital di Masa Pandemi

Sudah banyak institusi pendidikan luar negeri yang kini menerapkan online learning demi menjaga kelangsungan proses belajar di tengah wabah Covid-19. Salah satu cara menerapkan pendidikan go digital di masa pandemi ini adalah dengan membuat website sekolah yang dulunya dikenal hanya untuk promosi sekolah saja.

Website sekolah dapat dibuat secara gratis melalui platform Blogspot, WordPress dan lainnya. Mencatumkan berbagai detail yang perlu seperti NISN, NSS, NSM, alamat sekolah, nama kepala sekolah dan lainnya sebagai profil sekolah, website memang dapat memperkenalkan tempat belajar ke publik dengan jangkauan yang lebih luas.

Sekolah go digital di masa pandemi

Membiasakan diri (photo/ pexels.com)

Selain memuat detail pada profil, website juga memungkinkan siapapun untuk melihat artikel maupun konten lain meliputi berbagai kegiatan sekolah, tata tertib dan peraturan, agenda hingga hasil karya, pemikiran maupun prestasi siswa dan guru di lokasi belajar tersebut. Dan tentu saja, website juga menjadi salah satu faktor penunjang dalam proses digitalisasinya sendiri.

Melalui website sekolah, para guru maupun siswa dapat saling berinteraksi secara online sehingga menekan mobilitas dan interaksi fisik. Tanpa mengorbankan kuantitas belajar mengajar, online learning bahkan mampu menjanjikan pengalaman belajar yang lebih kaya dan mewadahi kreasi dan inovasi para guru.

Dukungan untuk sekolah dari berbagai pihak

Dengan pandemi yang terus berlangsung mau tak mau dibidang pendidikan segalanya berubah. Baik antara pengajar ataupun pelajar perlu adanya integrasi yang berkelanjutan dengan baik. Banyak dukungan positif agar kebutuhan kegiatan ini berjalan dengan baik, salah satunya yang saya lihat dengan support baik adalah dari provider hosting lokal IDCloudhost.

Salah satu bantuan perusahaan ini dalam support digitalisasi Sekolah di Seluruh Indonesia adalah dengan memudahkan sekolah, dengan menyediakan paket khusus terbaik dalam berbagi kebutuhan semisal Server Sekolah, Server Ujian (CBT), Server PPDB, dan Server Akademik.

Setiap sekolah juga diberikan panduan lengkap agar pelaksanaan dan penggunaan website serta E-learning Sekolah bisa berjalan dengan baik. Sehingga antara sekolah dan pelajar dapat sinkron dengan baik.

Dengan adanya berbagai dukungan untuk memajukan pendidikan di tanah air, tentunya membuat sekolah go digital di masa pandemi menjadi semakin menjanjikan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *